Tape Singkong dan Manfaatnya

Siapa yang suka dengan tape? Rasanya manis asam emembuat makanan ini sering disajikan bersama dengan minuman hangat, seperti wedang tape atau bisa juga dimakan langsung. Dalam berbagai sajian kuliner seperti kolak terkadang juga memasukan bahan kolak seperti tape sebagai tambahn bahan yang membuat olak menjadi lebih enak.  Terlepas dari rasanya yang enak, kali ini akan disampaikan sedikit informasi tentang tape singkong dan manfaatnya. 

tape-singkong
Tape singkong

Sebagai makanan tradisional yang diperoleh dari hasil fermentasi, membuat tape singkong menjadi lebih popular dibandingkan tape dari bahan lainnya, seperti tape beras atau pun tape ketan. Tape singkong memang lebih banyak diperjualbelikan mulai dari pedagang keliling sampai dengan toko oleh-oleh. Makanan ini sering dijadikan camilan dan juga diolah sebaga bahan makanan enak.

Apa itu Tape Singkong?

Tape  singkong, dari namanya saja sudah jelas bahwa tape ini adalah makanan yang dibuat dari singkong. Pada awalnya singkong ini dikupas kemudian dicuci bersih, baru kemudian dipotong dan dikukus sampai matang dan empuk. Singkong yang sudah dikukus tersebut kemudian dibiarkan sampai dingin baru kemudian ditambahkan ragi tape.

tape-ketan
Tape singkong dalam wadah

Singkong yang sudah diberikan ragi, kemudian disimpan di dalam wadah tertutup atau wadah kedap udara, kemudian disimpan sampai matang ( tekturnya empuk) sampai menjadi tape. 

Baca juga: Manfaat Di Balik Kelezatan Telur Asin.

Rasanya yang manis, dengan tekstur yang empuk, sangat pas bila ditambahkan sebagai tambahan berbagai minuman, seperti wedang tape dan es campur. Atau bisa juga dibuat sebagai sajian kue, yaitu prol tape. Tape yang paing terkenal adalah tape khas Bondowoso Jawa Timur.

Manfaat Tape Singkong

Siapa yang menyangka, hanya dari sekedar tape singkong, bahan makanan tradisional ini sangat baik untuk kesehatan tubuh. Salah satunya adalah bisa meningkatkan imun tubuh dan juga baik untuk tubuh.

manfaat-tape-singkong
Tape singkong dibungkus daun pisang

Terdapat 12 manfaat mengonsumsi tape singkong, antara lain:

  1. Menguatkan fungsi-fungsi otot.
  2. Meningkatkan imunitas.
  3. Mencegah anemia.
  4. Melancarkan pencernaan karena berfungsi sebagai probiotik.
  5. Menurunkan kadar kolestrol.
  6. Membunuh radikal bebas di tubh.
  7. Mencegah penyakit hipertensi dan kardiovaskuler.
  8. Membantu mengobati jerawat.
  9. Meningkatkan gairah seksual.
  10. Sebagi anti inflamasi.
  11. Menghangatkan tubuh.
  12. Sebagai alternatif pengganti nasi.

Itu dia, sedikit infomasi tentang tape singkong dan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "Tape Singkong dan Manfaatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel