Molen, Jajanan Gurih Manis yang Dililit Lembaran Tepung

Apa yang bisa Anda bayangkankan tentang jajanan yang satu ini? Molen… Jajanan ini memang sering menjadi pilihan alternatif yang dipilih bila tidak menemukan gorengan. Sebenarnya prosesnya sama-sama digoreng, namun pada molen terdapat isian yang enak, mulai pisang, kacang hijau, coklat, keju dan berbagai isian lainnya yang membuat jajanan ini enak dan gurih. Molen, jajanan gurih manis yang diliit lembaran tepung ini selalu menjadi favorit para pecinta kue.

molen-mini
Jajanan molen

Pada umumnya, molen yang sering dikenal adalah molen dengan isian pisang, sehingga molen ini sering disebut dengan molen pisang atau pisang molen. Pada awalnya molen menggunakan isian pisang, disebabkan karena banyakanya pisang setelah panen, apalagi ditambah dengan rasa manis buah pisang, membuat pisang menjadi bahan dari makanan atau jajanan, begitu pula dengan pisang molen ini.

Molen adalah Kenikmatan Jajanan dengan Rasa Manis dan Gurih

Berdasarkan KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), molen merupakan makanan yang terbuat dari pisang, nanas, nangka dan berbagai isian lainnya, dengan potongan buah pisang yang kemudian dililit dengan lembaran tepung tipis yang kemudian digoreng.

molen-adalah
Molen mini isi kacang hijau

Baca juga: Basreng, Camilan Khas Sunda yang Lagi Hype.

Dikutip dari historia.id, molen hadir di era 90-an, hal ini juga diperkuat dengan pemberitaan majalah yaitu pada majalah dwi mingguan “Majalah Pertiwi” No. 102 edisi tanggal 19 Maret 1990, yang menyebutkan bahwa terdapat perbedaan antara pisang molen dengan pisang goreng yang sudah lebih dulu populer di tengah masyarakat. Disebutkan pula bahwa nama molen, berasal dari alat pemipih adonan yang digunakan untuk menipiskan adonan kulit molen ini.

Molen Mini Isi Kacang Hijau

Pada awalnya molen memang merujuk pada nama pisang molen yang merupakan salah satu hidangan ringan dengan isian potongan pisang yang kemudian dilapisi dengan gulungan lembaran adonan pastri yang kemudian digoreng dengan minyak.

molen-pisang
Molen dalam satu gigitan

Namun dalam perkembangannya, molen kini tidak hanya dengan isian pisang saja, namun berkembang dengan variasi isian yang lebih menarik, seperti isian kacag hijau, coklat, strawberi dan berbagai isian yang menarik. Diantara berbagai pilihan isian molen tersebut, maka isian kacang hijau menjadi isian yang paling menarik dengan rasanya yang manis hampir seperti isian bakpia patuk khas Jogja namun dengan gulungan lembaran adonan tepung.

molen-terdekat
Gerobak penjual molen

Bahkan cara membuatnya pun mudah, sebelum dibalut dengan adonan molen, terlebih dulu disiapkan adonan kacanng hijau sebagai isian , kemudian dibalut dengan adonan tepung tipis, baru digoreng dengan proses deep fry hingga berwarna kecoklatan.

Tertarik? Semoga sedikit tulisan tentang  molen, jajanan gurih manis yang dililit lembaran tepung ini bisa menjadi referensi kuliner Anda.

Belum ada Komentar untuk "Molen, Jajanan Gurih Manis yang Dililit Lembaran Tepung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel