Kisah Sukses Rusman Maamoer Mendirikan Supermarket Tip Top

Jatuh bangun dalam bisnis adalah hal biasa bagi seorang pengusaha. Biasanya orang lain hanya melihat kesuksesan seseorang tanpa melihat proses yang dijalani. Hal ini berlaku pula dengan kisah sukses Rusman Maamoer mendirikan Supermarket Tip Top. Percaya akan proses ditambah tekad yang kuat menjadi awal bagi seorang Rusman untuk berani memulai usaha sendiri.

Kisah Sukses Rusman Maamoer Mendirikan Supermarket Tip Top
Rusman Maamoer (Foto: toko.adiyotta.com)

Rusman sendiri dalam meraih sukses tidak langsung sukses begiu saja, namun sempat mengalami jatuh bangun. Tetapi keinginan yang kuat untuk sukses dalam berbisnis membuat dirinya mampu bangkit membangun usahanya kembali.

Tips Sukses Pengusaha Rusman Maamoer

Banyak cerita dan kisah menarik dari para orang sukses yang bisa menginspirasi kita untuk berani berbisnis dan juga berani bangkit setelah bisnisnya jatuh. Salah satunya adalah kisah Rusman Maamoer.

Setelah lulus SMA, Rusman kemudian melanjutkan studinya ke Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Setelah lulus, Rusman bekerja di BPD (Bank Pembangunan Daerah). Dan setelah tujuh tahun bekerja di BPD, Rusman memutuskan untuk mengundurkan diri dan menjadi pengusaha.

Pada tahun 1967, Rusman mulai mencoba berbagai usaha, salah satunya bisnis properti kecil-kecilan, tetapi sayang usaha tersebut kurang berkembang dan pada akhirnya Rusman menutup usaha tersebut. Sekitar tahun 1978, Rusman mencoba keliling Eropa untuk mencari usaha yang bisa dikembangkan, tetapi sayang tidak ada hasil.

Baca juga: Kisah Sukses Betti Alisjahbana Membangun “Quantum Business International”.

Dan pada tahun 1979, Rusman kemudian membuka toko seperti mini market seluas 400 M2. Strategi yang dipakai kali ini adalah dengan memberi harga murah kepada para pelanggannya. Strategi ini menunjukkan hasil bahkan masyarakat rela mengantri sampai berjam-jam untuk berbelanja di tokonya. Toko tersebut oleh Rusman diberi nama “Tip Top”.

Tip Top semakin tumbuh, dan hal ini bisa dilihat dari penjualannya yang semakin meningkat. Tawaran dari para suplier pun semakin berdatangan. Dan pada tahun 1985, Tip Top menjadi sebuah pasar swalayan dengan luas 3000 M2. Pelangganya pun tidak hanya dari Rawamangun, melainkan  meluas hingga seluruh Jakarta Timur.

Tantangan Bisnis yang Dihadapi Rusman Maamoer

Memang benar kalau ada yang mengatakan bahwa hidup tidak selamanya di atas, ada kalanya di bawah, begitu pula dengan bisnis, tidak selamanya berjalan mulus. Semakin tinggi maka semakin kencang pula tiupan anginnya. Hal ini berlaku pula pada bisnis milik Rusman, saat bisnis sedang menuai sukses, Tip Top mengalami kebakaran yang membuat usahanya berhenti. Bagaimana tidak? Semuanya tidak tersisa, mulai dari inventaris, stock barang sampai dengan gedung, semuanya habis. Meskipun demikian, Rusman semakin tertantang, dan menganggap peristiwa kebakaran hanya sebagai cobaan.

Tidak disangka, setelah peristiwa kebakaran tersebut, bantuan terus mengalir, bahkan Rusman juga mendapat bantuan dari Pemda setempat. Selain bantuan, dia juga mendapat kemudahan pinjaman dalam jumlah besar.

Dari pinjaman ini, Rusman kemudian membangun kembali Tip Top. Bahkan tidak sampai satu tahun, Rusman sudah berhasil mendirikan kembali pasar swalayannya. Kerja kerasnya membuahkan hasil. Dari sini nilai penjualannya mulai meningkat, bahkan dua tahun kemudian Rusman bisa membuka cabang baru Tip Top di Tangerang.

Di bawah kendalinya, Tip Top semakin berkembang dengan lebih dari 6 outlet supermarket yang tersebar di Jabodetabek.

Tips Sukses Rusman Maamoer

Terdapat beberapa kunci sukses Rusman yang bisa Anda pedomani, sebagai berikut:

1. Berani.

Seorang entrepreneur sukses biasanya selalu memiliki keberanian dalam segala hal untuk mewujudkan cita-citanya, bahkan berani meninggalkan zona nyaman sebagai karyawan, berani mencoba, dan berani gagal.

2. Bekerja dengan jam kerja yang panjang.

Seorang entrepreneur sukses selalu bekerja dengan jam kerja panjang, tetapi tidak melalaikan keluarganya. Begitu juga dengn Rusman, saat Tip Top dilanda kebakaran, Rusman bekerja siang dan makam untuk memulihkan usahanya.

3. Memiliki dedikasi yang tinggi.

Seorang pengusaha sukses pasti memiliki dedikasiyang tinggi terhadap bisnisnya, bahkan dalam menjalankan pekerjaannya mereka tidak kenal lelah.

4. Memiliki semangat kerjasama.

Seorang pengusaha itu tidak sepenuhnya mengerjakan tugas sendiri. Biasanya mereka melakukan kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu karyawan, pemasok dan juga mitra bisnis.

5. Mengutamakan pelanggan.

Hal utama yang harus dilakukan seorang pengusaha adalah menghargai dan mengutamakan pelanggan. Hal ini pula yang dilakukan Rusman untuk membangun kerajaan bisnisnya.

6. Pantang menyerah.

Hal ini dibuktikan Rusman saat usahanya dilanda kebakaran, Rusman justru tidak larut dalam kesedihan, namun malah berusaha kuat untuk kembali membangun usahanya.

Itu dia sedikit informasi dan kisah sukses Rusman Maamoer mendirikan Supermarket Tip Top. Semoga menginspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Rusman Maamoer Mendirikan Supermarket Tip Top"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel