Fluconazole, Si Obat Anti Jamur

Fluconazole, Si Obat Anti Jamur - Baru-baru ini Saudara perempuan saya mengalami gatal yang luar biasa. Dan yang membuat kami agak kebingungan adalah gatal tersebut berada di area kelamin yang tentu saja membuat kami sangat khawatir. Dan tentu saja datang ke dokter menjadi solusi praktis untuk bisa meredakan gatal tersebut. Dan menurut dokter, ternyata ada jamur yang menyerang organ kewanitaannya tersebut. Akhirnya yang menjadi rujukan obat adalah Fluconazole.

Fluconazole Untuk Apa?

Banyak sekali informasi yang ada di internet tentang jenis obat ini. Bahkan tentang keterangan obat ini juga disampaikan dr. Felicia Puspitasari (lifepack.id), yang menyampaikan bahwa Fluconazole adalah obat anti jamur yang sengaja diguakan untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh jamur. 

Selain itu, Fluconazole adalah anti jamur yang termasuk dalam golongan anti jamur kelompok triazole. Berdasarkan informasi, anti jamur ini yang paling banyak digunakan.

Fluconazole 150 mg
Fluconazole 150 mg

Fluconazole juga obat yang susah disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) untuk mengobati kandidiasis vagina, kandidiasis orofaring dan esofagus, peritonitis, infeksi saluran kemih dan juga infeksi sistemik.

Terdapat beberapa jenis obat anti jamur, namun yang sering digunakan dan juga direkomendasikan adalah Fluconazole Kimia Farma 150 mg.

Fluconazole 150 mg Dosis 

Berdasarkan petunjuk pemakaian dari berbagai website kesehatan, maka Fluconazole 150 mg kapsul merupakan obat anti jamur golongan imidazol sintetik, zat ini secara aktif bekerja dengan menghambat enzim sitokrom P450 yang merupakan enzim yang berperan dalam jalur biosintesis sterol pada jamur yang menghamabat pertumbuhan jamur.

Baca juga: Stugeron, Obat Manjur Saat Terkena Vertigo.

Sesuai dengan petunjuk standar, maka penggunaan obat ini sesuai dengn resep dokter. Sedangkan untuk mengobati  kandidiasi vagina dan juga kandidiasis penis, untuk dewasa sebesar 150 mg sebagai dosis tunggal.

Sedangkan untuk mengobati kandidiasis vagina berulang atau ≥ 4 kali dalam setahun, untuk dewasa ukuran 150 mg, 1 kali per 3 hari dengan total 3 dosis, yaitu padajhari 1,4 dan ke 7. Yang diikuti dengan doses pemeliharaan 150 g, 1 kali dalam seminggu selama 6 bulan.

Fluconazole Efek Samping

Terapat beberapa efek amping yang bisa saja timbul setelah mengonsumsi Fluconazole, seperti:

  • Sakit perut.
  • Sakit kepala atau pusing.
  • Mual.
  • Muntah.
  • Gangguan indra pengecap.
  • Rambut rontok.
  • Diare.

Apabila terjadi hal tersebut di atas atau tidak segera mereda segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih serius.

Fluconazole 150 Harga

Untuk harga Fluconazole 150 mg dalam satu biji di beberapa market place dijual dengan harga Rp. 29.700 per kapsul. Namun di Kimia Farma dijual dengan harga Rp. 27.750,-.

Fluconazole Kimia Farma 150 mg
Fluconazole Kimia Farma 150 mg
Itu dia sedikit informasi tentang “Fluconazole, Si Obat Anti Jamur”. Semoga informasi ini bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda apabila terjadi infeksi karena jamur pada anggota keluarga di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Fluconazole, Si Obat Anti Jamur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel