Mie dan Asal Usulnya

Nama kuliner ini tidak asing bagi kita, bahkan menjadi favorit semua kalangan, dari anak-anak, muda sampai yang tua semua menyukai sajian kuliner ini. Mie… sajian kuliner ini memang luar biasa, dimasak dengan bumbu dan resep apa pun sajian makanan ini sangat enak. Terlepas dari kelezatan sajian kuliner mie, mengerti tentang mie dan asal usulnya bisa menjadi tambahan informasi bagi Anda pecinta kuliner di Indonesia.

Mie dan Asal Usulnya
Lezatnya mie

Tidak dapat dipungkiri, mie menjadi ‘comfort food’ bagi kebanyakan orang di dunia, tidak hanya di dunia, di Indonesia sajian mie bisa disantap dengan berbagai makanan lainnya sebagai makanan pendamping, mulai dari daging sapi, daging ayam sampai bakso.

Asal Usul Mie

Membicarakan mie memang membuat penasaran. Ada yang bilang kalau mie ini berasal dari daratan China. Sepertinya ungkapan ini ada benarnya kalau mengacu dari Encyclopedia, yang menyampaikan bahwa mie beasal dari China Utara saat pemerintahan Dinasti Han (206 SM sampai dengan 220 SM), saat penggilingan gandum dengan skala abesar tersedia yang menyediakan tepung untuk membuat mein, mian atau mi, yang merupakan sebuatan mie dalam bahasa Tionghoa.

Baca juga: Mie Ayam Pangsit, Kuliner Legendaris yang Ternyata Bukan Makanan Asli Indonesia.

Proses pembuatannya pun selama berada-abad sama, mie ini ditarik dengan tangan atau diayun dengan tangan yang merupakan proses pembuatan mie yang sangat populer. Dengan koki menggenggam panjang adonan diantara dua tangan, kemudian merenggangkannya dengan cara melemparnya beberapa kaki, dan mengulangi lemparan dan memanjangkannya sampai adonan menjadi terbagi menjadi untaian adonan mie yang lebih tipis, dan akan menghasilkan mie yang lembut, halus dan kenyal.

Pada perkembangan berikutnya, terdapat berbagai variasi dalam proses pembuatan mie, mie pertama kali dipotong-potong dilakukan pada Dinasti Tang (pada 618 sampai dengan 907 M), dan pada Dinasti Yan sudah dilakukan proses pembuatan mie kering.

Dalam perkembangannya dan bermigrasinya masyarakat China ke seluruh dunia, mie bisa menyebar ke Korea, Jepang dan juga Asia Tenggara. Bahkan kata-kata ‘mie’ menjadi kata menerui atau men di Jepang, myun di Korea dan mee di Thailand.

Itu dia sedikit informasi tentang mie dan asal usulnya. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Mie dan Asal Usulnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel