Tips Sukses Berbisnis Onderdil dan Aksesoris Motor

Tips Sukses Berbisnis Oderdil dan Aksesoris Motor - Percayakah Anda pada kata-kata motivasi “di balik sebuah kesempitan pasti ada kesempatan, dan di balik kesempatan selalu ada peluang”? Sepertinya hal ini berlaku juga dengan kita saat ini. Setelah wabah pandemi Covid-19 beberapa waktu lalu, kita pasti masih berharap kita bisa menggunakan peluang di tengah kesulitan yang ada. Namun tahukah Anda meskipun kondisi masih belum membaik terdapat beberapa bisnis yang masih berpeluang untuk dimasuki, salah satunya adalah bisnis onderdil dan aksesoris motor. Kebutuhan menjadi kata kunci selain anak muda yang masih senang-senangnya bermain dengan motor kesayangannya, hal ini memberi peluang batas bisnis tersebut. 

Tips Sukses Berbisnis Onderdil dan Aksesoris Motor
Gambar ilustrasi (Foto: franchiseglobal.com)

Tidak dapat dipungkiri, kalau otomotif selalu lekat dengan anak muda. Jadi tidak mengherankan walaupun saat ini kabarnya bisnis masih lesu, tetapi karena berhubungan dengan selera anak muda, maka otomotif tetap berkembang. Bahkan saat ini tidak hanya para lelaki saja yang bergelut dengan otomotif, namun mulai muncul para wanita yang menekuni dunia otomotif. Dan tentunya dunia otomotif semakin berkembang mengikuti zaman, bahkan saat ini mulai banyak jenis dan model terbaru yang membuat dunia otomotif semakin menggeliat.

Prospek Bisnis Onderdil dan Aksesoris Motor

Dengan munculnya model terbaru keluaran pabrik, dengan model terkini, hal ini memberi peluang tersendiri bagi bisnis aksesoris untuk mempercantik kendaraan. Hal ini pula yang menjadi peluang bagi mereka yang mau memanfaatkan peluang untuk membuka bisnis onderdil dan aksesoris. Dan yang menarik, yang dijual pun mulai dari barang yang sederhana, seperti stiker, tutup pentil ban, knalpot, dan juga aneka bagian dari motor. Mulai dari merk China, pabrikan asli, semuanya bertujuan untuk memberi kenyamanan dan mempercantik kendaraan.

Untuk Anda yang hobi otak atik motor, dan suka dengan berbagai aksesoris motor, sebenarnya hal ini bisa menjadi peluang dan kesempatan. Istilahnya, sekali merengkuh dayung, dua tiga pulau terlampaui. Jadi hobi memperbagus motor, juga bisa melayani penjualam berbagai aksesoris untuk orang lain.

Baca juga: Tips Menjadi Entrepreneur Sukses untuk Anak Muda.

Berdasarkan informasi yang didapat, untung dari bisnis ini lumayan besar bisa berkisar antara 20% sampai 70% per item barang, tentunya tergantung dari mana mengambil barang tersebut. Apalagi jika sudah dipercaya oleh pabrikan yang memperoduksi onderdil dan aksesoris tersebut, untuk pembayaran bisa dilakukan secara tempo, dalam arti pabrikan besar yang sudah percaya biasanya memberikan kesempatan kepada kita dengan sistem bayar belakang.

Kemudian bagaimana bisa melihat dan mengetahui barang apa saja yang cepat laku? Cara yang paling mudah adalah saat ikut komunitas atau tongkrongan, Anda bisa melihat, apa saja yang sering diotak atik. Untuk motor yang paling sering diotak atik atau yang paling sering diganti biasanya velg dan knalpot, baru kemudian helm jenis sport, onderdil.

Untuk onderdil setidaknya lengkapi dengan onderdil yang paling dasar seperti kabel rem, busi, kampas rem dan beberapa onderdil lainnya. Dengan melengkapi toko kita, maka konsumen yang datang bisa mendapat semua kebutuhan hanya dari satu lokasi penjualan, yaitu di toko kita.

Tips Sukses Membuka Usaha Bisnis Onderdil dan Aksesoris Motor

Ada yang bilang membuka sebuah usaha butuh keyakinan, perhiungan yang kuat dan juga kesabaran. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan membuka bisnis onderdil dan aksesori motor, yaitu:

  • Lokasi.
  • Modal Kerja.
  • Operational cost.
  • Karyawan.
  • Promosi.
  • Sistem keauangan.

Baca juga: Tips Peluang Usaha “Bengkel Motor” Untuk Anak Muda.

Lokasi

Lokasi dalam bisnis offline menjadi kunci utama, termasuk bisnis onderdil dan aksesoris motor ini. Maka carilah lokasi yang dekat dengan kos-kosan, kampus, atau bisa juga lokasi yang dekat dengan lalu lintas kendaraan bermotor.

Modal Kerja

Modal kerja dalam hal ini adalah modal dalam bentuk dana yang digunakan untuk mebyediakan berbagai aksesoris dan onderdil motor. Seperti halnya penjual ritel, maka sebagai pedagang kita pun harus kulakan aneka barang ini ke dealaer atau distributor untuk mencari barang yang paling murah. Makin kecil harga yang dipoeroleh dari distributor, maka makin besar keuntungan yang bisa diraih dengan menjual barang yanb dijual tersebut.

Operational Cost

Untuk menjalankan usaha, hal utama yang harus diperhitungkan adalah biaya pengiriman barang. Hal ini disebabkan agar kita bisa memperoleh harga yang lebih murah. Selain itu, yang harus diperhitungkan juga adalah segala biaya yang menjadi biaya operasional.

Karyawan

Untuk usaha yang baru dibuka, cukup gunakan dua karyawan dahulu. Apalagi kalau Anda hobi mempercantik motor sendiri, tentunya konsumen akan lebih percaya padamu dibanding dengn karyawanmu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk memberikan pengertian dan pelatihan pada karyawan.

Promosi

Promosi menjadi salah satu hal penting dalam pemasaran. Untuk usaha yang baru dibuka, langkah awal yang bisa dilakukan adalah dengan menawarkan jasa kepada teman terdekat lebih dahulu. Bahkan dengan memberi jasa gratis agar terlihat ramai bisa menjadi tarik tersendiri.

Cara lain yang bisa dikakukan adalah dengan menyebarkan  brosur atau bisa memasang iklan di media, termasuk di media sosial.

Sistem Keuangan

Selain berbagai hal penting di atas, terdapat satu hal yang tidak boleh dilupakan, yaitu tentang rentang kendali keuangan atau bisa dikatakan tentang perputaran modal usaha. Karena tidak jarang, bagi anak muda sering lapar mata bila melihat keuntungan di depan mata. Saat uang sudah mulai nampak, pendapatan mulai meningkat, konsumsi pun meningkat pula.

Untuk mencegah hal tersebut, maka harus dipisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan usaha. Bahkan boleh saja mengambil sebagian keuntungan, tapi jangan lupakan investasi untuk memperbesar usaha.

Gambaran BEP Usaha Onderdil dan Aksesoris Motor

Berikut adalah gambaran perhitungan BEP (Break Event Point) atau titik impas  untuk usaha ini. Tentu saja yang disampaikan dalam perhitungan ini adalah gambaran sekilas, yang bersumber dari buku “Peluang Usaha untuk Anak Muda” yang ditulis oleh Agoeng Widyatmoko, yang setidaknya bisa menjadi acuan unuk mengetahui cash flow usaha.

Prospek Bisnis Onderdil dan Aksesoris Motor
Gambaran perhitungan BEP (Break Event Point) 

Semoga informasi “tips sukses berbisnis onderdil dan aksesoris motor” ini bisa memberikan gambaran untuk Anda yang ingin membuka usaha bisnis onderdil dan aksesoris motor. Semoga sukses.

Belum ada Komentar untuk "Tips Sukses Berbisnis Onderdil dan Aksesoris Motor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel