Tips Sukses Membuka Bisnis Distro

Jaman semakin berubah, saat ini sudah semakin banyak anak muda yang lebih memilih berbisnis sesuai dengan hobi dan passionnya. Tentu saja hal ini menjadi kabar menggembirakan, dengan memulai berbisnis sejak dini hal ini akan memperkuat nyali berbisnis. Berbeda kalau bisnis dimulai saat menjelang pensiun, tentu akan ada perbedaan pola dalam menghadapi efek bisnis. Bagi anak muda tentunya banyak bidang yang bisa dimasuki salah satu diantaranya yang saat ini masih tetap ramai adalah berbisnis aksesoris atau yang lebih dikenal dengan distro. Banyak sekali infomasi dan referensi tentang tips sukses membuka bisnis distro, disertai dengan berbagai contoh dan motivasi untuk bisa bertahan meskipun di era pasca pandemi seperti saat ini.

Tips Sukses Membuka Bisnis Distro
Bisnis distro (Foto: istrendy.com)

Berbicara tentang bisnis distro, berarti berbicara tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan anak muda yang unik, aneh, nyentrik dan berbagai istilah yang disematkan pada anak muda.

Prospek Bisnis Distro

Saat ini dengan berkembangnya budaya dan pola hidup membuat perubahan yang luar biasa dalam pergaulan. Salah satunya dengan muncuknya komunitas anak muda yang memiliki ciri khas sendiri-sendiri. Dan pada akhirnya mereka akan membuat akseseoris dan segala pernak pernik yang menjadi ciri khas mereka, seperti kaos, dompet, stiker, syal dan lain-lain.

Gaya yang menempel pada atribut tersebut menjadi unik atau yang disebut dengan limited edition. Tentunya harga barang yang limited edition memiliki harga yang sedikit lebih mahal, dan hal ini menjadi peluang yang bisa digarap.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Sablon.

Tentu saja dengan keunikan barang tersebut ditambah produk yang terbatas akan sulit masuk ke toko besar, maka dari itu penjualannya memanfaatkan sistem distribusi dengan jaringan pertemanan. Nah disini kita bisa menjadi distro atau distribution outlet.

Dari distro yang sudah berdiri ini kita bisa menerima titipan berbagai macam merk barang terbatas, seperti t-shirt, dompet, tas dan masih banyak lainnya. Yang menarik, marjin keuntunga bisa diatur sesuai dengan perjanjian.

Hal-hal yang harus diperhatian Saat Membuka Distro

1. Lokasi Usaha.

Untuk memulai usaha distro, usahakan mencari lokasi yang strategis dan banyak dilalui orang, atau bisa juga mencari lokasi usaha yang dekat dengan pemukiman yang banyak anak mudanya, seperti lingkungan kos-kosan atau dekat dengan kampus atau area sekolah.

Apabila rumah kita yang strategis, bisa juga menyulap garasi menjadi show room. Namun jika memiliki modal besar sangat disarankan untuk menyewa outlet yang eye catching di keramaian.

2. Modal Kerja.

Untuk modal, pertimbangkan dengan dana yang dimiliki saat ini. Bila masih sedikit, bisa dimulai dari yang kecil-kecil dan tawarkan pada teman dekat terlebih dahulu. Kalau sudah ada modal lumayan, bisa dimulai dengan membuat renovasi tempat jualan, membuat aneka produksi atau menyewa pick up yang biayanya lumayan besar.

3. Biaya Operasional.

Biaya yang dibutuhkan dan harus diperhitungkan, yaitu biaya listrik, telepon dan biaya operasional lainnya.

4. Karyawan.

Apabila usaha baru dibuka, karyawan yang dipakai cukup dua, satu sebagai tenaga yang melayani pembeli dan yang melayani di kasir. Selain itu, kedua-duanya bisa sebagai kontrol keamanan barang.

5. Promosi.

Pada awal, promosi bisa dilakukan di beberapa komunitas anak muda yang sudah dikenal atau bisa bergabung dengan komunitas tersebut sambil menawarkan produk, atau bisa juga dilakukan dengan menghias distro dengan warna mencolok untuk bisa menarik perhatian.

6. Kendali Keuangan

Kendali keuangan menjadi masalah utama. Usahakan sejak awal harus dipisah antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Selain itu, bisa juga mengambil sebagian keuntungan untuk dinikmati, tapi jangan lupakan investasi untuk memperbesar usaha.

Contoh Perhitungan BEP Sederhana

Di bawah ini akan disampaikan contoh perhitungan BEP (Break Event Point) atau titik impas usaha ini, yang bersumber dari dari buku “Peluang Usaha untuk Anak Muda” karya Agoeng Widyatmoko.

Contoh Perhitungan BEP Sederhana Distro
Contoh perhitungan BEP sederhana

Semoga sedikit informasi dan tips sukses membuka bisnis distro ini bermanfaat dan bisa menjadi pedoman bagi Anda yang ingin membuka bisnis atau usaha sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Membuka Bisnis Distro"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel