Petai dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Petai… Bagi para pecinta kuliner, sayur yang sering dinikmati sebagai lalapan ini selalu menjadi makanan favorit. Apalagi ditambah dengan berbagai lauk ayam goreng, bebek goreng atau jengkol, menikmati petai menjadi sebuah kenikmatan tersendiri. Tidak hanya enak, ternyata mengonsumsi petai juga baik untuk keseaatan. Maka tidak salah kalau tema yang diambil kali ini adalah petai dan manfaatnya untuk kesehatan.

petai-indonesia
Petai (Foto: anonim)

Hanya dari baunya saja, orang Indonesia pasti langsung menebak bahwa bau yang menyengat tersebut berasal petai. Petai atau sering disebut dengan pete ini adalah salah satu makanan favorit orang Indonesia.

Petai Indonesia

Banyak hal menarik bila membicarakan tentang petai. Petai ini memiliki nama ilmiah Parkia speciosa adalah tanaman sayuran yang tidak hanya terkenal di Indonesia, namun juga terkenal di beberapa negara Asia lainnya, seperti Laos, Thailand, Singapura dan Malaysia. 

Petai memiliki ciri khas yang bisa dilihat dari bentuknya dengan bentuk bulat panjang dengan kacang berwarna hijau didalamnya. Dan akan berganti warna menjadi warna hitam saat petai tersebut telah matang.

Bca juga: Sambal Petai antara Kenikmatan dan Manfaatnya.

Selain ciri khas dari bentuknya, ada satu ciri lain yang sangat mudah dikenal, yaitu dari bau. Baunya yang sangat kuat dan merangsang ini disebabkan kandungan asam amino yang ada didalamnya.

Manfaat Petai

Meskipun terkadang petai dijaubi bagi mereka yang tidak kuat dengan baunya, ternyata petai memiliki mnfaat untuk kesehatan, hal ini disebabkan karena kandungan nutrisi yang ada didalamnya, seperti vitamin C, zat besi, vitamin B2, protein, fosfor, kalsium, polifenol yang merupakan mikronutrien antioksidan, flavonoid sebagai antiokasidan dan juga phytosterol yang bisa menurunkan kadar LDL.

Terdapat beberapa manfaat petai untuk kesehatan, antara lain:

  1. Mengurangi anemia dan tekanan darah.
  2. Bermanfaat untuk kekuatan otak.
  3. Mengatasi sembelit dan rasa mulas.
  4. Memerangi radikal bebas.
  5. Menjaga kesehatan jantung.
  6. Mencegah stroke.
  7. Mengobati bisul.

petai-besar
Nasi petai

1. Mengurangi anemia dan tekanan darah.

Petai banyak mengandung zat besi, hal ini akan mendorong pembentukan hemoglobin di dalam darah yang membantu berbagai kasus anemia. Tidak hanya itu, petai juga mengandung potassium. Hal ini membuat petai menjadi makanan ideal untuk mengatasi tekanan darah.

2. Bermanfaat untuk kekuatan otak.

Terdapat beberapa penelitian yang menyatakan bahwa buah atau sayur yang mengandung kalium bisa membantu seseorang meningkatkan raasa waspada dan juga meningkatkan daya ingat. 

3. Mengatasi sembelit dan rasa mulas.

Petai adalah sayur yang kaya akan serat, hal ini bisa memulihkan kembali aktivitas usus secara normal dan juga mengatasi sembelit tanpa mengonsumsi obat pencahar. Selain itu, petai juga memiliki efek antasida, sehingga bila terasa mulas petai membantu meredakan rasa nyeri yang muncul tersebut.

4. Memerangi radikal bebas.

Petai adalah salah satu sayur yang mengadung antioksidan tinggi dan dipercaya bisa menangkal efek radikal bebas pada sel tubuh manusia.

Radikal bebas dalam tubuh memiliki dampak buruk, yaitu pada kerusakan sel dan menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, katarak, jantung dan masih banyak penyakit yang diakibatkan radikal bebas.

5. Menjaga kesehatan jantung.

Petai juga baik untuk kesehatan jantung, karena memiliki kandungan serat, antioksidan dan kalium. Kalium adalah salah satu elektrolit dan mineral yang bisa menjaga tekanan darah agar selalu stabil, sedang serat dan antioksidan akan mencegah terbentuknya plak.

6. Mencegah stroke.

Penelitian dari New England Journal of Medicine, menyebutkan tentang manfaat petai untuk kesehatan, yang menyatakan bahwa mengonsumsi petai setiap hati mampu mencegah kematian akibat stroke sebesar 40%.

7. Mengobati bisul.

Petai juga memiliki manfaat untuk diet bagi mereka yang mengalami gangguan usus, karena petai memiliki tekstur yang halus dan lembut. Selain itu, petai juga berfungsi untuk menetralkan tingkat keasaman dan mengurangi iritasi dengan melapisi lapisan perut.

Semoga informasi tentang “petai dan manfatnya untuk kesehatan” ini bisa menjadi referensi untuk Anda,  termasuk bagi Anda yang masih ragu untuk mengonsumsi petai.

Belum ada Komentar untuk "Petai dan Manfaatnya untuk Kesehatan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel