Sambal Petai Ikan Peda

Salam kuliner… Semoga semuanya dalam keadaan sehat. Kali ini yang akan akan dibahas adalah tentang sajian kuliner tradisional khas Indonesia yang tentu saja selalu menjadi favorit para pecinta sambal. Sambal petai ikan peda, sambal ini memang sangat enak dan lezat. Bayangkan saja, kenikmatan sambal ditambah dengan kriuknya petai dan rasa gurih asin ikan peda menjadi satu kenikmatan dalam menikmati kuliner favorit.

sambal-petai-ikan-peda
Sambal petai ikan peda

Di beberapa daerah bahkan banyak yang mensyaratkan adanya tambahan ikan peda dalam bentuk tumis untuk menambah kenikmatan saat makan bersama. Bahkan hal ini melambangkan sebagai kekeluargaan dan sajian ini pun disajikan dengan alas daun pisang yang memanjang. Meskipun hanya sajian kuliner sederhana namun kenikmatannya nomor satu, yang akan mmbuat selera makan menjadi bertambah.

Lezatnya Sajian Sambal Petai Ikan Peda

Sambal memang hanya sebagai unsur pelengkap dalam menikmati makan, khususnya makan nasi. Namun siapa sangka meskipun hanya sebagai hidangan pelengkap, sambal ini memiliki peran penting untuk menambah selera dalam menikmati makanan yang disajikan. Begitu pula dengan sambal petai ikan peda. Rasanya yang nikmat menjadikan sajian sambal ini menjadi semakin lezat.

Meskipun ikan peda memiliki rasa yang asin, ternyata rasa asin ini yang membuatnya dicari para pecinta kuliner. Bahkan dengan mencampurnya dengan petai dalam satu sajian sambal, membuat rasa sambal menjadi lebih nikmat dengan cita rasa asin, pedas ditambah aroma petai yang khas, menjadi semakin penasaran untuk segera menyantap sajian sambal nikmat ini. 

Baca juga: Sambal Petai antara Kenikmatan dan Manfaatnya.

Sajian sambal petai ikan peda memang enak, bahkan ibu-ibu di rumah banyak yang menyediakan sajian sambal ini untuk sarapan dan makan siang. Namun bagaimana bila Anda yang masih sibuk bekerja dan tidak sempat memasak sendiri sajian sambal ini? Tenang, sekarang sudah banyak yang menyediakan dan menjual sambal petai ikan peda ini dalam bentuk botol dan kaleng yang bisa Anda bawa kemana-mana.

Manfaat Petai dan Ikan Peda di Balik Sajian Sambal Petai Ikan Peda

Bila Anda menganggap bahwa ini hanya sekedar sajian makanan biasa, sebagai pelengkap menikmati makan pagi, mungkin bisa benar. Namun, bila kita melihat ada manfaat yang terkandung dalam petai dan ikan peda, hal ini menjadi lain. Dan tentu saja Anda akan memfavoritkan sajian sambal yang satu ini.

Dalam beberapa sajian makanan lainnya, misalnya tempat kuliner yang menyediakan menu bebek goreng, pesona petai memang tidak bisa ditolak, dan banyak yang menyediakan sajian petai bersama sambal dan lalapan lainnya.

Tentu saja dua bahan ini, yaitu petai dan ikan peda,  memang bisa mengganggu konsentrasi, seolah ingin segera menikmati makanan yang telah disajikan. Khawatir akan bau mulut? Bagi pecinta petai, mungkin akan menganggap hal tersebut urusan nanti, yang penting makan petai dulu.

Meskipun banyak orang yang tidak menyukai petai karena aroma, namun petai memiliki banyak manfaat untuk kesehatan salah satunya, yaitu baik untuk pencernaan, kesehatan gula darah dan juga kesehatan jantung.

Selain manfaat yang terkandung dalam petai, ternyata ikan peda juga memiliki kandungan gizi yang baik. Ikan peda memiliki kandungan protein yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan protein ikan segar, yaitu sebesar 17% sampai 20%. Karena rasanya yang sangat asin, maka tidak heran bila ikan peda sering disajikan sebagai menu tambahan atau hanya sebagai menu pelengkap saja.

Menarik bukan? Semoga sedikit informasi tentang “sambal petai ikan peda” ini bermanfaat dan menjadi informasi kuliner untuk Anda para pecinta kuliner, khususnya pecinta sambal.

Belum ada Komentar untuk "Sambal Petai Ikan Peda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel