Tips Memelihara Kucing di Rumah

Tips Memelihara Kucing di Rumah  - Hewan  yang satu ini sering sekali dijumpai di rumah, entah sengaja dipelihara atau datang sendiri, kucing selalu menjadi hewan yang menarik. Bahkan banyak diantaranya yang sengaja memelihara dan merawat kucing. Ternyata, siapa yang mengira kalau memelihara kucing sudah dilakukan sejak lama yaitu sejak 7500 sebelum masehi, di wilayah Mediterania. Bahkan karena lucu dan bisa menjadi salah satu hewan yang jinak, kucing pada akhirnya menjadi hewan piaraan di rumah. Namun, untuk memelihara kucing diperlukan cara tersendiri, agar rumah tetap selalu bersih dan sehat. 

Kucing sendiri memiliki banyak ragam dan jenis, mulai dari Munchkin, Angora, kucing Persia, bahkan yang tidak kalah yaitu memelihara kucing kampung. Namun, meskipun kucing kampung, kalau dipelihara dengan baik, juga akan menjadi kucing yang bagus.

Tips Memelihara Kucing di Rumah;Memelihara Kucing di Rumah dan Cara Merawatnya;
Memelihara kucing di rumah

Memelihara Kucing di Rumah dan Cara Merawatnya

Lucu… selalu menjadi alasan mengapa kucing sering menjadi pilihan sebagai hewan yang dipelihara di rumah. Selain lucu, tingkah laku kucing ini sering menggemaskan. Sama halnya dengan hewan lainnya, banyak hal yang harus diperhatikan saat memutuskan untuk memelihara kucing di rumah.

Baca juga: Tips Mudah Mengusir Tikus dari Rumah.

Sebagai pecinta kucing, tentunya Anda sering membaca berbagai tips yang menjelaskan bagaimana agar kucing selalu sehat. Kali ini juga akan dibagikan cara merawat dan memelihara kucing di rumah, sebagai berikut:

  1. Pahamilah kebutuhan makan untuk kucing. Banyak sekali kejadian kucing terlihat kegemukan bahkan banyak juga diantaranya yang terlihat kurus. Memahami kebutuhan pakan kucing juga sangat diperlukan untuk Anda yang memilih kucing sebagai hewan peliharaan. Untuk kebutuhkan makanan kucing, maka langkah awal yang bisa dilakukan adalah menghitung berat badan kucing. Kucing dari berbagai referensi membutuhkan makanan sebanyak 2% dari berat tubuhnya, selain itu biasakan juga memberi makan dua kali sehari, hal berbeda untuk anak kucing, bisa lebih bayak, frekwensinya bisa 4 sampai 6 kali.
  2. Rutin membawa kucing ke dokter. Sama halnya dengan anjing atau pun hewan peliharaan lainnya, maka kucing juga harus diperlakukan sama saat dipelihara di rumah. Kucing juga harus dibawa ke dokter hewan untuk mendapatkan perawatan rutin, seperti vaksin anti cacing, suntik anti rabies dan berbagai perawatan lainnya.
  3. Memandikan kucing secara teratur. Memandikan kucing menjadi hal yang wajib dilakukan, apalagi kalau kucing tersebut berkeliaran dengan bebas di dalam rumah. Dan jangan lupa untuk menggunakan shampo dan sabun khusus kucing, agar tidak mudah rontok saat dimandikan. Bersihkan juga telinga, gigi dan kuku kucing agar terhindar dari kuman dan bakteri. Jangan lupa gunakan air biasa atau air dingin saat memandikan kucing.
  4. Memperhatikan jenis makanan yang diberikan. Kucing adalah jenis hewan yang masih satu kerabat dengan hewan pemakan daging lainnya, seperti harimau, singa dan sejenisnya. Oleh karena itu, kucing menjadi satu bagian dengan hewan yang disebutkan diatas yaitu sebagai hewan pemakan daging. Untuk itu, hanya berikan makanan, seperti daging hewan baik ayam, ikan atau daging sapi. Dan juga hindari memberikan makanan berupa  sayur, karena akan sulit dicerna. Alangkah lebih baik memberikan makanan kucing siap saji dari produsen makanan kucing, pemberian makan berupa sayur dan nasi akan membuat kotoran kucing menjadi lebih berbau.
  5. Mengajarkan kucing untuk buang air pada tempatnya. Sama halnya dengan anak kecil, mengajarkan kucing untuk buang air kecil atau buang air besar pada tempatnya menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, sedikan tempat khusus atau litter box berisi pasir sebagai tempat buang air kucing.
  6. Memberikan kandang atau tempat untuk tidur sendiri. Lebih baik memberikan kandang di luar rumah untuk kucing, dengan kandang berukuran besar.
  7. Memelihara kebersihan kandang dan juga peralatan lain. Terkadang hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti tiba-tiba kucing muntah, sehingga kandang menjadi kotor, yang membuat kandang atau pun sisa kotoran pada litter box harus dibersihkan secara rutin.
  8. Menyikat bulu kucing secara teratur. Aktivitas ini akan menghilangkan rambut kucing yang mati, bakteri dan juga kuman pada bulu kucing.

Memiliki kucing yang lucu dan bagus, tentunya akan membuat hiburan tersendiri bagi sang pemilik, Namun memiliki juga harus siap untuk memelihara dengan baik kucing tersebut. Semoga tips memelihara kucing di rumah tersebut bermanafaat, khususnya untuk Anda yang ingin memelihara kucing di rumah.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memelihara Kucing di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel