Kisah Sukses Bimada dengan Bakmi Raos

Kuliner memang tidak ada matinya, ambil contoh saat pandemi beberapa waktu lalu, meskipun banyak tempat kuliner yang harus mengikuti protokol kesehatan dengan hanya take away, atau banyak muncul ide baru, seperti bekerjasama dengan ojol (ojek online) hal ini menujukkan bahwa bisnis kuliner masih memiliki prospek. Prospek inilah yang membuat seorang Bimada berani membuka bisnis kuliner. Tertarik dengan kesuksesan sosok Bimada, di kesempatan ini akan disampaikan tentang kisah sukses Bimada dengan Bakmi Raos.

Kisah Sukses Bimada dengan Bakmi Raos
Sosok Bimada (Foto: finance.detik.com)

Kisah sukses seorang pengusaha memang menarik untuk diulas, begitu juga dengan kisah H.Bimada dengan bisnis waralaba atau franchise Bakmi Raos miliknya. Dengan mengusung moto “Berani Diadu Rasanya”, ternyata mampu mengendalikan waralaba makanan bakmi miliknya menjadi waralaba yang tumbuh pesat di tengah gempuran persaingan yang sangat ketat.

Kisah Sukses Pengusaha H. Bimada dengan Konsep Franchise Bakmi Raos

Siapa yang menyangka pengusaha kuliner sukses ini dulunya adalah seorang pekerja freight forwarder di daerah Jakarta Utara. Tetapi karena jarak antara rumah dan kantornya yang sangat jauh membuat dirinya mengundurkan diri, dan akhirnya mencoba untuk berbisnis.

Bersama dengan kakaknyan, Bima ikut bekerjasama dengan franchise restoran bakmi. Namun sayang, langkah awal berbisnis ini gagal, dan restoran franchisenya bangkrut dalam waktu setahun.

Kegagalan di bisnis pertamanya tidak menyurutkan tekadnya. Bima kemudian membuka gerobak mi ayam di Villa Bintaro, namum tidak sampai enam bulan bisnisnya gulung tikar. Meskipun demikian, Bima tetap mencari peluang bisnis di bidang makanan. Hal ini disebabkan, usaha makanan sarat dengan inovasi dan tidak ada matinya.

Rejeki nomplok namanya, tiba-tiba seorang teman menawarinya resep untuk membuat bakmi. Resep ini yang kemudian menjadi resep rahasia Bakmi Raos. Dari sini kemudian Bima menyulap garasinya menjadi warung yang digunakan juga sebagai pabrik dengan satu mesin pembuat mi. Warung bakmi ini kemudian diberi nama dengan ‘Bakmi Naga 27’.

Baca juga: Kisah Sukses Denny Delyandri dengan “Kek Pisang Villa”.

Untuk meluaskan usaha, Bima kemudian memutuskan untuk tidak hanya membuka warung saja, tetapi juga berjualan mi dengan gerobak dorong. Maka, Bima kemudian merekrut orang-orang yang ingin berjualan bakmi dengan gerobak. Benar saja, hasilnya tidak mengecewakan, dari hanya 3 gerobak hingga bertambah menjadi 10 geribak. Dan dalam waktu satu tahun gerobak yang dimilikinya mencapai 193 gerobak. Jumlah pedagang yang dilatihnya mencapai 200 orang. Namun sayang, dengan berjalannya waktu, banyak pedagang yang mengundurkan diri.

Melihat banyak yang mengundurkan diri, maka Bima kemudian beralih membangun usahanya secara profesional, dengan mewaralabakan produk Bakmi Raos.

Dan kerja kerasnya membuahkan hasil, tidak sampai 2 tahun, usaha Bakmi yang diwaralabakannya menunjukkan hasil yang luar biasa. Kesuksesan Bima dengan merk Bakmi Raos ini tidak lepas dari kejeliannya dalam mengolah sendiri semua bahan, mulai dari mi, bumbu dan juga resep. Bahkan tidak hanya ketiga hal tersebut, Bima juga berusaha meningkatkan standar rasa, pelayanan, dan harga yang kompetitip pada para pelanggan.

Dengan peningkatat standar dan kualitas tersebut membuat waralaba Bakmi Raos semakin diminati. Gerainya tidak hanya di Jakarta dan sekitarnya saja, tapi juga berkembang di sejumlah kota besar lainnya, seperti Bandung, Semarang Yogyakarta, dan berbagai kota lainnya di Indonesia.

Tidak puas dengan Bakmi Raos, Bima kemudian melakukan diversifkasi usaha dengan menjual sate, yang dinamakan dengan nama “Sate Sambas”, didalam gerai tersebut terdapat 3 jenis makanan dalam satu gerobak, yaitu sate, soto dan es campur.

Dan hebatnya, usaha yang dimulai dari garasi tersebut, berubah menjadi perusahaan dengan nama “PT Raos Aneka Pangan (ARP)”.

Tips Sukses Bimada dalam Meraih Sukses

Keberhasilan dan kesuksesan tidak lepas dari pengorbanan. Dan hal ini juga dilakukan Bimada saat meninggalkan jabatannya sebagai orang gajian.

Berikut tips sukses Bimada sampai bisa membangun PT. Raos Aneka Pangan, sebagai berikut:

1. Mempertahankan keaslian produk

Dalam bisnis kuliner, untuk memenangkan persaingan, kunci sukses yang harus dilakukan seorang entrepeneur, yaitu dengan mempertahankan keaslian produk. Hal ini dilakukan untuk menarik minat dan mempertahankan pelanggan, dengan mengolah sendiri semua bahan, muali dari mi, bumbu dan juga resep.

2. Memulai usaha dari kecil.

Untuk menapaki usaha, semua dilakukannya dari hanya sebuah garasi. Dan kini usahanya berkembang menjadi usaha yang besar.

3. Tahan banting.

Seorang sukses adalah mereka yang telah merasakan jatuh bangun dalam mendirikan sebuah bisnis. Dan mereka ini tidak asing dengan kegagalan, rintangan, dan juga tantangan.

4. Kerja keras.

Di dunia ini tidak ada seorang pun yang berhasil atau sukses tanpa kerja keras lebih dulu. Prinsip ini yang menjadi senjata utama Bimada. Terbukti, saat awal merintis usaha, Bima bekerja keras, dan menyulap garasinya sebagai warung sekaligus pabrik dengan satu mesin pembuat mi.

Itu dia sedikit kisah sukses Bimada dengan Bakmi Raos, semoga bisa menginspirasi.

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Bimada dengan Bakmi Raos"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel