Mengapa Harus Memilih Bisnis Kuliner?

Dua bulan lima belas hari berada di rumah tahun 2020 lalu dan setelah mengikuti anjuran kebijakan Pemerintah untuk selalu di rumah atau melakukan WFH (Work From Home) untuk mencegah penyebaran wabah virus corona COVID-19, menyebabkan bisa melakukan instropeksi tetang bisnis, bisnis apa yang bisa dijalankan dan masih menjanjikan untuk dilakukan dan bisnis mana yang tidak perlu diteruskan lagi. Dari sekian bisnis yang sangat dibutuhkan dan masih menjanjikan adalah bisnis kuliner. Mengapa harus memilih bisnis kuliner? Tentunya jawabannya sangat mudah, selain makanan adalah kebutuhan dasar dan dalam kondisi apa pun, selama makanan tersebut enak, berkualitas dan harganya terjangkau pasti banyak yang membeli.

Pengalaman dalam beberapa bulan di rumah karena wabah tersebut, menjadikan banyak sekali hal yang bisa dilakukan dengan bisnis kuliner, apalagi dengan berkembangnya teknologi yang sangat membantu, menjadikan tidak perlu khawatir dengan tidak lakunya bisnis. Hal inilah yang menjadikan peluang yang masih terbuka untuk memulai bisnis kuliner.

Mengapa Harus Memilih Bisnis Kuliner?
Gambar ilustrasi
Banyak sekali alasan mengapa bisnis makanan atau kuliner tetap bertahan, meskipun dalam beberapa tempo banyak tempat kuliner yang baru buka kemudian tutup, atau muncul lagi jenis kuliner baru, yang selalu mengikuti trend. Terdapat berbagai cara atau strategi agar bisnis kuliner yang dibangun bisa bertahan apalagi dalam kondisi krisis seperti kemarin.

Bisnis Kuliner dan Prospeknya

Memutuskan untuk memulai dan membangun bisnis berarti  sudah siap dengan segala risiko yang akan dihadapi, berbisnis tidak selalu lancar, bahkan saat memulai bisnis harus siap dengan tidak mendapatkan sesuatu apa pun di proses dibangunya bisnis tersebut. Tahun 2020 sampai dengan saat ini menjadi sebuah tahun dimana pemilik bisnis diuji dengan munculnya wabah virus corona COVID-19 yang mengakibatkan banyak pemilik bisnis harus gulung tikar di saat awal merebaknya virus tersebut. Namun di tahun 2020 ini juga menjadi awal pola perubahan dalam pengelolaan bisnis, khususnya bisnis kuliner.

Bisnis kuliner mulai tahun 2021 menjadi sebuah ajang titik balik bisnis kuliner, kalau selama ini kuat dihantam berbagai badai dan cobaan, dan memasuki tahun 2022, para pemilik bisnis harus memutar otak agar bisnis yang dimilikinya bisa bertahan. Dan agar bertahan kemudian muncul berbagai ide bisnis yang membuat muncul bisnis kuliner dengan cara yang baru.

Pada pertengahan tahun 2020 dengan adanya perubahan pola hidup apalagi dengan menjalani pola “New Normal”, banyak bisnis yang dikembangkan dengan tetap menjaga protokol kesehatan, dan sejak dua bulan sebelumnya banyak usaha yang tutup dikarenakan tidak adanya pembeli, maka pemiliki bisnis mulai membangun ide bisnis yang bisa dijalankan sendiri dengan cara yang mudah dan lebih cepat menghasilkan.

Bisnis Kuliner Yang Menjanjikan

Pada pertengahan tahun 2021, menjadi sebuah ajang pembuktian dan mulai membuka semangat baru bagi yang sebelumnya sudah memiliki bisnis yang harus tutup akibat efek corona kemarin, namun juga awal bagi yang ingin memulai dan membangun bisnis kuliner. Tetap dengan alasan dan motivasi bahwa bisnis kuliner tidak akan ada matinya, memberikan semangat baru bagi yang ingin memulai bisnis kuliner.

Kebiasaan masyarakat Indonesia yang senang akan hal yang praktis dan tidak mau ribet, menjadi salah satu alasan mengapa bisnis kuliner di Indonesia tetap bisa bertahan hdiup. Bahkan dengan pola hidup yang serba cepat membuat mereka lebih senang membeli masakan dan makanan jadi dibanding harus memasak sendiri di rumah.

Terdapat beberapa bisnis kuliner yang bisa dikembangkan dan dimulai, apalagi sejak merebaknya wabah virus corona ini, antara lain:
  1. Ghost Kitchen. Pola bisnis kuliner dengan menggunakan Ghos Kitchen mulai banyak dikembangkan oleh para pemilik kuliner yang tidak memiliki tempat atau gerai. Dengan menggunakan kekuatan teknologi dalam promosi juga keahlian membuat makanan enak dan berkualitas menjadikan bisnis kuliner dengan konsep Ghost kitchen menjadi bisnis yang menjanjikan. Bisnis kuliner dengan model ini menjadi pilihan dengan hanya menggunakan dapur dan rumah sendiri sebagai tempat untuk membangun bisnis, selain juga bisa menghemat biaya sewa tempat.
  2. Nasi Box. Jenis kuliner ini menjadi salah satu yang paling diminati para pecinta kuliner yang harus bekerja, dengan meminimalkan waktu untuk keluar, maka anda tinggal memesan nasi sesuai dngan keinginan anda, dan hanya membutuhkan sedikit biaya sebagai ongkos kirimnya, nasi box kesukaan anda sudah bisa segera dinikmati.
  3. Frozen Food. Sejak merebaknya wabah virus corona lalu, jenis bahan kuliner ini mulai sangat digemari, selain tahan lama karena bisa disimpan di lemari pendingin, juga makanan ini menjadi solusi bagi mereka yang harus bekerja dari rumah dan melakukan aktivitasnya di rumah dengan memasak sendiri makanan yang dibutuhkan.
  4. Catering Makanan Sehat dan Salad. Jenis makanan ini juga sangat digemari apalagi buat mereka yang harus menjaga pola makan dan menjalani program diet, tentunya jenis makanan ini akan tetap digemari dan juga membuka peluang bisnis kuliner.
  5. Lauk Siap Santap. Saat ini mulai banyak dikembangkan berbagi jenis kuliner yang bisa dijual dan cepat menghasilkan, salah satunya adalah menyediakan lauk siap santap dan jenis kuliner ini selalu menjadi pilihan bagi mereka yang tidak sempat memasak dan harus segera berangkat bekerja.
Berbicara tentang bisnis kuliner, semua jenis kuliner pasti memberi peluang bisnis yang luar biasa, tentunya dalam mengembangkan bisnis tersebut harus dikembangkan dengan perencanaan yang matang dibantu dengan promosi marketing yang tepat agar bisnis kuliner tetap bisa berjalan dan bisa bertahan saat terjadi badai dan ujian seperti beberapa bulan kemarin dengan terjadinya wabah virus vorona.

Bisnis Kuliner Online

Bisnis kuliner online menjadi salah satu cara yang bisa dikembangkan saat ini, peluang masih terbuka lebar bagi anda yang ingin memulai dan membangun bisnis kuliner. Banyak sekali bisnis kuliner yang bisa dilakukan dengan cara online. Tentunya kemudahan dalam teknologi menyebabkan bisnis kuliner online cepat mengalami perkembangan dan hal ini memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin mencari rejeki dari bisnis kuliner.

Bisnis Kuliner Online;Mengapa Harus Memilih Bisnis Kuliner?;
Gambar ilustrasi

Sampai saat ini, setelah wabah pandemi virus corona ini merebak, dan banyak anjuran dari Pemerintah untuk tetap mengurangi aktivitas di luar rumah, menjadikan bisnis kuliner online menjadi sebuah peluang bisnis yang bisa dijalankan. Banyak sekali bisnis online rumahan yang bisa dijalankan, antara lain:
  1. Bisnis frozen food.
  2. Makanan ringan.
  3. Cookies dan cake.
  4. Masakan rumahan.
  5. Kue khas tradisional.
  6. Bisnis semua jenis minuman termasuk kopi.
  7. Lauk kering.
  8. Dan masih banyak jenis kuliner yang semua bisa dijalankan dengan cara online.
Banyak sekali bisnis yang bisa dikembangkan, selama kita tetap mau berusaha dan optimis bisa sukses dengan bisnis kuliner yang telah dipilih. Mengapa harus memilih bisnis kuliner? Menjadi sebuah pertanyaan yang bisa dijawab, apalagi bisnis kuliner adalah bisnis yang bisa bertahan dalam segala kondisi, selama kita bisa mengelola dan memiliki ide luar biasa untuk merangkai bisnis kuliner tersebut agar bisa menghasilkan.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Harus Memilih Bisnis Kuliner?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel