Tips Sukses Bisnis “Seluler”

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini, begitu pula untuk Anda yang merasa pesimis untuk memulai bisnis. Banyak cara dan banyak bisnis yang bisa dipilih, tentunya yang utama adalah mau sabar dan berdisiplin dalam berproses menjadi salah satu kunci sukses. Diantara berbagai jenis bisnis yang bisa dimulai maka bisnis seluler bisa menjadi pilihan. Banyak alasan mengapa Anda harus mencoba bisnis ini, mungkin Anda merasa bingung atau merasa kurang yakin dengan bisnis seluler, semoga tips sukses bisnis “seluler” di bawah ini bisa memberi inspirasi untuk Anda yang ingin memulai bisnis.

Tips Sukses Bisnis “Seluler”
Bisnis seluler (Foto: koran.tempo.co)

Siapa yang mengira di era digital dan di era informasi seperti saat ini, internet menjadi kebutuhan pokok, sama halnya dengan sembako. Dan untuk bisa menggunakan internet tentunya membutuhkan pula dan kuota, dan disinilah peluang yang bisa Anda tangkap.

Prospek Bisnis Seluler

Pulsa telepon adalah suatu kebutuhan, dan juga telah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19 baru-baru ini, dimana banyak aktivitas yang harus dilakukan secara online, menjadikan kebutuhan pulsa, baik untuk telepon atau membeli kuota internet menjadi sangat penting.

Tidak hanya saat pandemi saja, namun beberapa tahun belakangan sebelum wabah terjadi, dunia telekomunikasi mengalami perkembangan, terutama teknologi seluler, berkembang dengan pesat.

Bahkan pengguna di Indonesia sudah di atas 40 jutaan atau dari setiap lima orang penduduk, minimal terdapat satu pengguna seluler. Mungkin saat ini semua orang sudah menggunakan seluler secara keseluruhan. Hal ini menurut data dari ITU, Badan Tekekomunikasi Dunia - PBB, yang menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengam pertumbuhan jumlah pengguna terbesar di Asia.

Baca juga: Tips Sukses Membuka Bisnis Distro.

Dari sini bisa diambil kesimpulan, bahwa peluang sudah ada di depan mata, maka tidak heran usaha ini semakin berkembang. Tidak percaya? Anda bisa melihat toko-toko di sekitar Anda, bisa dipastikan banyak penjual voucher atau pulsa telepon yang menyediakannya dengan mudah.

Berarti persaingannya semakin sengit? Disinikah yang unik. Dengan terbukanya berbagai toko atau pun vendor justru makin banyak memberikan variasi promosi yang menguntungkan konsumen. Dengan demikian, konsumen semakin dimanjakan dengan kondisi ini.

Hal ini menjadikan peluang semakin terbuka lebar. Masih ingat ada yang mengatakan, “Kalau masih takut dengan persaingan, bukan pengusaha dong.”

Yakinlah, orang-orang terdekat pasti mendukung usaha Anda ini, tentu saja berjualan produk seluler ini sudah seperti jualan kacang goreng. Bahkan unuk membeli pulsa lima ribu bisa dijumpai dimana saja. Memang keuntungam hanya lima ratus rupiah, kecil tapi kalau dikumpulkan dalam sehari, keuntungan lima ratus sampai dengan dua ribu per voucher selama banyak hasilnya pasti luar biasa.

Hal-hal yang Harus Dipersiapkan Saat Membuka Bisnis Seluler

Sudah yakin masuk dan memulai bisnis seluler? Kalau sudah yakin terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  • Lokasi.

Lokasi sebagai pemilihan konter usahakan berada di lingkungan keramaian, seperti pertokoan, pasar, supermarket, stasiun, terminal dan juga tempat umum yang sering dilewati orang. Atau bisa juga memilih lokasi di dekat perkantoran, sekolah atau bisa juga dekat kampus.

Namun, yang perlu diperhatika adalah mempertimbangkan waktu, karena lokasi ini hanya ramai saat jam kerja atau musim kuliah dan tidak sampai malam biasanya sepi saat libur.

Jika ingin ramai terus tanpa libur, maka solusinya carilah lokasi yang dekat dengan kompleks perumahan, atau bisa juga di area bisnis lingkungan kompleks perumahan. Di lokasi tersebut konter seluler bisa melayani pelanggan sampai malam atau saat hari libur.

  • Modal Kerja.

Modal awal usaha ini utamanya diperuntukkan untuk membeli aneka barang dan produk seluler, seperti aksesoris, dan juga pulsa, baik yang fisik maupun elektronik. Selain itu, biaya lainnya bisa dikeluarkan untuk membuat display produk.

Biaya pembuatan etalase ini beraneka ragam terbantung luas etalase dan bahan pembuatannya. Biasanya dari aluminium berkisar Rp 500 ribuan. Selain itu, untuk penyediaan aneka aksesoris dan bila mungkin peralatan sederhana untuk servis ringan dan juga komputer.

Oleh karena itu, perlu dilakukan evaluasi penjualan harian, mingguan dan juga bulanan. Dengan begitu akan diketahui barang apa saja yang paling laku sehingga modal kerja terbesar bisa dialokasikan hanya untuk barang yang paling laku saja.

  • Biaya Operasional

Kebutuhan utama utuk operasional usaha seluler sehari-hari dan setiap bulan adalah dialokasikan untuk penambahan modal pada voucher karena voucher ini yang paln g laku.

Selain itu yang paling dibutuhkan adalah gaji penjaga toko dan juga uang makan atau bisa dinamakan upah bukanan.

Dan juga sisihkan juga biaya pulsa untuk transaksi jika penjualan banyak menggunakan voucher elektronik. Selain itu yang perlu dipertimbangkan adalah biaya listrik dan juga lampu untuk aksesori.

  • Karyawan

Pada dasarnya tidak sulit menekuni usaha seluker ini, karena hanya dibutuhkan pemahaman dasar tentang bagaimana mengisi voucher untuk handphone. Apalagi saat ini setiap orang sudah bisa mengisi sendiri pulsanya.

  • Promosi

Untuk promosi bisa meminta materi promosi untuk mempercantik toko ke distributor atau agen utama produk seluler dan vendornya. Biasanya mereka memiliki materi promosi, seperti spanduk, brosur, atau bahkan mereka tidak segan mengecat toko bila punya komitemn untuk menjualkan produk mereka.

Untuk usaha seluler ini sangat ketat persaingannya, biasanya konsumen menginginkan kepastian harga produk, jadi harga voucher dan handphone sangat mempengaruni persepi konsumen tentang sebuah toko.

  • Pengendalian Keuangan

Usaha ini memiliki perputaran yang sangat cepat, maka dibutuhkan kecermatan dalam mencatat semua pemasukan dan pengeluaran. Buatlah catatan keuangan sehari-hari sehingga mudah mengevaluasi keuangan. Selain itu catatan ini berguna untuk mengontrol produk yang paling laku di toko.

Dengan begitu, bisa ditentukan belanjaan barang seluler, mana yang lebih utama dibandingkan  dengan barang lainnya. Hal ini disebabkan barang yang ada di pasaran yang mendukung usaha seluler sangat banyak macamnya. Maka berhati-hati dalam belanjan barang agar bisa cepat laku sehingga perputaran uang bisa lebih cepat.

Di bawah ini disertakan contoh perhitungan BEP atau titik impas untuk usaha seluler ini. Perhitungan ini hanya sekedar contoh dan juga hanya hitungan kasar yang tidak mengikat. Perhitungan ini bersumber dari buku “Peluang Usaha untuk Anak Muda” karya Agoeng Widyatmoko.

Contoh perhitungan BEP untuk usaha seluler
Contoh perhitungan BEP untuk usaha seluler

Semoga informasi dan tips tips sukses bisnis “seluler” tersebut bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Bisnis “Seluler”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel