Tips Sukses Usaha Rental Play Station

Masih ingatkah Anda saat pertama kali muncul PS (Play Station), saat itu usaha PS ini begitu booming, bahkan banyak diantaranya yang menangkap peluang dengan membuat persewaan atau rental PS. Namun seiring berjalannya waktu usaha ini mulai gulung tikar apalagi sejak munculnya teknologi baru, dimana berbagai game bisa diinstal di smartphone, membuat usaha ini semakin terpuruk. Tetapi bukan pengusaha bila harus terpuruk, tips sukses usaha rental play station akan memberikan informasi usaha PS ini.

Tips Sukses Usaha Rental Play Station
Rental play station (Foto: youtube.com/watch?v=Tp3a1RmEfWI)

Jaman semakin berubah, teknologi juga semakin canggih, tetapi hanya sebagian kecil yang bisa merasakan kecanggihan game-game terbaru, entah diinstal di smartphone, laptop atau pun di PC. Disinilah jiwa pengusaha harus muncul, disini terdapat peluang dengan berinvestasi mesin PS (Play Station) terbaru misal PS 5, tentu hal ini akan memberi daya tarik tersendiri.

Peluang Usaha Play Station Saat Ini

Banyak faktor mengapa masih terbuka membuka usaha rental PS? Salah satunya adalah, di tempat rental mereka (para penyewa) bisa menyewa dengan teman sejawat, apalagi kalau mesin PS-nya keluaran terbaru, begitu pula dengan game yang disiapkan, tentu akan membuat rental PS menjadi semain ramai.

Bahkan tidak menutup kemungkinan juga menyediakan jajanan dan minuman, dan fasilitas untuk ke kamar mandi atau kebutuhan-kebutuhan lainnya.

Baca juga: Tips Sukses Membuka Bisnis Distro.

Selain mempersiapkan TV dan Play Station, jangan lupa menambahnya dengan koleksi game yang bervariasi. Selain itu, yang lebih utama lagi adalah meminta ijin kepada ketua RT/RW setempat dan juga tetangga kanan kiri, karena seringkali timbul suara berisik. Untuk meredamnya maka bisa dilakukan tata ulang dengan menggunakan peredam sehingga tidak timbul suara yang mengganggu.

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat ingin membuka rental play station ini, antara lain:

  • Lokasi.

Usaha ini ternyata bisa dimulai dari rumah, jangan lupa meminta izin pada pihak terkait dan juga para tetangga.

Untuk menyiapkan tempat, bisa juga dengan mengubah rumah agar lebih nyaman bila didatangi para pelanggan. Atau kalau punya dana lebih, bisa juga dengan menyewa tempat di pinggir jalan.

  • Modal kerja.

Biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan alat-alat PS ini di awal bisa disesuaikam dengan kemampuan keuangan. Untuk menghemat biaya bisa juga dengan cara membeli barang bekas di toko elektronik atau bisa ke pegadaian.

Atau bisa juga dengan join bersama teman yang punya peralatan.

  • Biaya operasional.

Biaya terbesar di usaha ini yang jelas adalah biaya listrik. Pada bulan berikutnya bisa dialokasikan berapa kebutuhan untuk membayar listrik ini.

Begitu juga kalau sewa tempat, bisa dialokasikan untuk membayar sewa bulanannya.

  • Karyawan.

Untuk karyawan dalam hal ini hanya dibutuhkan karyawan yang bisa mengoperasikan alat PS, seperti mengganti game dan juga apabila gamenya macet.

  • Promosi.

Biaya promosi terhitung murah, apalagi kalau rental PS ini dilakukan di rumah, promosi bisa dilakukan dari mulut ke mulut.

  • Kendali keuangan.

Pengendalian keuangan ini sangat penting. Buat juga buku kas keluar masuk. Dengan adanya buku ini bisa mengantisipasi biaya tidak terduga. Sangat disarankan utuk memisahkan keuangan pribadi dan usaha.

Berikut juga disampaikan contoh perhitungan BEP atau titik impas hitungan kasar usaha PS, yang bersumber dari buku “Peluang Usaha untuk Anak Muda” karya Agoeng Widyatmoko.

Contoh perhitungan BEP Rental Play Station
Contoh perhitungan BEP

Semoga sedikit informasi dan tips sukses usaha rental play station ini bermanfaat dan bisa menjadi pedoman bagi Anda yang ingin membuka bisnis atau usaha sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Usaha Rental Play Station"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel