Mie Ayam Pangsit, Kuliner Legendaris yang Ternyata Bukan Makanan Asli Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan kuliner yang satu ini, mie ayam pangsit dan berbagai jenis mie ayam memang sangat mudah ditemui di seluruh penjuru daerah di Indonesia. Rasanya yang enak dan gurih ditambah dengan lauk, berupa irisan ayamnya yang gurih membuat para pecinta kuliner, khususnya pecinta mie jatuh cinta dengan kuliner yang satu ini. Dengan mudahnya mengakses informasi, mungkin informasi ini akan membuat Anda kaget, karena mie ayam pangsit, kuliner legendaris yang ternyata bukan makanan asli Indonesia. Namun, meskipun bukan asli Indonesia, mie ayam ini tetap dicintai dan menjadi favorit para pecinta kuliner.

mie-ayam-pangsit-kuliner-legendaris
Mie ayam pangsit (Dokumentasi pribadi)

Sebenarnya terdapat dua hal penting bila berbicara tentang kuliner mie ayam pangsit, yaitu mie ayam dan pangsit.  Dan dua hal ini sepertinya tidak bisa dipisahkan. Coba saja kalau Anda lihat di berbagai penjual mie ayam, pangsit selalu menjadi tambahan makanan dalam mie ayam, layaknya krupuk kalau Anda sedang makan nasi. 

Lezatnya Mie Ayam Pangsit Terdekat 

Sama halnya dengan sajian kuliner lainnya, sepeti bakso, maka sajian kuliner mie ayam pangsit sering dijual bersamaan dengan kuliner bakso, Bahkan saat berkunjung di suatu kota yang disitu menjual kuliner bakso sebagai menu utamanya, maka mie ayam pangsit juga turut disajikan meski hanya sebagai sajian kuliner setelah bakso. Tapi jangan khawatir, sajian mie ayam pangsit selalu menggoda untuk dinikmati.

Mie Ayam Pangsit Terdekat
Salah satu tempat makan ""mie ayam pangsit"

Baca juga: Kuliner nusantara "mie ayam ceker".

Yang menarik, tentu saja keterkaitan antara mie ayam dengan pangsit. Dalam penyajiannya, penyajian pangsit dalam mie ayam juga bervariasi, ada yang dalam bentuk rebus atau bisa juga disajikan dalam bentuk goreng yang garing dan renyah. Bisa diistilahkan pangsit goreng itu sepertikerupuk, dan biasaanya  bagian renyahnya akan dibuat dengan bentuk yang lebih besar, dan hal ini berbeda dengan pangsit goreng yang biasanya ada di Bakso Khas Malang-an.

Sekilas Tentang Mie Ayam Pangsit

Sebagai sajian favorit, tentu saja mie ayam pangsit merupakan hidangan yang sangat populer. Dalam penyajiannya sehari-hari mie ayam ini terbuat dari mi gandum kuning yang sudah dibumbui dengan daging ayam yang diiris berbentuk dadu. Mie ayam pangsit ini sering pula dijumpai dijajakan oleh pedagang kaki lima hingga pedagang dengan menggunakan gerobak keliling yang biasanya menjajakan dagangannya di jalan-jalan dan juga di sekitar perumahan warga.

Sekilas Tentang Mie Ayam Pangsit
Sedang meracik mie ayam pangsit

Di balik rasanya yang enak dan gurih, ternyata mie ayam legendaris ini bukanlah makanan asli Indonesia namun berasal dari China Selatan. Mie ayam ini dibawa ke Indonesia oleh para pedagang-pedagang dari China yang kemudian menetap di Indonesia.

Daftar menu dan harga

Selain rasanya enak, dari berbagai mitos dan fakta, ternyata mie ayam ini paling enak dinikmati saat kondisi panas atau dalam keadaan hangat. Tentu saja yang menarik, akan sangat enak dan terasa sensasinya kalau dinikmati di dekat gerobak penjual mie ayam, rasa renyah pangsit menjadi lebih terasa ditambah dengan kuahpanas yang mengepul semakin menambah selera menikmati sajian mie ayam pangsit ini.

Semoga informasi kuliner tentang “mie ayam pangsit, kuliner legendaris yang ternyata bukan makanan asli Indonesia” ini bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda para pecinta kuliner Indonesia.

Belum ada Komentar untuk "Mie Ayam Pangsit, Kuliner Legendaris yang Ternyata Bukan Makanan Asli Indonesia "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel