Makan Mie Instan dengan Nasi, Berbahayakah untuk Kesehatan?

Siapa yang bilang mie instan tidak enak? Pasti semua mengatakan mie instan ini sangat enak dan sedap, ditambah bumbunya yang merasuk membuat semua orang termasuk anak-anak sangat menggemari sajian makanan yang satu ini. Apalagi ditambah cara membuatnya yang hanya membutuhkan waktu singkat membuat jenis makanan ini banyak dikonsumsi semua kalangan. Apalagi saat mengonsumsinya ditambah dengan nasi putih, sungguh bertambah nikmat. Nah, pembahasan kali ini yang akan dibahas adalah “makan mie instan dengan nasi, berbahayakah untuk kesehatan?”.

Setiap orang di Indonesia pasti pernah merasakan kenikmatan dan kelezatan mie instan, mulai dari rasa soto ayam, kari, rendang, goreng, rasa ayam dan berbagai rasa khas tradisional Indonesia, semua ada di mie instan ini. Maka tidak heran bila Indonesia termasuk salah satu negara dengan tingkat konsumsi mie instan yang cukup tinggi.

Makan Mie Instan Setiap Hari Dicampur dengan Nasi

Sebagai pecinta kuliner yang selalu menikmati sajian makanan dimana pun, dan juga sering mencoba berbagai makanan instan, tentunya Anda sekalian pasti mengatakan bahwa mie instan adalah mie dengan rasa terbaik. Dan pasti Anda juga sering melihat banyak orang atau ibu-ibu di rumah menyajikan mie instan bukan sebagai bahan makanan pokok namun sebagai lauk. Setelah mengambil nasi beberapa sendok kemudian akan menambahkan mie instan sebagai lauk ditambah dengan berbagai lauk lainnya. Pasti Anda juga pernah mencicipinya dan rasanya sangat enak bukan?

makan-mie-instan-dengan-nasi
Makan mie instan dengan nasi (Dokumentasi pribadi)

Dan hal inilah yang menjadi perhatian kita kali ini, bukan karena alasan apa pun atau dengan menjatuhkan mie instan sebagai makanan yang berbahaya. Bukan.. bukan karena itu, namun dengan konsep selalu berhati-hati dan lebih baik mengantisipasi daripada mengobati menjadi perhatian kita kali ini.

Baca juga: Hidup Sehat dengan Protein, Buah dan Minyak Zaitun.

Dari berbagai sumber, termasuk juga artikel kesehatan, ternyata makan mie instan dengan menggunakan nasi, bisa menyebabkan kelebihan karbohidrat di dalam tubuh, meningkatnya hormon insulin, mengganggu fungsi pankreas sampai bisa meningkatkan risiko diabetes.

Memang tidak ada yang menyangkal bahwa makan mie instan dengan nasi memang sangat enak, hal ini disebabkan karena paduan rasa gurih mie instan dengan nasi yang lezat menjadikan rasa yang sedap dan membuat banyak orang memfavoritkan sajian kuliner ini.

Akibat Makan Mie Instan dengan Nasi

Berbicara tentang mi instan, tentunya menjadikan mie isntan sebagai lauk dari nasi membuat Anda harus mempertimbangkannya kembali. Terdapat beberapa efek samping mengonsumsi mie instan dengan nasi, antara lain:

  • Terdapatnya asupan karboidrat secara berlebihan di dalam tubuh.
  • Dikhawatirkan terjadi peningkatan risiko diabetes.
  • Mengganggu fungsi pankreas.
  • Meningkatkan terjadinya risiko obesitas.
  • Menjadikan perut menjadi buncit.
  • Dikhawatirkan berpotensi merusak organ tubuh, khususnya hati.
  • Meningkatkan risiko penyakit tekanan darah tinggi.

Dengan efek mengonsumsi  mie intan dengan nasi tersebut, tentu seharusnya tidak membuat takut, karena ada acara lain untuk bisa menjadikan mie instan menjadi lebih bernutrisi, salah satunya dengan cara menambahkan berbagai macam sayur, daging atau pun telur sebagai lauk atau sayur pendamping, dan mengganti bumbu mie instan tersebut dengan bumbu rempah-rempah asli.

Meskipun belum bisa dikatakan sebagai makanan yang 100% sehat, namun sedikit banyak bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi.

Semoga informasi dan sedikit saran dengan judul “makan mie instan dengan nasi, berbahayakah untuk kesehatan?” ini bisa bermanfaat dan selalu mengingatkan kita untuk selalu menjaga kesehatan.

Belum ada Komentar untuk "Makan Mie Instan dengan Nasi, Berbahayakah untuk Kesehatan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel