Seblak, Makanan Kekinian Khas Bandung

Kuliner dan bisnis sepertinya menjadi dua kata menarik yang bisa dibahas dalam setiap kesempatan. Bahkan membahas seblak dari sisi kuliner saja sudah membutuhkan banyak waktu, entah karena ingin membahasnya dari sisi kenikmatannya, asal usulnya atau bahkan cara membuatnya. Seblak, makanan kekinian khas Bandung, saat ini memang sedang naik daun. Begitu banyak gerai seblak dengan berbagai merk dan nama yang sangat menarik, dengan tujuan agar para pecinta pedas di seluruh Indonesia mau menikmati sajian makanan seblak ini.

seblak-terdekat
Seblak komplit

Dengan berkembangnya teknologi dan komunikasi dan juga kemudahan mengakses informasi, maka sangat mudah bagi siapa saja untuk mendapatkan informasi tentang seblak ini, yang membuat makanan ini mudah dikenal. Apalagi dengan harganya yang murah, membuat siapa saja tertarik untuk mencobanya.

Penasaran dengan Seblak? Datang dan Kunjungi Gerai Seblak Terdekat!!!

Siapa yang tidak mengenal seblak? Bahkan mereka yang belum pernah mencoba sajian makanan ini sudah bisa menebak bahwa makanan yang terbuat dari kerupuk dengan cita rasa pedas ini adalah makanan khas Bandung, dan saat ini sangat popular di berbagai daerah, khususnya di Jawa Barat.

Bagi para pecinta pedas, yang senang dan penasaran dengan sensasi makanan baru, maka mencoba membuat sendiri seblak menjadi kesenangan tersendiri. Membuat seblak memang gampang-gampang susah. Gampangnya karena bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan ini mudah didapatkan. Yang susah karena Anda harus bisa menakar sendiri kebutuhan bumbu dan bahan lainnya agar seblak yang Anda buat terasa lezat. 

seblak-ceker
Seblak dimsum komplit

Namun bila Anda tidak memiliki waktu untuk membuatnya sendiri, maka membelinya langsung di gerai terdekat atau bisa dengan memesannya melalui online menjadi pilihan terbaik. Dan yang menarik, di berbagai market place sudah banyak yang menjual seblak instan layaknya mie instan.

Makanan Seblak dan Sekilas Asal-usulnya

Mengambil informasi dari buku berjudul “Kumpulan  Resep Hits Instagram: 100+ Resep Andalan Dapur Bunda Nina”, menyebutkan bahwa seblak merupakan makanan khas Bandung dengan bahan dasar kerupuk aci. Ciri khas seblak yang juga menjadi rahasia nikmat seblak terletak pada penggunaan kencur yang bertujuan untuk menggugah selera makan dan juga seblak memiliki rasa pedas.

Baca juga: Samiler, Kerupuk Opak Tradisional Favorit.

Seblak sendiri mulai populer sekitar tahun 2000-an. Kata ‘seblak’ berasal dari Bahasa Sunda yang berarti ‘terhenyak’. Namun ada yang menyebut seblak sebagai makanan yang dibuat dari bahan kerupuk mentah yang dimasak dengan bumbu tertentu.

Dengan berkembangnya dunia kuliner dan semakin banyak cara mengolah seblak, membuat seblak menjadi berkembang termasuk isian dan topingnya. Bahkan ada yang menambahkan toping seperti telur, frozen food, mie, telur, ceker dan berbagai bahan lainnya. Tentu saja hal ini akan menggugah selera, apalagi dengan kuahnya yang pedas dan kental yang terbuat dari campuran cabai dan rempah-rempah membuat sajian seblak menjadi semakin lezat.

seblak-resep
Seblak nikmat

Meskipun kebanyakan menganggap seblak selalu disajikan dengan kuah, pada prakteknya terdapat dua jenis seblak, yaitu:

  • Seblak basah, seblak yang disebutkan ini seperti yang disampaikan di atas.
  • Seblak kering, berbentuk seperti kerupuk pedas yang hampir mirip dengan basreng atau baso goreng.

Seblak kering saat ini juga mudah ditemukan diberbagai supermarket dan penjual online dengan harga yang sangat terjangkau. Bahkan untuk seblak kering bisa dinikmati seperti camilan dan seperti kerupuk biasa.

Semoga informasi kuliner tentang “Seblak, makanan kekinian khas Bandung” ini bermanfaat dan bisa menjadi informasi dan referensi untuk Anda para pecinta kuliner pedas.

Belum ada Komentar untuk "Seblak, Makanan Kekinian Khas Bandung"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel