Nikmatnya Kuliner Rajungan

Kuliner masih menjadi bahan menarik untuk diperbincangkan, meskipun hanya sekedar mencicipi, namun kelezatan kuliner tetap menggoda siapa pun yang ingin menikmatinya. Kali ini nikmatnya kuliner rajungan menjadi topik mnarik kali ini. Banyak yang mengira kalau rajungan adalah kepiting, memang pada dasarnya sama, karena pada kelompok yang sama yang merupakan anggota dari famili Portunidae. Rajungan ini hanya ditemukan di laut karena bisa berenang dan juga sepenuhnya hidup dilaut. Dan yang membedakan rajungan dengan kepiting adalah rajungan memiliki capit yang lebih panjang dan juga tubuhnya pun lebih ramping bila dibandingkan dengan jenis kepiting lainnya.

Nikmatnya Kuliner Rajungan
Olahan kuliner rajungan

Berbeda dengan kuliner kepiting, kuliner rajungan memang masih sangat jarang yang menjualnya, berbeda dengan kuliner kepiting yang sangat mudah ditemukan di berbagai sudut kota di Indonesia, bahkan banyak tempat kuliner legendaris yang menjual kepiting, hal ini berbeda dengan rajungan, yang menyediakannya pun hanya tempat-tempat tertentu saja.

Kuliner Rajungan Yang Menggoda

Apabila Anda ingin mengolah rajungan sendiri, maka hal utama yang harus dilakukan adalah mengetahui bentuk fisiknya. Rajungan sebenarnya sangat mudah dikenali karena memiliki karapas yag lebar. Karapas rajungan berbentuk semitriangular dengan ornamen berbentuk titik-titik putih. Bahkan pada beberapa bagian dari karapas rajungan ini, bisa menjadi salah satu ciri khas kematangan kelaminnya.

Baca juga: Lezatnya Olahan Ceker Ayam.

Berbicara tentang kuliner rajungan, terdapat beberapa daerah yang sangat terkenal dengan kuliner rajungan ini, mulai dari Tuban, Jombang, Probolinggo dan beberapa daerah lainnya. Di Tuban, terdapat sajian kuliner berbahan rajungan yang terkenal yang disebut dengan kare rajungan. Di Tuban, sajian kare rajungan sudah menjadi menu andalan untuk makanan sehari-hari. Kuah karenya yang kental dengan rasanya yang pedas dan gurih rempah akan membuat para pecinta kuliner khususnya kuliner pedas akan ketagihan.

Kuliner rajungan yang menggoda
Kuliner rajungan yang menggoda

Terdapat beberapa alasan mengapa rajungan lebih disukai bila dibandingkan dengan kepiting, daging rajungan rasanya lebih enak bila dibandingkan dengan kepiting biasa dengan rasa yang lebih gurih dan lembut.

Manfaat Daging Rajungan 

Selain rasanya yang enak, mengonsumsi rajungan juga bermanfaat untuk kesehatan, terdapat beberapa manfaat yang didapatkan, antara lain:

  1. Mencerdaskan otak. Daging rajungan memiliki kadar asam lemak omega 3  yang bermanfaat untuk mencerdaskan otak.
  2. Meningkatkan kekebalan tubuh. Ini yang menarik, ternyata di dalam daging rajungan terdapat mineral selenium, asam lemak omga 3 dan juga kandungan protein yang bisa melindungi tubuh dari serangan berbagai bakteri dan virus.
  3. Meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini disebabkan adanya zat besi yang membantu meningkatkan produksi sel darah merah dan mencapai seluruh bagian tubuh.
  4. Mencegah penyakit kanker. Ternyata daging rajungan memiliki kandungan protein, dan juga mineral zinc yang berfungsi untuk melindungi virus dan bakteri yang menyerang tubuh, dan juga mencegah adanya radikal bebas dalam tubuh.
  5. Mencegah penyakit jantung. Hal ini disebabkan adanya omega 3 yang memiliki manfaat untuk tubuh, salah satunya mencegah penyakit kardiovaskule atau penyakit jantung.

Manfaat Daging Rajungan
Wow rajungannya sangat menggoda 

Itu dia sedikit informasi tentang nikmatnya kuliner rajungan dan juga manfaat mengonsumsi rajungan untuk kesehatan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda yang masih ragu saat akan mengonsumsi kuliner rajungan.

Belum ada Komentar untuk "Nikmatnya Kuliner Rajungan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel