Kisah Sukses Betti Alisjahbana Membangun “Quantum Business International”

Siapa yang tidak ingin sukses, apalagi sukses membangun bisnis yang diimpikan? Kisah sukses Betti Alisjahbana membangun “Quantum Business International” menjadi sebuah kisah inspiratif bagi setiap orang untuk mau berproses dalam mencapai impian, apalagi sukses dalam bisnis yang sudah ditekuninya.

Kisah Sukses Betti Alisjahbana Membangun “Quantum Business International”
Betti Alisjahbana (Foto: melitarahmalia.com)

Kebanyakan orang hanya melihat kulit atau keberhasilan seseorang saja, tanpa mau melihat bahkan mau merasakan beratnya membangun bisnis. Begitu pula dengan sosok Betti, dua puluh tahun bisa berkarir di IBM, karena ingin menciptakan karya dan kreativitasnya sendiri, Betti pun akhirnya memutuskan untuk mengundurkan diri dari IBM dan memutuskan menjadi seorang pebisnis.

Kisah Sukses Pengusaha “Betti Alisjahbana” Membangun Usaha dengan Kreativitas

Banyak kisah menarik para pengusaha yang bisa kita teladani, begitu pula dengan kisah sukses seorang Betti. Setelah menyelesaikan pendidikan sarjananya di Jurusan Teknik Arsitektur ITB, Betti kemudian memulai karirnya di IBM Indonesia sekitar tahun 1984, saat itu Betti menjabat sebagai Marketing Trainee. Sedikit demi sedikit Betti bisa menjabat di divisi marketing IBM.

Prestasi yang memuaskan tersebut membuat karirnya terus melesat. Bahkan dirinya pernah dipercaya memimpin Tim IBM di tingkat regional, yaitu menjadi General Manager Marketing untuk Divisi Small dan Medium Business ASEAN/Asia Selatan yang berpusat di Singapura mulai tahun 1996. Di tangan Betti, divisi ini bisa menyumbangkan kontribusi 30% sampai 40% dari total pendapatan regional.

Tidak lama kemudian, Betti dipindahkan ke posisi General Manager e-busines IBM pada wilayah yang sama. Dan di awal tahun 2000, Betti diposisikan sebagai Presiden Director PT. IBM Indonesia. Pada posisi ini, Betti berhasil membukukan prestasi yang gemilang dalam pencapain pertumbuhan pendapatan, kepuasan pelanggan, dan juga fokus yang tinggi pada peningkatan keahlian sumber daya manusia.

Baca juga: Kisah Sukses Jemmy Suhadi.

Maka tidak heran, bila Betti memperoleh penghargaan Country General Manager Excellent Award yang diberikan pada 5 dari 160 CGM di seluruh dunia. Prestasi ini tentu saja membuat kualitas kepemimpinannya semakin teruji.

Berbagai peningkatan usaha terus dilakukan, baik di sisi internal maupun eksternal. Di sisi internal, Betti terus menjalin hubungan dekat dengan para karyawannya di perusahaan, tidak hanya itu Betti juga aktif melakukan round table dengan karyawannya untuk mendapatkan aspirasi.

Di sisi eksternal, dia bisa menggandeng kerja sama dengan berbagai pemain IT lokal, memberikan open source, dan mempromosikannya agar mereka bisa tumbuh menjadi besar.

Di bawah kendalinya, IBM mengadakan training secara rutin dan umum berupa program kombinasi e-learning secara rutin dan umum berupa program kombinasi e-learning yang diberi nama IBM Global Campuss. Dengan program ini, maka semua karyawan IBM dapat mempelajari berbagai kasus dan pengalaman yang terjadi pada IBM di negara-negara lain untuk dijadikan solusi bagi masalah yang mungkin dihadapi di Indonesia.

Pada tahun 2008, Betti akhirnya melepas jabatannya sebagai Presiden Director IBM Indonesia. Hal ini disebabkan keinginanya untuk bisa menciptakan karya dan kreatifitasnya sendiri. Berbekal pengalaman berharga saat meniti karier di IBM, Betti kemudian membuka perusahaan baru, yaitu QB Creative (PT. Quantum Business International) yang bertumpu pada modal intelektual dan kreativitas.

Sejak mengawali usaha barunya tersebut, perempuan yang lahir di Bandung, 2 Agustus 1960 lalu ini kemudian meluncurkan portal QB Headlines, dengan melalui portal ini diharapkan Betti bisa mencurahkan semua ide dan pemikirannya, mulai dari artikel tentang dunia kerja, karier sampai tips dunia usaha.

Tanpa diduga, usaha yang dilakukan melalui media online ini begitu sukses dengan omset yang sangat menggiurkan. Dan banyak user yang mengakses hingga ratusan pertanyaan disampaikan pada dirinya.

Selain QB Headlines yang berada di bawah PT. Quantum Business International juga membuka QB Architect, yang merupakan usaha perancangan dan pengembangan perumahan yang unik simpel, tapi kontemporer. Usaha ini juga mengalami kesuksesan.

Terdapat empat usaha yang berada di bawah PT. Quantum Business International, yaitu QB Headlines, QB Architect, QB Furniture dan QB Creative IT.

Tips Sukses Betti Alisjahbana 

Semakin menarik saat mengetahui seseorang berani keluar dari zona nyaman dan mencoba memulai bisnis yang mereka senangi. 

Orang yang tidak pernah mencoba memang tidak pernah salah, tetapi orang yang berani mencoba akan mengalami beberapa kali salah sebelum sampai pada yang benar.”- Betti Alisjahbana

Begitu dengan Betti Alisjahbana, terdapat beberapa tips sukses yang bisa menginspirasi, antara lain:

  • Kepemimpinan.

Seorang pengusaha harus menjadi seorang pemimpin. Hal ini dibuktikan Betti saat mampu meraih anugrah Country General Manager Excellent Award, bahkan setelah berhasil meraih prestasi besar tersebut, Betti semakin menunjukkan kepiawaiannya dalam memimpin perusahaan.

  • Ulet dan Serius.

Saat menjabat Presiden Direktur IBM Indonesia, Betti membangun mental kepemimpinannya dengan ulet dan serius. Hal ini terbukti dalam pencapaian pertumbuhan pendapatan, kepuasan pelanggan, dan peningkatan keahlian sumber daya manusia.

  • Memiliki keberanian, tekad yang bulat dan mental baja.

Betti membuktikan dirinya keluar dari zona nyaman. Keberaniannya pindah kuadran dari orang gajian dan menggaji orang patut diberikan jempol. Berbagai risiko dan halangan tidak membuat dirinya kewalahan, karena ia telah menanamkan sikap mental baja dalam mengerjakan sesuatu.

  • Terus berupaya melakukan peningkatan.

Perjalanan karir atau usaha yang baik adalah tetap dan selalu terus melakukan peningkatan dalam segala bidang.

Semoga informasi dan kisah sukses Betti Alisjahbana membangun “Quangum Business International” ini menginspirasi Anda, khususnya Anda yang ingin memulai usaha sendiri.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Betti Alisjahbana Membangun “Quantum Business International”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel