Tips Sukses Usaha Digital Printing

Berbicara tentang usaha, termasuk proses membangun bisnis adalah sesuatu yang menarik dan menyenangkan. Meskipun wabah pandemi Covid-19 mereda, namun hal ini tidak akan menghentikan kehidupan bisnis. Banyak hal yang bisa dilakukan dalam membangun bisnis ini, salah satunya dengan membuka bisnis yang disukai, digital printing salah satunya. Bagi mereka yang sudah berpengalaman, bisnis ini tentu masih memiliki prospek, tapi bagi mereka yang baru terjun, tentu membutuhkan informasi, termasuk salah satunya tips sukses usaha digital printing.

Tips Sukses Usaha Digital Printing
Usaha digital printing (Foto: belajargrafisonline.blogspot.com)

Saat ini dengan mudahnya mengakses teknologi dan kemudahan informasi membuat bisnis digital printing bisa dibuka dimana saja. Kalau Anda sering jalan-jalan ke mall atau pusat perbelanjaan, mungkin sering menjumpai gerai percetakan digital. Di tempat tersebut, Anda bisa mencetak langsung dengan pixel kecil smartphone, atau bahkan olahan digital lainnya.

Prospek Usaha Digital Printing

Dengan perkembangan dunia digital yang terus maju, ditambah kebutuhan bisnis, seperti promosi, kebutuhan acara, dan lain-lain, hal ini membuat mencetak foto bisa dilakukan dengan mudah dimana saja.

Bahkan media untuk mencetak bisa dengan mudah dilakukan, mulai dari kaos, mug, sampai ke berbagai media lainnya bisa dilakukan. Artinya, ini adalah sebuah peluang bisnis untuk mengembangkan usaha berbasis digital, dan murah. Apalagi saat ini banyak sekali perusahaan penyedia alat cetak digital berbagai media dengan harga yang sangat terjangkau. Seperti tinta, bisa diperoleh dengan harga murah dengan kualitas yang bagus.

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan saat membuka usaha bisnis digital printing, antara lain:

  1. Lokasi usaha.
  2. Modal kerja.
  3. Biaya operasional.
  4. Karyawan.
  5. Promosi.
  6. Pengendalian keuangan.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Hobi Fotografi.

1. Lokasi usaha.

Usaha bisnis digital bisa dikatakan sebagai usaha yang membutuhkan lokasi yang bagus, maka carilah lokasi usaha yang strategis dan sering dilalui orang. Atau bisa juga mencari lolasi yang dekat dengan kampus atau lingkungan kos-kosan.

Kalau ada anggaran berlebih, bisa menyewa di mall, dengan menyewa di mall, kita bisa memajang hasil produk digital di toko atau di tempat yang bisa dilihat lalu lalang orang. Namun bila belum punya modal yang cukup, bisa saja mencari rekanan untuk join sehinga bisa mendapatkan tempat yang strategis.

2. Modal kerja.

Sebagai sebuah bisnis, maka modal kerja mutlak diperlukan, dalam usaha digital prining, maka modal utama adalah peralatan cetak digital. Cara mendapatkannya cukup mudah yaitu membelinya di toko yang menjual peralatan komputer.

Selain modal di awal yang dikeluarkan tersebut tersebut, biasanya modal tersebut digunakan untuk menyiapkan tempat dan juga sewa lokasi.

3. Biaya operasional.

Kebutuhan utama untuk oprasional usaha digital printing adalah kertas media cetak, tinta cetak, dan  berbagai aneka penunjang, seperti bahan kaos dan mug. Pengeluaran yang dibutuhkan lainnya adalah biaya listrik dan biaya sewa tempat yang strategis.

Selain itu, juga perlu disisihkan biaya operasional untuk membayar gaji pekerja sebagai asitsen.

4. Karyawan.

Secara teknik, yang diperlukan pada awal usaha adalah asisten yang paham tentang cara mengoperasikan alat-alat cetak digital. Jika usaha semakin berkembang, bisa mencari karyawan yang paham tentang desain sehingga bisa menghasilkan produk yang up to date.

5. Promosi.

Promosi menjadi satu hal penting dalam proses mengenalkan usaha, trmasuk brand bisnis dan juga produk yang dihasilkan. Cara yang paling mudah dengan memajang hasil produk cetakan di konter.

Cara lain yaitu dengan membuat kartu nama unik dengan desain menarik, hal ini juga bagian dari promosi.

6. Pengendalian keuangan.

Keuangan dalam setiap usaha adalah hal yang vital. Yang perlu diperhatikan adalah bisnis digital adalah usaha yang padat modal dan berkembang dengan cepat. Oleh karena itu, investasi alat-alat cetak digital harus direncanakan sejak awal. Dengan semakin canggihnya alat-alat penujang, konsumen akan semakin senang dengan keunggulan bisnis digital yang kita miliki.

Di bawah ini akan disampaikan sedikit cara menghitung BEP atau titik impas secara sederhana, semoga bisa menjadi pedoman (Sumber: Buku “Peluang Usaha unuk Anak Muda” oleh Agoeng Widyatmoko), sebagai berikut:

Prospek Usaha Digital Printing

Itu dia sedikit informasi dan tips sukses usaha digital printing. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Usaha Digital Printing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel