Pecel, Salad Tradisional Asli Indonesia

Siapa pun di Jawa Timur, bahkan di Indonesia sudah sangat paham dan mengenal kuliner yang satu ini. Makanan ini bahkan dikenal sebagai makanan merakyat yang selalu tersedia diberbagai kota. Pecel, salad tradisional asli Indonesia ini memang enak, gurih dan legit apalagi dengan berbagai sayur sebagai sajian utama makanan ini. 

pecel-lele; pecel-madiun
Pecel dengan taburan bumbu kacang

Kalau Anda senang traveling di berbagai daerah di Jawa Timur dan mencari makanan paling enak yang sering dicari, maka pecel akan menjadi salah satu makanan yang paling banyak dicari. Atau bahkan menuliskan 5 makanan pecel paling enak di suatu kota, maka disitu akan keluar hasil pencarian di internet, baik di blog kuliner atau pun vlog kuliner.

Asal Pecel

Pecel… Makanan yang diangagp biasa dan sederhana yang terdiri atas sayur rebus, seperti taoge, kacang panjang, kangkung, kubis dan kemangi ini memang sangat mudah ditemui, baik di jalan atau bahkan di berbagai tempat makan.

Pecel berasal dari kata “pecal” yang merupakan Bahasa Jawa, yaitu makanan  dari Jawa, yang biasanya disajikan dengan bumbu sambal kacang dan dicampur dengan berbagai jenis sayuran. Makanan ini sangat populer dan menjadi favorit masyarakat yang ada di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah dan juga Yogyakarta.

Baca juga: Manfaat Di Balik Kelezatan Telur Asin.

Pecel, secara etimologi (dalam Bahasa Jawa) diartikan sebagai “ditumbuk” atau ‘dihancurkan’. Dari berbagai referensi kuliner yang ada, maka pecel sudah ada dan sudah dinikmati para penduduk di Indonesia sejak abad ke-9 Masehi, bahkan sudah tercatat dalam berbagai kitab Jawa kuno, seperti Babad Tanah Jawi an Kakawain Ramayana. Tidak hanya itu, pecel juga tersebut dalam Prasasti Siman di Kediri.

Ciri Khas Pecel

Sebagai makanan sehat, maka pecel mempunyai ciri khas layaknya makanan sehat yang terdiri atas sayur yang sudah direbus, baru kemudian ditambahkan lauk yang diinginkan. Baru kemudian disajikan. sayuran yang digunakan sebagai bahan isi pecel, biasanya adalah kacang panjang, mentimun, tauge, ada yang pula menggunakan daun singkong, dan juga daun kemangi, baru disiram bumbu kacang.

pecel-ayam
Pecel dengan ciri khasnya

Bumbu kacang menjadi rahasia kenikmatan pecel karena biasanya memiliki rasa manis pedas, yang sengaja dibuat dari campuran bahan, seperti gula merah, kencur, cabai, garam, daun jeruk purut, kecombrang dan kacang tanah yang sudah disangrai, yang sudah ditumbuk dan diulek.

Pada saat penyajian pun, pecel bisa dikonsumsi dengan nasi atau lontong dengan pecel disajikan di atas nasi atau lontong. Atau bisa tanpa menggunakan nasi.

Itu dia sedikit informasi kuliner tentang “Pecel, salad tradisional asli Indonesia”. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi kuliner untuk Anda.

Belum ada Komentar untuk "Pecel, Salad Tradisional Asli Indonesia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel