Tips Peluang Usaha “Bengkel Motor” Untuk Anak Muda

Indonesia masih memiliki pangsa pasar luas untuk pasar otomotif, bahkan berbagai produk motor terbaru dengan fitur lengkap selalu laris, tidak hanya dari satu merk, namun seluruh merk motor semua bisa Anda temui di Indonesia. Dengan adanya pasar motor tersebut, hal ini membuka peluang usaha tersendiri bagi mereka yang mau dan bisa memanfaatkan peluang tersebut. Untuk itu, kali ini akan disampaikan tips peluang usaha “bengkel motor” untuk anak muda.

tips-peluang-usaha-bengkel-motor
Motor Honda-CB modifikasi (Dokumen pribadi)

Tidak dapat dipungkiri bahwa usaha di bidang otomotif memang lekat dengan anak muda. Jadi, jangan heran jika perkembangannya pun sangat pesat. Bahkan, urusan kendaraan pun kini sudah tidak melulu menjadi urusan kaum pria. Belakangan para wanita pun mulai ada yang menekuni dunia otomotif. Sudah tentu hal ini akan makin membuat dunia otomotif semakin ramai. Dan hebatnya lagi, dunia otomotif pun makin berkembang mengikuti zaman. Jadi, peluang di bidang ini masih terbuka luas.

Peluang Usaha Bengkel Motor Terdekat 24 Jam di Era Saat Ini

Diantara berbagai bisnis yang berhubungan dengan dunia otomotif, maka bengkel motor menjadi salah satu pilihan. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan motor, apalagi kalau motor tersebut akan dimodifikasi atau kalau harus diperbaiki, termasuk membongkar dan mendadani, serta mempermak kendaraan agar lajunya makin ciamik dan kondisi tetap terawat. Karena itu bengkel selalu menjadi “klinik kesehatan” kendaraan yang paling dipercaya oleh para pemilik kendaraan.

Membuka bengkel motor apalagi bagi Anda yang masih pemula memang menjadi peluang, apalagi kalau melihat  perkembangan jumlah kendaraan yang setiap hari lalu lalang di jalan,  maka usaha membuka bengkel  motor sepertinya tidak ada matinya.

Baca juga: Tips Menjadi Entrepreneur Sukses untuk Anak Muda.

Untuk itu, bagi Anda atau kalian yang punya ketrampilan tertentu dalam urusan otak-atik kendaraan, membuka bengkel motor bisa menjadi salah satu bentuk usaha yang cukup menguntungkan.

Prospek membuka bengkel motor saat ini masih memiliki peluang. Coba lihat jumlah kendaraan di daerah kalian. Makin hari dijamin pasti makin bertambah jumlahnya. Hal ini dikarenakan, untuk memiliki kendaraan roda dua saat ini sangat mudah, sekarang ini dengan uang Rp500 ribu pun sudah bisa membawa pulang motor impian. Dan bagaimana dengan biaya servis? Biasanya ongkos ringan perbaikan kendaraan sekitar Rp15 ribuan ke atas. Sedangkan kalau yang kelas berat atau bahkan misalnya harus turun meşin, plus sekalian penggantian suku cadang kalau rusak, biayanya bisa menjadi lebih besar bisa mencapai ratusan ribu. Apalagi kalau bisa mendapatkan lokasi yang strategiş, misalnya di pinggir jalan besar, maka akan lebih mudah memasarkan jasa ini. 

Jika sehari minimal 10 motor saja dengan perbaikan ringan, Kalian bisa mengantongi keuntungan ratusan ribu. Ditambah lagi kalau “pasien” harus ganti suku cadang, keuntungan yang didapatkan bisa menjadi semakin berlipat.

Tips Membuka Usaha Bengkel Motor

Untuk memulai usaha bengkel motor ini, apa saja yang paling dibutuhkan? Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan dan dipersiapkan, antara lain: 

  1. Keahlian mengenali masalah yang biasa dialami kendaraan.
  2. Kemampuan dasar untuk menyelesaikan masalah tersebut. Karena, selain harus tahu se!uk-beluk kendaraan, juga harus tahu perkembangan teknologi terbaru di dunia otomotif sehingga nantinya benar-benar bisa menjadi “dokter” kendaraan yang bisa dipercaya. 

Yang diperhatikan saat akan membuka bengkel motor, antara lain harus diperhatikan dari sisi:

  • Lokasi.
  • Modal kerja.
  • Operational cost.
  • Worker.
  • Promosi.
  • Kendali keuangan.

Baca juga: Bisnis Hobi Lovebird di Masa Pandemi, “Worth It” Nggak Sih?

- Lokasi

Lokasi selalu menjadi kunci utama keberhasilan setiap usaha. Meşkipun tidak mutlak, namun jika bisa memperoleh lokasi yang tepat, minimal akan lebih mudah dijangkau calon pengguna jasa bengkel. Misalnya di pinggir jalan raya di mana lalü lintas kendaraan memang sangat tinggi. Di sini pun Anda harus pandai menarik perhatian orang dengan menunjukkan secara pasti keberadaan usaha de ngan membuat papan nama yang cukup besar

Cara lain yang bisa dilakukan, yaitu bisa dengan menyewa lokasi di pelataran parkir kendaraan. Misalnya di parkiran mal atau di kampus, dengan mengajak kerja sama pemilik lahan parkir agar mau memberikan sebagian jatah tempat untuk space membuka bengkel.  Nah, jika bisa mendapat lokasi seperti ini bisa dilakukan dengan membuka jasa ringan seperti tambal ban, ganti oli, dan servis ringan. Jadi, sembari orang melakukan aktivitasnya, setelah selesai mereka akan mendapati kendaraan yang lebih paten tanpa harus datang ke bengkel yang jauh dari lokasi kegiatan mereka.

Biaya sewa ini bisa sangat beıvariasi. Mungkin hanya sekitar Rp200 ribu sampai Rp 500 ribuan per bulan, tapi bisa juga lebih dari itu. Bisa juga dengan nego agar diberikan sistem pembayaran berdasar jumlah kendaraan yang maşuk ke bengkel, misalnya per kendaraan.

Dan juga “jangan kaget” bila nantinya usaha ini menjadi semakin besar, biasanya orang yang menyewakan pun akan menaikkan biaya sewanya. Untuk itu, sebagai solusi usahakan jika punya tabungan lebih dari usaha ini, coba mulai investasikan juga untuk membeli tanah atau bangunan yang bisa kamu jadikan tempat bengkel kemudian hari.

- Modal kerja.

Modal kerja yang utama usaha bengkel ini adalah berbagai peralatan perbengkelan. Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus disediakan seperti aneka spare part dasar, seperti busi, kabel rem, lampu motor, rantai, gear, oli, dan beberapa hal lainnya yang biasa diperlukan kendaraan bermotor.

- Operational cost.

Biaya operasional yang diperlukan untuk usaha bengkel motor ini yang utama adalah listrik, sewa tempat, dan pengadaan barang-barang kebutuhan dasar kendaraan bermotor. 

Selain itu, untuk di awal yang juga perlu dilakukan adalah mengalokasikan dana untuk biaya promosi dengan penyebaran broşür atau pasang ikian di media.

- Worker.

Untuk usaha yang masih dibuka di awal, pekerjanya cukup dua saja dulu. Apalagi, kalau memang hobi menyervis kendaraan sendiri, pasti banyak konsumen yang nantinya akan lebih percaya pada pekerjaanmu dibanding dengan karyawan yang mengerjakan. 

Usahakan juga mempunyai satu karyawan yang paling senior. Selain bisa menjadi supervisor, dia juga bisa menjadi tenaga tambahan untuk menambah pengetahuan dan karyawan yang lain seputar masalah kendaraan bemotor. 

Ke depan, jika makin berkembang, pertimbangkan untuk menambah karyawan untuk membantu kamu. Lama-lama, malahnantinya tinggal mengawasi saja tanpa perlu turun tangan sendiri.

- Promosi.

Unsur pemasaran yang paling penting yang harus dilakukan agar bisa dikenal, salah satunya adalah dengan melakukan ‘promosi’. Cara paling mudahadalah dengan memulai menawarkan jasa kepada rekan atau teman dekat dulu. Kalau perlu, pada awal proses pembukaan bengkel bisa dengan memberi jasa gratis pada motor yang akan ikut kejuaraan. 

Untuk kendaraan yang ditangani ini lakukan servis sebagus dan semaksimal mungkin sehingga kalau bisa maşuk minimal tiga besar. Biasanya, jika menang, orang akan mencari tahu siapa mekanik di balik motor yang juara.

Tapi, kalau belum ada yang mau, bisa dicoba dulu dengan cara tradisional, yaitu menyebar brosur atau bahkan kalau perlu pasang ikian di media. 

Jangan lupakan juga untuk mencari nama bengkel yang mudah diingat untuk usaha bengkel ini. Sebab, jika nantinya sudah mulai dikenal, nama ini akan jadi poin penting untuk bisa terus mengembangkan usaha ini. Bahkan nama ini juga bisa menjadi identitas.

- Kendali keuangan

Sekali lagi yang perlu ditegaskan, adalah jangan melupakan investasi. Boleh saja mengambil sebagian keuntungan untuk dinikmati, tapi harus diingat yaitu jangan lupakan investasi untuk memperbesar usaha bengkel motor Anda.

Contoh Menghitung BEP Bengkel Motor

Ilustrasi berikut ini hanya gambaran saja untuk menghitung Break Event Point (BEP) alias titik impas untuk usaha bengkel motor. Setidaknya bisa menjadi acuan untuk mengetahui cash flow usaha bengkel.

Berikut perkiraan BEP Usaha Bengkel, yang bersumber dari buku “Peluang Usaha untuk Anak Muda” yang ditulis oleh Agoeng Widyatmoko, sebagai berikut:

BEP-usaha-bengkel-motor

Semoga informasi dan tips peluang usaha “bengkel motor” untuk anak muda bermanfaat dan bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin memiliki usaha sendiri khususnya bengkel motor.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Peluang Usaha “Bengkel Motor” Untuk Anak Muda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel