UPS untuk PC di Rumah

UPS untuk PC di Rumah - Laptop atau PC (Personal Computer) adalah peralatan yang sudah biasa digunakan setiap hari oleh siapa pun yang bergelut dengan dunia digital, atau mereka yang membutuhkan komputer untuk pekerjaan menetap di kantor atau di rumah. Begitu pula dengan Saya yang saat ini menggunakan PC di rumah, karena aktivitas yang lebih banyak dihabis kan di rumah, untuk menulis, mengetik dan analisa data. Namun beberapa hari yang lalu terjadi sesuatu yang tidak disangka, yaitu PC di rumah yang biasa kami gunakan tiba-tiba mati total, yang terpaksa harus membawanya ke servis computer. Setelah itu, baru diketahui bahwa penyebab matinya komputer karena listrik mati mendadak yang berpengaruh pada komputer dan menyebabkan rusaknya hardware dan software.

ups-adalah-pencegah-rusaknya-komputer
UPS untuk penggunaan PC di rumah

Berbekal informasi dari tukang servis komputer  tersebut, maka untuk menghindari komputer mati mendadak saat bekerja karena listrik di rumah tiba-tiba mati, maka salah satu cara adalah dengan memakai UPS. Selama ini UPS memang banyak disarankan para pengguna komputer yang sudah terlebih dahulu menggunakan alat ini apalagi kalau listrik di rumah dalam keadaan tidak stabil. Namun, karena jarang terjadi listrik mati dan baru kali menggunakan PC  maka meremehkan saran ini menjadi hal yang membuat penyesalan saat PC di rumah benar-benar rusak dan harus mengganti berbagai hardware di dalamnya, dan juga data-data menjadi corrupt atau rusak.  Dan akhirnya, menggunakan UPS adalah pilihan terbaik bagi pengguna PC seperti saya.

UPS adalah  Pencegah Rusaknya Hardware dan Software Komputer

UPS? Apa itu UPS? UPS adalah kepanjangan dari Uninterruptible Power Supply, yang merupakan salah satu perangkat yang memiliki kegunaan sebagai back up power sementara  saat terjadi kegagalan pada sumber listrik utama dirumah.

Baca juga: WiFi Rumah Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasi.

UPS ini tentu saja akan melindungi perangkat elektronik saat terjadi kegagalan pada sumber listrik di rumah (PLN) yang akan menghindarkan rusaknya berbagai komponen-komponen utama pada perangkat yang menggunakan listrik sebagai powernya.

ups-komputer
Untuk dua perangkat, biasanya untuk harddisk dan monitor

Tentu saja menggunakan UPS seperti layaknya melakukan investasi jangka panjang, apalagi pengguna yang lebih sering bekerja dengan perangkat elektronik, khususnya komputer atau PC di rumah.

UPS Komputer dan Fungsinya

Lebih baik mencegah daripada mengobati atau mengganti berbagai perangkat, menjadi hal utama mengapa UPS menjadi penting. Sesuai dengan namanya, maka UPS berfungsi sebagai back up sementara saat terjadi listrik mati, maka pengguna alat-alat alektronik (komputer) bisa melakukan shut down secara benar dan menyimpan data dengan baik dan benar.

Tentunya shut down yang dilakukan secara benar akan menghindariterjadinya kerusakan pada komponen-komponen yang terdapat dalam perangkat komputer atau pun laptop.

fungsi-ups
Hanya untuk PC

Yang harus diingat adalah UPS hanya berfungsi sebagai back up sementara dan ‘BUKAN’ sebagai penstabil tegangan.

Fungsi UPS, antara lain:

  • Mengurangi risisko rusaknya perangkat elektronik (PC –Personal Computer).
  • Membantu, menyimpan dan mem-back up, dan untuk mematikan PC sesuai prosedur yang harus dilakukan.
  • Bisa untuk menstabilkn arus dan tegangan listrik.
  • Memperpanjang daya tahan PC.
  • Menghemat energi dan biaya listrik yang dikeluarkan.

harga-ups
UPS for PC only

Selain informasi di atas, yang perlu diketahui adalah ‘back up time UPS”. Back up time UPS ini memiliki dua jenis, yaitu yang standard dan custom. Untuk yang standar back up time-nya sekitar 5 sampai 10 menit karena menggunakan baterai di dalam UPS. Namun, untuk back up time custom, lama waktunya bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan karena menggunakan baterai diluar.

Itu dia sedikit informasi tentang “UPS untuk PC di Rumah” ini bermanfaat dan menjadi tambahan informasi bagi Anda.

Belum ada Komentar untuk "UPS untuk PC di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel