Basreng, Camilan Khas Sunda yang Lagi Hype

Siapa yang tidak suka dengan camilan? Semua orang pasti menyukainya, menikmati camilan sambil melakukan aktivitas yang disenangi tentu sangat menyenangkan, apalagi kalau camilan tersebut adalah camilan favorit. Banyak sekali jenis jajanan yang disebut dengan camilan. Pada umumnya camilan memang selalu dikaitkan dengan makanan manis, seperti kue, kacang berondong dan berbagai jenis makanan yang disajikan dalam porsi kecil. Namun dalam perkembangannya, camilan ini berkembang tidak hanya dengan rasanya yang manis saja, namun ada pula yang disajikan dengan rasanya yang gurih dan juga pedas, seperti basreng. Basreng, camilan khas Sunda yang lagi hype saat ini memang pas dinikmati sebagai camilan saat sore hari.

basreng-pedas
Basreng, camilan khas Sunda

Saat ini, sangat mudah mendapatkan basreng ini, kalau dahulu sebelum ramai dan viralnya basreng, kita harus memesannya terlebih dahulu di gerai-gerai khusus apabila kehabisan, baru kemudian gerai tersebut mendatangkan lagi stock basreng dari Bandung. Namun saat ini sangat mudah mendapatkan jajanan atau camilan basreng ini, di berbagai tokp online, gerai oleh-oleh bahkan di penjaja kaki lima banyak yang menyediakan basreng dengan cita rasa pedas ini.

Basreng Pedas

Basreng, makanan ini adalah singkatan dari “baso digoreng”. Basreng merupakan camilan khas Sunda yang dibuat dari olahan baso, yang biasanya dibuat dari baso ikan yang kemudian diiris tipis kemudian digoreng. Dalam penyajiannya, basreng ini lebih sering disajikan dan dijual dengan taburan bumbu pedas, sehingga disebut dengan basreng pedas.

Baca juga: Seblak, Makanan Kekinian Khas Bandung.

Basreng bisa dikatakan sebagai keripik baso dengan teksturnya yang kering, renyah dan crispy. Basreng dalam proses pembuatannya dibuat dengan menggorengnya sampai garing secara tradisional menggunakan kayu bakar dengan bumbu alami yang khas sehingga membuat basreng menjadi keripik yang renyah dan gurih.

Basreng-daun-jeruk
Basreng, cemilan enak dan gurih

Rasanya yang pedas didapatkan dari cabai asli dan bukan dari cabai bubuk, yang membuat rasa pedas basreng menjadi rasa pedas alami, dan warna merah yang ada pada basreng menjadi warna merah alami.

Basreng Daun Jeruk, Pilihan Nikmat Khas Sensasi Daun Jeruk

Berbeda dengan basreng pedas, yang hanya menggunakan taburan cabai, maka berbeda dengan basreng daun jeruk. Sesuai dengan namanya maka basreng daun jeruk menggunakan daun jeruk sebagai salah satu bumbu dalam pembuatan bsareng.

basreng-100-gram
Basreng daun jeruk yang enak

Daun jeruk yang digunakan dalam campuran bumbu terlebih dahulu digoreng dan ditumbuk, baru kemudian ditambahkan dalam basreng.

Semoga informasi tentang “Basreng, camilan khas Sunda yang lagi hype” ini bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Basreng, Camilan Khas Sunda yang Lagi Hype"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel