Lezatnya Olahan Ceker Ayam

Siapa yang mengira ceker ayam yang sering dipandang sebelah mata ternyata bisa menjadi salah satu kuliner enak yang wajib dicoba. Bahkan lezatnya olahan ceker ayam bisa membuat para pecinta kuliner jatuh hati untuk menikmati segala macam olahan dari ceker ayam. Coba kalau kita amati perkembangan dunia kuliner saat ini, ceker ayam bahkan bisa menjadi sajian makanan kekinian dengan berbagai ragam jenis masakan seperti ceker pedas, ceker setan dan juga sebagai lauk pada sajian mi ayam.

ceker-ayam-tanpa-tulang
Kuliner ceker ayam

Siapa pun yang belum pernah menikmati ceker ayam pasti meragukan kelezatan bagian kaki dari ayam ini. Tidak ada dagingnya? Hhhhmmm… Jangan salah, malah dari bagian ceker ayam inilah bagian dari ayam yang paling gurih, meskipun yang bisa dimakan hanya sedikit, namun kelezatannya pasti membuat Anda ketagihan.

Kelezatan Olahan Kuliner Ceker Ayam

Ceker ayam… Dengan berkembangnya informasi dan dunia kuliner, ceker ayam menjadi salah satu masakan yang angat digemari, tidak hanya diolah dalam bentuk kuliner pedas, seperti ceker setan dan ceker pedas, namun juga diolah dengan berbagai bentuk sajian enak dan tentu saja menjadi favorit para pecinta kulner.

Baca juga: Pisang dan Manfaatnya untuk Kesehatan.

Ceker ayam adalah bagian dari kaki ayam yang memiliki tulang yang rapuh dengan kulit tipis, dan saat dimasak memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang kenyal. Berbicara tentang kuliner ceker ayam di Indonesia, maka banyak sekali varian ceker ayam yang bisa dinikmati, mulai darisajian ceker pedas, ceker goreng, soto ceker, semur ceker sampai ceker opor semua ada di Indonesia.

Manfaat Ceker Ayam

Selain kenikmatan kuliner ceker, ternyata ceker ayam memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Mengutip dari hellosehat.com, ceker ayam hanya memiliki kulit, tendon dan tulang yang kaya akan sumsum. Bahkan terdapat satu cara untuk bisa mendapatkan zat gizi dari ceker dengan cara merebus ceker untuk memperoleh kaldunya sehingga bisa dengan mudah mendapatkan zat gizi dalam ceker.

Mengonsumsi ceker ayam memang bermanfaat untuk kesehatan, hal ini disebabkan kandungan utamanya yang terdiri atas:

  • Folat (vitamin B9) yang bermanfaat untuk membantu sintesis DNA dan juga mencegah kelainan pada janin.
  • Kolagen, dari 70% total protein ceker merupakan kolagen, dan protein bisa memperkuat kulit, tenton, otot, tulang  dan juga ligament.
  • Glukosamin, senyawa ini berpotensi mencgah penyakit radang sendi atau bahkan nyeri sendi.

Ceker-ayam-pedas
Ceker ayam pedas

Terdapat tiga manfaat ceker ayam untuk kesehatan, antara lain:

  1. Mengurangi sakit sendi.  Hal ini disebabkan adanya kandungan kolagen yang berpotensi untuk menjaga kesehatan tulang. Selain itu, kolagen dapat mempertahankan kepadatan tulang dan juga melumasi persendian tulang. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa kolagen bisa merangsang regenerasi jaringan untuk mengurangi gejala osteoarthritis.
  2. Mencegah pengeroposan tulang. Dari penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 5 gram peptida kolagen per hari berpotensi  untuk meningkatkan kepadatan dan juga pembentukan mineral tulang, dan juga mengurangi pengeroposan tulang.
  3. Menjaga kesehatan kulit. Sebagai makanan yang kaya aka kolagen, tentu saja kolagen memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan kulit dengan meningkatkan kelembaban, elastisitas dan juga kepadatan kulit.

Namun, meskipun ceker ayam memiliki manfaat untuk kesehatan, maka dalam mengonsumsi ceker ayam Anda harus membatasi jumlah konsumsi ceker dan juga tetap mengimbangnya dengan sumber zat gizi lainnya.

Semoga informasi tentang “lezatnya olahan ceker ayam” ini bermanfaat dan menjadi referensi kuliner untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Lezatnya Olahan Ceker Ayam"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel