Tips Sukses Bisnis Hobi Fotografi

Di era digital seperti saat ini, semuanya diberikan kemudahan, apalagi bagi Anda yang senang dengan dunia kreatif. Bahkan yang dulunya hanya sekedar fotografi, bisa menjadi pekerjaan utama, apalagi sejak wabah pandemi Covid-19 lalu, yang membuat banyak orang harus kehilangan pekerjaan, disaat inilah posisi tersebut menjadi lebih berperan. Banyak contoh yang sukses dengan bisnis hobi, salah satunya adalah hobi fotgrafi. Bahkan saat ini banyak cara agar bisa mendapatkan keuntungan dari kesenangan berfoto, berbagai informasi dan tips sukses bisnis hobi fotografi juga mudah didapatkan apalagi saat ini sudah banyak penyedia aplikasi fotografi yang mau menenerima hasil foto, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Tips Sukses Bisnis Hobi Fotografi
Bisnis hobi fotografi (Foto: pixabay.com)

Siapa yang mengira kesenangan memotret bisa memberikan pundi-pundi rupiah bagi mereka yang bisa memanfaatkan peluang tersebut. Apalagi saat ini dunia digital sudah semakin berkembang, semakin banyak aplikasi foto yang memberikan kesempatan untuk menjual foto hasil jepretan Anda. Tentu saja daripada hanya sekedar memotret kemudian tidak tahu hasilnya untuk apa, mengapa tidak mencari objek yang kemudian bisa membayar hobi kita ini.

Prospek Bisnis Fotografi

Saat ini semakin mudah bagi siapa saja untuk menikmati foto bahkan tidak hanya foto, dengan smartphone dan dengan harga terjangkau Anda sudah bisa menghasilkan gambar yang cukup bagus. Tinggal ambil foto, jepret, hasil fotonya pun bisa langsung dilihat di layar smartphone atau kamera.

Dengan kecanggihan teknologi tersebut Anda bisa melakukan eksperimen dengan mudah untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal dari objek foto tersebut.Yang menarik, untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan, Anda tidak perlu terlalu ahli, karena kecanggihan teknologi digital tersebut.

Baca juga: Tips Sukses Bisnis Salon Kendaraan.

Alat foto yang bisa digunakan pun bisa dipilih, bisa menggunakan smartphone atau kamera resolusi tinggi. Bahkan untuk smartphone tersebut bisa didapatkan dengan harga terjangkau. 

Sebagai catatan, apabila serius dengan hobi dan bisnis ini, maka carilah kamera digital dengan tingkat ketajaman atau pixel yang tinggi. Makin tinggi pixel, makin maksimal hasilnya, apalagi kalau bisa gonta ganti lensa tentu foto terbaik dan sempurna bisa didapatkan.

Untuk pendapatan, tenang saat ini dunia semakin berkembang, kalau dahulu foto harus dihias dengan menarik baru ditawarkan untuk menjadi misalnya kalender tempel. Tapi sekarang anda bisa menjualnya ke aplikasi digital, dan yang menarik Anda akan dibayar dengan dolar. Atau kalau Anda ingin mendapatkan dua penghasilan sekalibus online dan offline, tentu saja untuk offline Anda harus memiliki foto studio.

Tips Sukses Bisnis Fotografi

Menarik sekali memiliki hobi yang bisa menghasilkan. Apalagi hobi tersebut bisa menjadi sumber penghasian utama, menggantikan pekerjaan sebelumnya. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan untuk berbisnis fotografi, antara lain:

1. Lokasi.

Lokasi pada bisnis fotografi, apalagi di era digital sebenarnya bisa menjadi nomor yang kesekian yang dipertimbangkan. Hal ini dikarenakan tanpa memerlukan lokasi yang strategis, asal bisa memasarkan, bisnis fotografi masih bisa jalan, apalagi di era digital seperti saat i ini.

Tetapi apabila punya modal, mencari lokasi uaaha yang strategis menjadi hal yang cukup mendukung agar usaha juga cepat dikenal.

2. Modal kerja.

Tentu setiap usaha membutuhkan modal kerja. Dan modal kerja usaha imi adalah peralatan fotografi, bisa juga dengan smartpnone. Tetapi alangkah lebih baik bila menggunakan kamera yang di atas 5 mega pixel, apalagi kalau ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Terdapat beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti lampu studio, refkektor, dan alat studio lainnya sebagai penunjang.

3. Biaya operasional

Kebutuhan utama untuk operasional usaha foto seperti baterai untuk kamera, cetak album dan  pengeluaran untuk alat penunjang lainnya. Kalau perlu pakailah asisten untuk bisa mengatur proses foto.

4. Karyawan.

Secara teknis, sebenarnya hanya membutuhkan asisten yang membantu membawa peralatan dan bisa mengatur gaya. Setelah usaha semakin berkembang carilah asisten yang mengerti tentang usaha fotografi.

5. Promosi.

Salah satu unsur terpenting dari usaha yaitu bagaimana agar usaha semakin dikenal. Proses ini bisa dilakukan dari promosi mulut ke mulut atau bisa juga dengan bekerjasama dengan wedding organizer dan katering. Jangan lupa berbagi fee promosi bagi mereka (dicatat sebagai biaya dalam usaha Anda).

Terdapat cara lain untuk mempromosikan hasil karya, salah satunya dengan masuk menjadi anggota komunitas atau bisa di beberapa mailing list fotografer atau di berbagai situs penjualan foto online.

6. Sistem kendali keuangan.

Sama dengan bisnis lainnya, saran penting yang harus dilakukan adalah dengan memisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Sebaiknya hasil usaha disimpan atau diinvestasikan sebagian keuntungan untuk melengkapi alat-alat fotografi yang ada. Karena terkadang pandangan orang tentang bonafiitas usaha fotografi selain ditunjukkan dari hasil karya, juga dari kelengkapan dan kecanggihan alat yang dimiliki.

Untuk itu, berhati-hatilah dalam mengelola keuangan pada usaha ini, apalagi jika melihat perkembangan alat dan intensitas penggunaan alat terkadang membutuhkan biaya yang cukup besar.

Di bawah ini akan disampaikan sedikit contoh perhitungan usaha fotografi, semoga bisa menjadi pedoman (Sumber: Buku “Peluang Usaha unuk Anak Muda” oleh Agoeng Widyatmoko), sebagai berikut:

Tips Sukses Bisnis Fotografi
Contoh perhitungan usaha fotografi

Semoga informasi dan tips sukses bisnis hobi fotografi ini bermanfaat dan bisa menginspirasi Anda yang ingin sukses dalam bisnis fotografi.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Bisnis Hobi Fotografi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel