Kisah Sukses Raymond Kroc

Siapa yang tidak tahu McD? Saat ini dengan berkembangnya dunia digital dan juga dunia informasi membuat semua orang tahu tentang segala hal, termasuk makanan fast food yang menjadi favorit semua orang, mulai dari anak-anak sampai dewasa menyukai McD atau McDonald’s ini. Namun di balik kesuksesan McD yang mendunia tersebut terdapat seseorang yang berperan besar mengembangkan makanan ayam goreng sampai mendunia, bahkan kisah sukses Raymond Kroc seorang mantan salesman ini menjadi orang yang berjasa mengembangkan McD.

Kisah Sukses Raymond Kroc
Raymond Kroc (Foto: autourdelafrance.com)

Kebanyakan orang hanya mengetahui tentang kebesaran fast food McDonald’s tanpa tahu siapa pemilik, bahkan yang berperan besar membuat makanan berbahan ayam ini dikenal di seluruh dunia.

Kisah Sukses Pengusaha “Ray Kroc” Seorang Mantan Salesman yang Sukses

Di balik sebuah kesuksesan pasti terdapat proses yang harus dilalui, dan hal ini berlaku pula dengan pria kelahiran 5 Oktober 1902 ini. Saat berumur 15 tahun, Kroc bahkan nekad mendaftar sebagai supir ambulance untuk palang merah pada Perang Dunia I. Ia tahu bahwa umurnya tidak mencukupi, akhirnya Kroc menuakan umurnya, dan akhirnya Kroc dikirim ke Connecticut untuk mengikuti pelatihan. Namun sayang, akhirnya dirinya tidak jadi berangkat ke Eropa, karena perang sudah berakhir.

Setelah perang, Kroc yang saat itu masih remaja mencari upaya agar bisa mendapatkan uang, kemudian Kroc menjadi pemain piano dan menjadi penjaja cangkir kertas untuk Lily Kulit Chup Cho, dan Kroc diperusahaan ini memiliki kinerja yang memuaskan dan sukses menjadikan Lily Kulit Chup Cho sebagai perusahaan dengan penjualan tinggi.

Baca juga: Kisah Sukses Amancio Ortega Gaona.

Di tengah kesibukannya menjual cangkir kertas, Kroc akhirnya bertemu dengan Earl Prince, penemu mixer yang bisa digunakan untuk milkshake. Prince akhirnya memborong semua cangkir kertas yang dijajakan Kroc, hal ini membut Kroc disebut sebagai salesman dengan prestasi gemilang. 

Akhirnya Kroc memutuskan keluar dari perusahaan cangkir kertas, dan akhirnya mencoba menemui Earl Prince, yaitu pria yang pernah ditemuinya saat berjualan gelas kertas, dan Kroc akhirnya bisa membujuk Prince unuk memberikan hak eksklusif memasarkan mixer.

Dengan keberhasilannya tersebut, akhirnya Kroc tekun bekerja dan benar saja 15 tahun akhirnya berhasil memasarkan produk ini di seluruh Amerika.

McDonald’s dan Awal Kesuksesan Kroc

Pada tahun 1954, Kroc memberi usul pada pemilik McDonalds bersaudara, yaitu sebuah restoran yang berpusat di California dan menjadi pelanggan loyalnya untuk membuka cabang baru. Tetapi sayang, oleh pemiliknya usulan Kroc tersebut ditolak.

Meskipun ditolak namun Kroc tidak berkecil hati, dari sinilah kemudian Kroc mendapat ide menjadi franchise McDonalds. Dan McDonalds bersaudara akhirnya menerima tawaran tersebut. Dan pada tahun 1955, Kroc membuka McDonalds yang pertama di Des Plaines, Illinois.

Ray Kroc yang sudah dikenal sebagai orang yang senang bekerja keras akhirnya sukses. Hal ini dibuktikan dengan laba yang dicapainya mencapai puluhan juta dolar. Dan puncaknya Ray Kroc berhasil membeli McDonalds Corporation dengan harga $2,7 juta dari McDonalds bersaudara. Dari sinilah keberuntungan mulai dirasakan Kroc.

Untuk meningkatkan profit, maka Kroc mendirikan Franchise Reality Corporation yang bertugas membeli tanah dan menjualnya ke franchise McDonalds dengan sistem kredit. 

Pada akhir tahun 1961, Kroc mulai menerima franchisee secara besar-besaran. Strateginya terhitung berhasil, keuntungan perusahaan pun meningkat. Sampai tahun 1965, jumlah franchisee-nya sebanyak 710 buah yang tersebar di 40 negara bagian Amerika dengan laba sebesar US $ 171 juta.

Dengan keberhasilannya dalam mengembangkan usahanya di Amerika, kemudian Kroc melebarkan bisnisnya sampai ke luar negeri, seperti ke Jepang, Inggris, Jerman, dan negara-negara lainnya.

Pertumbuhan yang sangat pesat tersebut membuat McDonalds menjadi kongsi restoran fast food terbesar saat itu. Keberhasilannya ini pun tidak membuat Kroc bergaya hidup mewah, namun Kroc selalu tampil sederhan. Ray Kroc, akhirnya meninggal dumia pada umur 81 tahun di Orange California

Tips Sukses Ray Kroc

Apa yang dicapai Kroc adalah bukti hasil kerja kerasnya. Kerja keras saja tidak cukup, harus dilandasi pula dengan karakter entrepreneurship dalam setiap langkahnya.

Terdapat tips sukses Ray Kroc dalam mencapai suksesnya, antara lain:

1. Pintar melihat peluang.

Kepiawaian Kroc dalam menapaki kariernya bisa diacungi jempol, karena Kroc jeli melihat peluang dalam mewaralabakan usahanya. Tidak heran dengan cara tersebut, Kroc mampu menjadi pebisnis yang dikenal jutaan orang.

2. Kerja cerdas.

Bagi seorang pengusaha, terdapat hal penting yang harus dilakukan, yaitu kerja cerdas, untuk bisa menciptakan profit. Hal ini dilakukan Kroc dengan mendirikan Franchise Reality Corporation yang bertujuan untuk meningkatkan perusahaan.

3. Gigih dan tekun.

Kroc adalah sosok orang yang memiliki semangat kerja tinggi yang membuat dirinya semakin gigih dan tekun dalam membangun bisnisnya. Kroc selalu mengabaikan rasa lelah dalam perjalanan usahanya, yang dibuktikan dengan semakin berkibarnya McD di seluruh dunia.

4. Memiliki kemauan yang kuat.

Kemauan yang kuat adalah tahap awal sebagai modal usaha. Dan Kroc memulai usahanya dengan kemauan yang kuat.

Itu dia, sedikit informasi dan kisah sukses Rahmond Kroc seorang mantan salesman. Semoga bermanfaat. 

Belum ada Komentar untuk "Kisah Sukses Raymond Kroc"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel