Sukses Bisnis Kuliner

Kesuksesan seseorang selalu bisa menginspirasi siapa pun yang memiliki niat dan tekad untuk berhasil. Bahkan banyak diantaranya dari mereka yang dulunya hanya sekedar pegawai biasa dan dengan ketekunan, kesabaran dan keuletannya mampu mengantarkannya ke gerbang kesukseaan yang tidak disangka-sangkanya. Gerbang pencapaian kesuksesan tersebut tidak ada yang tahu, bisa dari pintu mana saja. Namun hal utama sebelum mendapatkan kesuksesan tersebut, harus mau menjalani proses bisnis yang harus dilakukannya, mulai dari memiliki semangat dan tekad untuk maju, sabar bahkan tidak pantang menyerah. Banyak contoh seperti Kolonel Sanders dengan KFC-nya yang baru sukses di umur 70 tahun. Sukses bisnis kuliner yang dilakukannya menjadikan anak muda tetap bersemangat dalam kondisi apa pun.

Begitu pula saat memilih bisnis kuliner sebagai ladang mengais rupiah tentunya banyak hal yang harus dilakukan. Membuka bisnis, terutama bisnis kuliner sangat berbeda dengan bisnis lain, selain barang yang dijual mudah bisiuk, juga faktor eksternal yang sangat berpengaruh dalam mengembangkan bisnis ini. Ketika melihat seorang pebisnis kuliner yang sukses saat ini di berbagai media sosial, jangan hanya melihat pencapaiannya saja, dengan kemudahan dan kesuksesan yang telah diraihnya, lihatlah dulu bagaimana di awal membuka bisnis, harus berdarah-darah, kurang tidur dan lain sebagainya, yang tidak pernah diungkap.

Yang menjadi catatan dalam membuka bisnis kuliner, entah dengan konsep restoran, kuliner kecil bahkan kuliner rumahan, seperti konsep ghost kitchen saat ini, adalah bagaimana menyiapkan mental dalam menghadapi persaiangan bisnis, dan juga banyak faktor lainnya, misalnya mencari solusi agar konsumen mau memesan makanan ditempatmu dan masih banyak lagi lainnya.

Bisnis kuliner;Sukses Bisnis Kuliner;
Bisnis kuliner (Sumber gambar: blog.hock.id)

1. Sukses Bisnis dengan Ide Kuliner Terkini 

Memulai bisnis kuliner berdasarkan pengalaman dan juga sharing dengan para pengusaha kuiner adalah hal yag mudah. Namun meskipun sangat mudah, anda harus memiliki perencanaan yang matang, karena bisnis adalah sebuah proses yang tidak bisa hanya dengan membuka bisnis kemudian slesai, namun yang perlu diingat adalah terdapat sebuah proses mulai dari mencari ide bisnis kuliner, mempersiapkan berbagai sumber pendukung (termasuk mencari karyawan), mengenalkan produk dan tempat kuliner, sampai dengan mempertahanakan dan juga mengembangkan bisnis kuliner tersebut.

Ide menjadi hal yang sangat penting dalam memulai bisnis, anda bisa memilih kuliner yang sesuai permintaan pasar atau anda idealis membuka kuliner yang menjadi hobi anda:
  • Kalau membuka bisnis sesuai permintaan pasar berarti, anda harus melakukan riset pasar, mencari informasi tentang apa yang paling disukai konsumen, termasuk mencari peluang sukses tidaknya membuka kuliner. Dan orang-orang yang memilih bisnis sesuai dengan cara ini, kebanyakan bisnisnya banyak yang bertahan dan tahan banting, meskipun terjadi sesuatu, misalnya wabah virus corona saat ini, karena produknya masih terus dicari.
  • Kalau anda membuka tempat kuliner sesuai dengan idealis anda, anda tidak membutuhkan riset pasar dan hal yang harus dilakukan seperti point di atas. Yang anda lakukan hanya mempersiapkan modal dan membuka kuliner. Selesai. Namun dalam kenyataannya tidak banyak bisnis yang bertahan dengan model ini, kecuali anda membuka bisnis yang berada pada niche kuliner yang sulit ditiru dan juga selalu dibutuhkan banyak orang.
Berbicara tentang sukses bisnis kuliner, maka ide dengan berdasarkan riset pasar menjadi hal yang sangat penting demi sukses bisnis dan agar bisnis bertahan. Data Gofood (Update Januari 2019) bisa menjadi sebuah contoh, untuk anda yang mencari ide kuliner:
Menu yang paling banyak dipesan adalah ayam (10 juta pesanan), nasi (3,5 juta pesanan) kopi (1,5 juta pesanan), mie (1,5 juta pesnan), gorengan (1,2 juta pesanan) dan martabak (720 ribu pesanan).”
Jadi kalau ingin membuat sebuah bisnis kuliner, bangunlah bisnis kuliner yang berkaitan dengan ayam dan nasi, anda bisa menjalankannya dari rumah, dimasak sendiri dan didaftarkan ke delivery online dengan konsep Ghost Kitchen, kalau anda belum siap untuk menyewa tempat.

2. Cara Sukses Bisnis Kuliner

Banyak hal yang harus dilakukan agar bisnis kuliner yang sudah dibangun bisa bertahan dan berkembang, tidak saja bertahan, namun juga bisa menghasilkan dengan omset yang bagus dan juga dengan profit yang bagus, sehingga memberikan hasil yang luar biasa untuk anda. Ditambah lagi bisa membantu orang lain dengan menyerap tenaga kerja yang bisa menguntungkan bagi semua pihak.

Baca juga: Sukses Bisnis dengan Bisnis Online.

Terdapat cara sukses bisnis kuliner khususnya untuk bisnis kuliner yang sudah beroperasi, sebagai berikut (Instagram/mudaentrepreneur/):
  1. Segera beri tempat duduk bila terdapat konsumen yang datang, bahkan bila ada konsumen yang masih menunggu antrian, usahakan berikan mereka tempat duduk, agar mereka merasa nyaman menunggu.
  2. Perhatikan anak-anak. Pastikanlah anak-anak mendapatkan makanan dengan cepat, pada kenyataannya anak kecil cenderung rewel ketika merasa lapar.
  3. Hormatilah semua tamu. Mau seperti apapun konsumen yang datang, mereka adalah sumber pendapatan. Jangan memiliki sikap tidak sopan atau diskriminatif.
  4. Tunggulah terlebih dahulu sebelum membersihkan meja. Pastikan konsumen anda benar-benar sudah selesai menikmati makanan.
  5. Jangan pelit. Pastikan semua peralatan makan memiliki kualitas layak dan terlihat bersih, segeralah menggantinya bila sudah terlihat tidak layak.
  6. Konsisten. Jika anda ingin mengubah dekorasi, dan berbagai unsur pendukung, pastikan tetap memiliki ciri khas yang familier bagi pelanggan.
  7. Berikan perhatian yang cukup. Para customer sangat senang bila diperhatikan, namun mereka akan terganggu jika berlebihan.
  8. Berikan pilihan. Pastikan juga setiap karyawan bisa menjawab pertanyaan dari customer anda “Apa menu favorit yang direkomendasikan?”. Berilah beberapa pilihan untuk preferensi.
  9. Mudah dibaca. Pastikan semua tulisan dalam menu maupun bill/tagihan terlihat jelas, mudah dibaca dan bisa dimengerti.
  10. Proses bill secepatnya. Meminta bill menjadi sebuah tanda umum bila costumer siap pergi. Jangan biarkan costumer menunggu terlalu lama, agar anda bisa menyediakan tempat untuk tamu selanjutnya.
Dalam perjalanan dan perkembangan bisnis kuliner tentu hal tersebut bisa mengalami perkembangan, dan anda pasti memiliki cara tersendiri untuk bisa memberikan kepuasan pada pelanggan anda.

3. Sukses Bisnis Kuliner dengan Strategi Promosi Offline

Memiliki bisnis kuliner, apalagi bisnis tersebut sudah menghasilkan profit yang bagus, menjadi hal yang sangat diharapkan. Meskipun bisnis anda sudah dikenal, anda tetap harus melakukan cara agar para pelanggan dan juga customer baru bisa selalu datang ke tempat kuliner anda. Saat ini banyak sekali muncul kuliner baru yang siap bersaing dengan bisnis yang anda miliki, entah dengan produk lama dengan konsep baru atau produk baru dengan konsep yang terbaru.

Strategi online pasti memiliki sebuah cara tersendiri, apalagi bagi bisnis kuliner yang sudah berjalan adalah melalui sarana media sosial yang saat ini sudah jamak dipakai oleh masyarakat,bisa melalui Facebook, Instagram, Twiotter, Blog, bahkan website utama bisnis anda.

Baca juga: Scale Up Bisnis.

Namun yang paling penting yang bisa dilakukan adalah menggunakan strategi offline yang sedikit banyak bisa membantu, antara lain:
  • Membuat brand menarik. Tidak bisa dipungkiri bahwa brand sederhana dan menarik membuat orang-orang penasaran untuk datang dan mencoba, setelah tahu kuliner tersebut enak dan mereka menganggap harganya wajar, maka jangan khawatir, mereka akan datang kembali.
  • Apabila bisnis kuliner anda masih baru, anda bisa menggunakan promosi “beli 1 dapat 1”, namun sebelum membuat keputusan promosi ini, anda harus menghitung dengan detail dan matang.
  • Membuat alat promosi offline. Cara ini bisa dilakukan dengan membuat brosur, stiker bahkan kartu nama. Cara ini sangat sederhana namun mengena.
Banyak cara untuk sukses bisnis kuliner, semoga informasi tersebut di atas bermanfaat untuk anda. Dan selalu mengembangkan diri dan berpikir positif menjadi kunci utama untuk sukses.

Firman Seorang blogger dan juga pemilik angkringan, yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis. Semoga blog ini bermanfaat untuk kita semua. Salam sukses.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel