WiFi Rumah Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasi

Siapa yang menyangka kalau internet sudah menjadi kebutuhan utama, layaknya makanan, internet sudah menjadi kebutuhan primer. Apalagi sejak merebaknya wabah pandemi Covid-19, dimana semua harus dilakukan di rumah, seperti WFH (Work Form Home) mulai dari belajar di rumah dan bekerja di rumah, semua dilakukan untuk mengurangi penyebaran wabah ini. Untuk memperlancar aktivitas tersebut tentunya dibutuhkan internet dari rumah dan sebagai media dibutuhkan WiFi untuk bisa memperlancar aktivitas tersebut. Namun apa yang terjadi bila ternyata WiFi di rumah lemot? Untuk itu, bahasan kali ini, akan membahas tentang WiFi rumah lemot, penyebab dan cara mengatasinya.

Kata “WiFi” saat ini sudah biasa kita dengar, bahkan di setiap tempat seperti cafĂ©, tempat minum kopi, kantor atau bahkan taman kota banyak yang sudah menyediakan WiFi. WiFi sebenarnya adalah singkatan dari Wireless Fidelity, yang merupakan media untuk menghantarkan komunikasi data tanpa kabel yang bisa digunakan untuk berkomunikasi atau mentranfer program dan data dengan kemampuan yang sangat cepat.

WiFi Rumah Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasi;
Foto: istockphoto.com

Dengan adanya kebutuhan internet tersebut, maka tidak salah kalau banyak yang memasang WiFi di rumah sebagai sarana untuk memperlancar pekerjaan yang harus dilakukan di rumah. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa berinteraksi dengan internet, mulai dari menggunakan paket data di smartphone, atau dengan memasang WiFi di rumah yang tentunya lebih hemat, karena bisa digunakan secara bersama antara anggota keluarga.

Penyebab WiFi Rumah Lemot

Menggunakan WiFi di rumah sebagai sarana komunikasi dengan internet memang sudah menjadi hal yang sangat penting. Namun apa yang terjadi kalau ternyata WiFi lemot, tentunya hal ini akan menghambat aktivitas yang dilakukan yang membutuhkan internet sebagai sarananya.

Tentunya internet lemot akan membuat hati jengkel, apalagi terdapat banyak pekerjaan yang harus dikirimkan saat itu. Namun jangan bingung, terdapat beberapa penyebab yang membuat WiFi rumah lemot (Liputan6.com), antara lain:

  1. Dinding rumah. Terdapat jenis bahan dinding yang bisa menyebabkan WiFi lemot, seperti marmer, beton, semen, batu bata dan juga plester.
  2. Terdapat furniture dari logam. Seperti diketahui bahwa bahan dari logam adalah sejenis konduktor yang bisa menyerap listrik. Oleh karena itu, agar koneksi internet tidak lemot, sebaiknya menjauhkan benda yang terbuat dari logam di dekat router.
  3. Adanya mesin cuci dan lemari es. Kaget juga begitu tahu ternyata dua benda ini bisa membuat internet lemot, hal ini disebabkan karena adanya peralatan listrik yang memiliki pipa yang dilengkapi dengan aliran air. Benda ini menjadi sangat berpengaruh pada sinyal WiFi. Dan juga meletakan WiFi di dekat mesin cuci akan berbahaya dan bisa menimbulkan risiko korsleting karena percikan air.
  4. Microwave. Microwave menjadi salah satu alat listrik yang memiliki spectrum frekuensi yang mirip dengan yang digunakan pada WiFi.
  5. Cermin. Siapa yang menyangka pemasangan cermin di dekat router WiFi bisa membuat lemot internet, hal ini disebabkan cermin bisa bertindak sebagai perisai yang membuat koneksi internet terpental, dan membuat kekuatan sinyal WiFi menjadi lebih lambat dan bisa menjadi tidak stabil.
  6. Drone. Ternyata drone bisa membuat WiFi di rumah menjadi lemot. Hal ini dikarenakan drone beroperasi pada frekwensi 2.4 GHz.
  7. Alat pemantau bayi. Alat ini juga disebut dengan baby monitor. Benda ini bisa menghasilkan gelomabang 2.4 GHz, yang sama kuatnya dengan gelombang WiFi, maka bila gelombang ini bertemu akan membuat koneksi internet WiFi akan terganggu.
  8. Lampu Natal. Mengambil informasi dari Brightside.me lampu yang diletakkan pada pohon natal menjadi penyebab WiFi rumah menjadi lemot, karena di dalam lampu natal terdapat chip berkilau yang bisa menghasilkan medan magnet dan bisa berinteraksi dengan gelombang listrik yang dihasilkan router WiFi rumah.

Mengejutkan bukan, ternyata benda-benda yang mempengaruhi WiFi lemot selalu ada di rumah dan sering diletakkan di dekat router WiFi rumah.

Cara Mengatasi WiFi Rumah Lemot

Setelah mengetahui berbagai penyebab WiFi rumah lemot, kini saatnya Anda mengetahui cara mengatasi WiFi lemot, yang tentunya bisa dilakukan sendiri. 

Baca juga: Tips Download Gambar di Google.

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi WiFi di rumah lemot, sebagai berikut:

  • Merestart router WiFi.
  • Jangan meletakkan router WiFi di lantai.
  • Menjauhkan router dari perangkat elektronik lainnya.,
  • Memeriksa kembali posisi router, misalnya meletakkan router kembali di tengah ruangan.
  • Mengganti router WiFi dengan router yang baru.
  • Melakukan upgrade antena router WiFi.
  • Mengarahkan antena router ke arah yang berbeda.
  • Gunakan WiFi Repeater, yang berfungsi untuk memancarkan kembali sinyal yang lemah kemudian memancarkannya kembali sinyal yang diterima dengan lebih kuat.

Semoga informasi di atas tentang “Wifi rumah lemot, penyebab dan cara mengatasinya” bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda saat mengatasi WiFi di rumah yang lemot.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "WiFi Rumah Lemot, Penyebab dan Cara Mengatasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel