Kisah Sukses Michael Alan Sugar, Seorang Taipan yang Sukses di London

Berbicara tentang proses bisnis seorang pengusaha memang menarik. Apalagi kesuksesan tersebut tidak diperoleh seperti membalik telapak tangan, ada proses panjang untuk meraih kesuksesan tersebut. Tidak hanya itu, kegagalan demi kegagalan juga harus dihadapi dengan kesabaran. Kisah sukses Michael Alan Sugar, seorang Taipan yang sukses di London bisa menjadi contoh bagi Anda yang saat ini memilih menjadi seorang wirausaha.

Kisah Sukses Michael Alan Sugar, Seorang Taipan yang Sukses di London
Michael Alam Sugar (Foto: hollywoodreporter.com)

Siapa yang menyangka kalau Michael Alan Sugar yang terlahir dari pasangan orang biasa ini, kini dikenal sebagai salah satu orang terkaya dan sangat popuker di Inggris.

Kisah Sukses Pengusaha “Michael Alan Sugar”

Lahir di Hackney, London Timur, Inggris pada tanggal 24 Maret 1947, ternyata Sugar adalah anak bungsu dari empat bersudara putra dari Fay dan Nathan Sugar yang hanya seorang penjahit di sebuah pabrik garmen.

Meskipun hidup dalam keterbatasan, hal ini membuat Sugar menjadi sosok anak tangguh dan mandiri, bahkan sejak kecil Sugar sudah membanting tulang dengan memasak dan menjual bit di sebuah kios berukuran kecil.

Sempat mengenyam pendidikan di Brooke House School, tidak lama Sugar keluar dan memutuskan bekerja sebagai ahli statistik untuk layanan masyarakat di Departemen Pendidikan. Tidak lama kemudian, Sugar memutuskan keluar dan mengawali langkahnya sebagai entrepreneur di bidang elektronika dengan modal 100 poundsterling. Uang itu kemudian digunakan untuk membeli sebuah  mobil seharga 50 poundsterling. Dan sisanya digunakan untuk membeli barang dagangan, seperti antena mobil, korek api dan lain-lain.

Baca juga: Kisah Sukses Zhou Chengjian.

Pada tahun 1968 mendirikan perusahaan eletrsonik dengan nama “Amstrad” yang merupakan singkatan dari namanya yaitu Alan Michael Sugar Trading.

Sekitar dua tahun setelah beroperasi, Amstrad semakin berkembang, hal ini kemuian menandai dilakukannya perluasan kapasitas produksi perusahaan. Dan pada tahun 1980 Amstrad dicatatkan pada bursa London Stock Exchange.

Setelah mendaftarkan di bursa saham, Sugar melakukan ekspansi ke berbagai bidang. Hal ini dibuktikan pada tahun 1984, Amstrad memasuki dunia baru sebgai penjual komputer produk sendiri yang diberi nama Amstrad CPC 464, yang diluncurkan di Inggris, Jerman, Italia, Spanyol sampai ke Australia dan New Zealand.

Pada tahun 1985, Sugar meluncurkan CPC 6128, dan saat bisnis satelit menggeliat, Amstrad menemukan pasar empuk di bidang perangkat set top box (alat penangkap siaran digital). Bahkan Amstrad menjadi penyuplai bagi jaringan Sky TV milik taipan media Rupet Murdoch.

Tidak berhenti disitu, Sugar bersama anaknya mendirikan perusahaan properti dengan nama Amsrop, Sugar terbukti berhasil dan menguasai propersi seluruh Inggris Raya.

Tidak hanya itu, Sugar memperluas usahanya dengan mendirikan bisnis jasa persewaan pesawat jet eksklusif dengan nama Amsair (Alan Michael Sugar Air), dan mendirikan juga Amscreen, yaitu usaha yang menawarkan jasa penjualan tempat iklan.

Berani Gagal Menuju Sukses

Siapa sangka sekelas Sugar juga pernah gagal dalam berbisnis, seperti saat memasarkan game pada PDA pada tahun 1990-an dan juga saat memutuskan membeli klub sepak bola Inggris yaitu Tottenham Hotspur.

Dan akhirnya Sugar harus menerima segala caci maki oleh pendukung Tottenham karena dianggap gagal membawa klub sepakboa ini menjadi puncak terdepan. Akhirnya Tottenham dijual ke ENIC pada tahun 2001.

Tips Sukses Michael Alan Sugar Meraih Sukses

Saya tidak ingin mengikuti perkataan orang lain dalam menjalankan bisnis. Saya yakin dengan setiap tindakan Saya.” - Michael Alan Sugar

Terdapat beberapa tips sukses yang bisa menjadi contoh, antara lain:

1. Memiliki kemampuan dan kemauan.

Kemampuan dan kemauan yang keras, membuat Sugar berhasil mengubah dirinya dari hanya seorang karyawan menjadi seorang pengusaha sejati.

2. Pandai membuat keputusan.

Seorang yang pandai mengambil keputusan akan bijak dalam menghadapi berbagai masalah dan selalu mempersiapkan langkah-langkah alternatif untuk menyelesaikannya.

Hak ini terbukti saat mengakuisisi Tottenham yang akhirnya dijual ke ENIC pada tahun 2001.

3. Kekurangan bukan menjadi masalah.

Bagi kebanyakan orang, saat mereka memiliki kekurangan akan timbul rasa tidak percaya diri. Berbeda dengan Sugar, dengan tekanan ekonomi yang dialmainya, justru membuat Sugar menjadi sosok yang tangguh dan mandiri.

4. Memiliki penampilan yang baik.

Penampilan yang dimaksudkan adalah keprofesionalan seorang pengusaha seperti etos kerja, terus memperbaiki diri, dan juga memiliki rasa tanggung jawab.

5 . Ulet, serius dan memiliki motivasi kerja yang tinggi.

Pengusaha sukses itu lahir dari motivasi kerja yang tinggi, serius dan penuh keuletan dalam menekuni usaha. Tentu saja mereka berupaya untuk menghasilkan yang terbaik bagi kelangsungan hidup mereka.

Semoga sedikit informasi dan kisah sukses Michael Alan Sugar, seorang Taipan yang sukses di London ini bisa mengispirasi Anda untuk meraih sukses.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Michael Alan Sugar, Seorang Taipan yang Sukses di London"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel