Ada Apa dengan “Kucing Rumahan”?

Hewan ini sangat sering terlihat di sekitar kita,tentu saja bentuk dan kelakuannya yang lucu selalu menarik perhatian? Hewan apa ini? Pasti mudah untuk menebaknya… “Kucing”, ya hewan ini memang sangat lucu, apalagi dengan bulu-bulu halusnya membuat semua orang yang menyukai hewan selalu penasaran untuk memegangnya. Nah yang menjadi pertanyaan adalah ada apa dengan “kucing rumahan”, tentunya banyak hal yang bisa digali tentang jenis hewan lucu dan imut ini.

ada-apa-dengan-kucing-rumahan
Kucing rumahan yang lucu (Dokumentasi pribadi)

Sampai saat ini, kucing rumahan menjadi salah satu hewan peliharaan favorit, bahkan tidak hanya itu banyak pula mitos yang berkembang tentang kucing ini, selain mitos juga banyak hal dan fakta tentang kucing yang selalu menarik untuk dibahas. Dengan bulunya yang halus, muka yang lucu, ekspresi yang menakjubkan dengan berbagai macam corak bulu yang bervariasi membuat siapa pun pecinta kucing tertarik untuk memeliharanya.

Kucing Rumahan Adalah Hewan Peliharaan yang Sangat Populer

Dari dahulu sampai saat ini, kucing menjadi salah satu hewan peliharaan yang paling disukai. Kucing atau biasa disebuh dengan kucing rumah atau kucing rumahan adalah hewan yang memiliki nama ilmiah: Felis silvestris catus atau Felis Catus merupakan sejenis mamalia karnivora dari rumpun keluarga Felidae.

Kucing Rumahan Adalah Hewan Peliharaan yang Sangat Populer
Tingkah kucing rumahan di rumah (Dokumentasi pribadi)

Baca juga: Tips Memelihara Kucing di Rumah.

Kata “kucing” ini biasanya ditujukan pada kucing yang sudah dijinakkan. Hal ini sudah terlihat sejak dulu, bahwa kucing kucing sudah ada sejak 5.000 tahun Sebelum Masehi, yang dibuktikan dengan ditemukannya kerangka kucing di Pulau Siprus. Bahkan sejak 3.500 Sebelum Masehi, orang Mesir Kuno sudah menggunakan kucing untuk melindungi lumbung hasil panen dari serangan tikus.

Makanan Kucing Rumahan

Memelihara kucing juga memiliki kewajiban yang sama dengan memelihara hewan peliharaan lainnya, seperti memberi makan terbaik untuk kucing di rumah agar tidak mudah sakit. Kucing rumahan tentunya sangat berbeda dengan kucing luar yang terbiasa menghabiskan waktunya di luar rumah.

Makanan Kucing Rumahan
Kucing rumahan yang imut (Dokumentasi pribadi)

Ada banyak alasan mengapa kucing  membutuhkan nutrisi khusus (purina.co.id), menyampaikan berbagai alasan mengapa kucing rumahan baik kucing ras atau pun kucing persia membutuhkan nutrisi khusus, antara lain:

  • Potensi hairball yang lebih tinggi. Dapat dipahami bahwa kucing yang tinggal di dalam rumah sangat memiliki potensi terkena hairball dibandingkan kucing yang menghabiskan hidupnya di luar rumah. Maka bisa dipahami mengapa kucing bila hidup di alam luar, biasanya kucing makan rumput sebagai diet alami untuk mengurangi potensi hairball.
  • Kebutuhan kalori yang lebih rendah. Hal ini disebabkan karena kucing yang ada di dalam rumah memiliki aktivitas yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan kucing yang hidup di luar rumah. Apabila makanan yang dikonsumsinya mengandung terlalu banyak kalori, akan membuatnya cepat gemuk.
  • Bau kotoran. Dengan kucing yang harus tinggal di dalam rumah, maka terdapat hal yang harus dipertimbangkan, khususnya tentang kebersihan rumah. Maka dibutuhkan makanan kucing yang memiliki formulasi khusus untuk mengurangi bau pada kotoran kucing. Dan untuk mengurangi bau pada kotoran kucing tersebut, maka makanan kucing harus mengandung cukup serat.

Dengan adanya kebutuhan akan nutrisi tersebut, sekaligus untuk perawatan kucing rumahan maka makanan kucing harus memiliki kandungan nutrisi esensial, prebiotik alami dan juga serat yang tidak larut untuk kesehatan saluran pencernanan dan juga bisa mengurangi bau paada kotoran kucing.

Semoga informasi tentang kucing dengan judul  ada apa dengan “kucing rumahan” ini bermanfaat dan bisa menambah informasi tentang kucing, khususnya bagi Anda yang ingin memelihra kucing di rumah.

Belum ada Komentar untuk "Ada Apa dengan “Kucing Rumahan”?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel