Tips Mencegah Stroke Mata

Setiap orang pasti ingin sehat, namun di tengah semakin rentan kondisi tubuh dari ancaman penyakit yang disebabkan perubahan hidup, tentu saja membuat kita harus semakin mewaspadai segala ancaman penyakit. Begitu pula dengan ancaman stroke mata yang saat ini mulai diwaspadai oleh para dokter. Untuk itu, tips mencegah stroke mata sengaja disampaikan untuk mengingatkan agar jangan sampai terkena stroke, khususnya pada mata.

tips-mencegah-stroke-mata
Ilustrasi stroke mata (Foto: diamondvision.com)

Saat ini dunia kedokteran mulai mewaspadai ancaman stroke mata yang mulai menyerang masyarakat Indonesia. Hal ini disebabkan efeknya yang sangat serius, untuk itu jangan sampai Anda dan kita semua menyepelekan tanda-tandanya.

Stroke Mata adalah Sumbatan Mendadak Pada Pembuluh Darah Arteri

Stroke mata ini bisa terjadi karena adanya sumbatan yang mendadak pada pembuluh darah arteri, serta pada lapisan dalam retina.

Gejala klinisnya, penglihatan menjadi kabur atau gelap secara mendadak dan bisa menurunkan ketajaman penglihatan secara permanen, sehingga tidak jarang bisa menyebabkan kebutaan.

Baca juga: Tips Menyehatkan Jantung dan Menghindarkan Stroke.

Stroke mata disebabkan oleh berbagai faktor, seperti tekanan darah tinggi, kencing manis, kadar kolesterol yang tinggi, sampai faktor merokok, obesitas dan kurangnya olahraga.

Dari berbagai faktor tersebut, salah satu penyebab stroke mata adalah tingginya kolesterol - LDL (kolesterol) jahat.

Kolesterol The Silent Killer

Maka idealnya selain kolesterol jahat, yang merugikan kesehatan, di dalam tubuh juga terdapat kolesterol baik yang dibutuhkan untuk membantu membentuk membran sel dan beberapa jenis hormon penting.

Sayangnya, karena pola hidup yang salah, tubuh justru lebih sering kelebihan kolesterol jahat.

Selain itu, selama ini juga berkembang pendapat hanya orang bertubuh gemuk saja yang menderita kolesterol tinggi. Dan tentu saja, anggapan ini salah, karena orang yang bertubuh kurus pun bisa terkena kolesterol tinggi.

Pantangan Stroke Mata dan Pencegahannya

Untuk mencegah stroke mata, maka yang harus dilakukan adalah menjalankan pola hidup sehat, dengan tujuan menghindari kolesterol tinggi.

Bahkan jika perlu, gunakan produk makanan-minuman yang berkadar kemak rendah dan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol, misalnya yang mengandung fitasterol.

Semoga informasi kesehatan tentang “tips mencegah stroke mata” ini bermanfaat untuk kita semua.

Belum ada Komentar untuk "Tips Mencegah Stroke Mata"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel