Sejarah Singkat “Universitas Udayana”

Sudah memiliki kampus tujuan favorit setelah menyelesaikan sekolah? Pasti sudah dong. Tentu sudah banyak kampus dan perguruan tinggi yang menjadi tujuan melanjutkan sekolah. Ini dia, salah satu PTN (perguruan tinggi negeri) di Bali yang bisa menjadi pilihan, yaitu Universitas Udayana (UNUD). Mengapa harus Universitas Udayana? Tentunya banyak alasan mengapa harus memilih perguruan tinggi di Bali ini, selain karena UNUD adalah salah satu kampus terbaik di Indonesia, tentunya salah satunya adalah atmosfer internasional yang lebih terasa. Namun di balik daya tariknya tersebut, mengetahui sedikit sejarah singkat “Universitas Udayana” menjadi hal yang penting juga.

Sejarah Singkat “Universitas Udayana”
Universitas Udayana (Foto: pelayananpublik.id)

Informasi :

  • Singkatan/sebutan: Unud.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Kampus Bukit Jimbaran, Denpasar, Bali dan Jl. PB. Sudirman, Denpasar, Bali.
  • Telepon: 0361 - 223797.
  • Website: https://www.unud.ac.id

Sejarah Singkat “Universitas Udayana”

Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Pada awalnya adalah Fakultas Sastra (FS), Fakultas Kedokteran (FK), Fakultas Kedokteran Hewan dan Peternakan (FKHP), serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang merupakan cabang dari Universitas Airlangga, Surabaya, di Denpasar. 

Pada tahun 1963, FKIP kemudian diubah menjadi Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) dan bernaung di bawah IKIP Malang. Lima tahun kemudian, IKIP ini dijadikan dua fakultas (Keguruan dan Ilmu Pendidikan) dan menjadi fakultas dari Universitas Udayana.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Pendidikan Indonesia”.

Pada perkembangannya, sekitar tahun 2005 Universitas Udayana memiliki 10 fakultas, program pascasarjana untuk Spesialis 1, Magister (S2) dan Doktor (S3), dan program diploma. Selain itu, terdapat pula program eksistensi di lima fakultas (Ekonomi, Hukum, Sastra, Teknik, dan Pertanian) dan juga kelas paralel D4 Pariwisata.

Universitas Udayana mempunyai dua kampus dengan pemandangannya yang indah dan dekat dengan kawasan pariwisata dunia, Nusa Dua. Satu kampus di Denpasar untuk program pascasarjana, diploma,eksistensi dan juga program spesialis. Sedangkan satu kampus yang lain di Bukit Jimbaran yang diperuntukkan bagi program S1 reguler.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Udayana”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di Universitas Udayana.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Udayana”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel