Manfaat Di Balik Kelezatan Telur Asin

Sering menikmati telur yang satu ini? Telur ini memang sangat enak, apalagi dimakan dengan sajian kuliner rawon kuliner khas Jawa Timur, membuat nasi rawon menjadi bertambah lezat. Telur asin… rasanya memang asin, bahkan tidak hanya disajikan bersama nasi, dimakan langsung pun rasanyatetap enak. Bahkan banyak artikel yang membahas tentang manfaat dibalik kelezatan telur asin, yang membuat kita tahu lebih banyak berbagai manfaat telur asin dengan mengonsumsi telur asin ini.

Telur Asin Brebes
Telur asin

Bahkan dari berbagai berita dan tulisan, salah satunya dari The Hongkong Cookery, menyebutkan bahwa telur asin adalah salah satu lauk yang sangat mudah sekali dijumpai, dan yang menarik, saat ini banyak orang yang menggunakan telur asin sebagai  bahan olahan masakan.

Telur Asin Brebes, Salah Satu Telur Asin Ternikmat

Berbicara tentang telur asin, maka bayangan di benak kita tidak lepas dari kota yang terkenal dengan telur asinnya yang enak dan masir, yaitu Brebes. Telur asin dari Brebes memang sedikit berbeda, tidak hanya enak, namun enak banget, apalagi dengan tekturnya yang masir, sedikit kasar dan berminyak.

Brebes memang menjadi sentra produksi telur asin, hal ini terlihat dari banyaknya peternakan bebek di kota ini, khususnya di daerah Pantai Randu Sanga. Tidak hanya kebetulan mengapa Brebes disebut sentra produksi telur asin, pada awalnya di Brebes sangat banyak peternakan bebek yang tentu saja memproduksi banyak telur asin setiap harinya. Dan untuk mengawetkan telur bebek tersebut agar masa konsumsinya bisa menjadi lebih lama, maka metode yang digunakan adalah metode pengasinan. Dan hal ini tidak hanya sukses membuat telur bisa bertahan, namun bisa menghilangkan rasa amis yang dikeluarkan telur bebek. Dan tentu saja metode ini kemudian digunakan oleh para petenak bebek di Brebes.

Baca juga: Seblak, Makanan Kekinian Khas Bandung.

Kalau berbicara tentang siapa yang mengawali pembuatan proses telur asin di Brebes, tersebutlah seorang suami istri keturunan China yang bernama In Tjiau Seng dan Tan Polan Nio, yaitu sekitar tahun 1950-an, saat itu telur asin menjadi makanan yang eksklusif dan dijual ke Jakarta. Dengan berkembangnya waktu proses produksi telur asin berkembang luas, tidak hanya di Brebes saja, namun berkembang sampai ke daerah lain.

Kandungan Gizi Telur Asin, Berapa Kalori Dalam Satu Butirnya?

Dibalik kelezatan telur asin apalagI yang masir, tentu saja yang menarik, telur asin juga mengandung gizi dan mineral yang bagus untuk tubuh.  Dari berbagai informasi, maka jumlah kalsium telur bebek sebelum diasinkan mengandung kalsium sebanyak 56 mg, namun setelah proses pengasinan mengandung kalsium sebanyak 120 mg. Dan yang menarik jumlah lemak dalam telurb ebek yang semula sebanyak 14,3 mg, setelah diasinkan menjadi 13,6 mg.

Mengapa jumlah kalsium bertambah setelah diasinkan? Hal ini disebabkan masuknya mineral garam pada bagian dalam telur yang tentu saja hal ini sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi.

Terdapat beberapa manfaat dengan mengonsumsi telur asin, selain manfaat kandungan gizi untuk kesehatan di atas, antara lain:

  1. Bisa memenuhi  kebutuhan nutrisi tubuh.
  2. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Menjaga kesehatan tulang.
  4. Mengandung berbagai vitamin baik, yaitu Vitamin A, B12, B Kompleks, Vitamin D dan E.

Menarik bukan? Semoga informasi tentang “manfaat di balik kelezatan telur asin” ini bermanfaat dan bagi yang belum pernah mencobanya bisa menjadi referensi apalagi dengan mengonsumsi telur asin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Di Balik Kelezatan Telur Asin "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel