Tips Sukses Bisnis Sablon

Siapa yang bilang anak muda tidak bisa berbisnis? Kalau pintar dan tahu akan peluang, pasti banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendulang rupiah. Salah satu bisnis yang masih sangat digemari dan masih ada peluang adalah bisnis sablon. Banyak sekali target pasar yang bisa dituju asal kita kreatif. Tips sukses bisnis sablon, akan memberi sedikit gambaran tentang peluang bisnis sablon.

Tips Sukses Bisnis Sablon
Bisnis sablon kaos (Foto: tsien.info)

Meskipun bisnis masih belum pulih setelah merebaknya wabah Covid-19 baru-baru ini, ditambah daya beli yang turun, namun hal ini tidak akan menurunkan semangat dalam membuka bisnis. Bisnis sablon, khususnya kaos memang tidak ada matinya, mulai dari motif tokoh kartun, tokoh politik, art design sampai cap unik masih menarik anak muda dan konsumen lain untuk bisa memiliki kaos sesuai dengan keinginannya.

Peluang Bisnis Sablon

Apabila kita lihat di berbagai toko pakaian atau distro, tentunya banyak sekali model dan desain kaos yang berneka macam. Jumlahnya tentu sangat banyak, karena tiap hari muncul model dan desain yang selalu baru.

Artinya, bila kita jeli berarti terdapat peluang di bisnis kaos yang masih terbuka lebar. Baik sebagai penyedia kaos mentah atau kaos yang belum di berikan motif atau pun bisnis di bidang sablon kaos.

Kaos yang ada dengan beraneka macam bentuk gambar merupakan hasil sablon desain yang telah ditentukan sebelumnya. Tentu saja desain kaos yang menarik akan menbuat para konsumen yang rata-rata masih anak muda. Apalagi sekarang banyak bermuncukan distro atau toko kecil yang menjual kaos dengan desain terbatas. Modelnya pun menyesuaikan dengan tren anak muda saag ini.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis sebagai Penerbit Buku.

Bisa dikatakan bisnis sablon kaos tidak ada matinya. Asal ada kemauan untuk membuat desain unik dan menarik, kaos tersebut akan laku terjual. Begitu pula bila menerima pembuatan kaos berdasarkan pesanan, hal ini bisa menjadi pemasukan besar

Ilustrasinya begini, bila satu kaos pesana minimal Rp 25 ribu atau Rp 30 ribu dengan minim order 10 buah, hal ini berarti bisa mengambil untung Rp 5 ribu sampai Rp10 ribu per kaos.

Hal ini belum lagi kalau mendekati pemilihan umum, bisnis sablon menjadi bisnis yang menguntungkan.

Tercapat beberapa hal yang berpengaruh dalam bisnis sablon ini, antara lain:

  • Lokasi.

Untuk lokasi pada bisnis sablon bisa menjadi nomor yang kesekian, asal bisa memasarkannya, maka usaha ini tidak terlalu membutuhkan lokasi strategis. Bahkan di gang-gang sempit atau di lingkungan perumahan pun jadi.

Bila memiliki modal yang lumayan, bisa mencari lokasi yang strategis dan banyak dilalui orang. Jangan takut memilih lokasi di daerah yang terkenal dengan industri kaosnya. Karena hal ini bisa menjadi nilai tambah, karena orang sudah tahu kemana harus mencari kaos.

  • Modal kerja.

Modal utama di bisnis ini adalah peralatan untuk membuat sablon kaos dengan teknologi masa kini, bisa dimulai hanya dengan modal printer warna. Hal lain yang perlu diperhatikan disini adalah modal untuk mendatangkan bahan kaos. Maka carilah agen kaos yang bisa dinego agar bisa dibayar belakang setelah ada order.

  • Biaya operasional.

Kebutuhan utama untuk operasional usaha sablon adalah tinta cetak sablo. Selain itu, juga media air dan listrik untuk pengering sablon, sehingga bisa ditentukan berapa harga per item barang yang akan dijual.

Sebagai catatan, harus mempersiapkan dana cadangan, sehingga sewaktu-waktu ada order mendadak dalam jumlah besar kita bisa siap melayaninya. Usahakan meminta bayar di muka minimal 50%.

  • Tenaga kerja.

Unuk tenaga kerja, tidak perlu mencari orang yang benar-benar ahli sehingga pengeluaran gaji bisa ditekan. Tetapi bila ingin mengembangkan sablon kaos dengan desain yang khas, tidak ada salahnya menyewa orang yang ahli desain unuk membuat desain gambar kaos yang sedang tren atau unik untuk dijual. Tentu gaji mereka lebih mahal.

Atau dengan alternatif lain, misalnya dengan sistem bagi hasil dari karya mereka, misalnya untuk satu baju dengan desain yang mereka buat, di beri prosentase dari keuntungnnya.

  • Promosi.

Promosi menjadi salah satu unsur penting yang tidak boleh diremehkan, agar usaha bisa dikenal oranb lain. Bisa dengan mendekati komunitas atau dengan mempromosikannya melali media sosial.

  • Kendali keuangan.

Setiap usaha harus memperhatikan kendali keuangan usaha. Bisa dilakukan denga membuat buku kas arus masuk dan keluar. Buat pula proyeksi keuangan ke depan, sehingga bisa mengetahui kapan harus menggenjot usaha agar bisa cepat balik modal.

Di bawah ini akan disampaikan ilustrasi perhitungan BEP, sekali lagi ini hanyalah contoh, yang bersumber dari buku “Peluang Usaha untuk Anak Muda” karya Agoeng Widyatmoko. Anda bisa memulainya dengan jumlah yang jauh lebih kecil atau bisa dengan jumlah yang lebih besar.

Contoh perhitungan BEP

Itu dia sedikit tips sukses bisnis sablon. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Bisnis Sablon"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel