Informasi Beasiswa “Yayasan Toyota & Astra”

Meraih sukses adalah harapan dan impian setiap orang, termasuk yang sudah menyelesaikan kuliah dan bisa meraih gelar sarjana. Namun, diantara sekian orang yang sudah menyelesaikan kuliah dan meraih gelar sarjana, tentunya masih ada yang ingin melanjutkan studinya ke tingkat S2 dengan berbagai harapan. Namun bagaimana bila ternyata harapan tersebut berbanding terbalik dengan kenyataan, misalnya karena keterbatasan biaya? Hal ini akan menjadi masalah tersendiri, namun kini jangan kuatir karena terdapat beasiswa yang bisa membantu Anda dalam proses pembiayaan untuk melanjutkan S2, salah satunya informasi beasiswa “Yayasan Toyota & Astra”.

Beasiswa  “Yayasan Toyota & Astra”
Beasiswa  “Yayasan Toyota & Astra” (Foto: datariau.com)

Beasiswa Kuliah “Yayasan Toyota & Astra”

Yayasan Toyota & Astra (YTA) merupakan organisasi nirlaba yang ingin membantu pemerintah Indonesia di bidang pendidikan . YTA didirikan oleh PT. Toyota Astra Motor dan PT. Astra International, dua perusahaan otomotif, pada tanggal 9 Oktober 1974.

Baca juga: Informasi Beasiswa “Forum Indonesia-Nederland (FINED)”.

Setiap tahun Yayasan Toyota & Astra memberi bantuan, termasuk beasiswa, kepada mahasiswa dan kalangan akademisi lainnya. Program beasiswa yang dikuncurkan oleh Yayasan Toyota & Astra, meliputi Beasiswa Reguler S1, Beasiswa Politeknik, Dana Bantuan Penelitian Tesis bagi Program Pascasarjana, Dana Bantuan Kegiatan Ilmiah Mahasiswa dan Beasiswa Program Pascasarjana.

1. Beasiswa Reguler S1.

Keputusan penerima beasiswa diumumkan Yayasan Toyota & Astra melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan. Kewajiban penerima beasiswa adalah melaporkan Indeks Prestasi (IP) setiap semester secara kolektif melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan sebagai bahan evaluasi Yayasan Toyota & Astra.

Syarat:

  • Mahasiswa-mahasiswi berkebangsaan Indonesia.
  • Khusus mengambil bidang studi: Teknik (Jurusan Mesin, Elektro, Arsitek, Sipil, Teknik Kimia, Teknik Industri, Teknik Lingkungan dan Teknik Informatika), MIPA, Perikanan, Kehutanan.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,80.
  • Berasal dari keluarga berpenghasilan rendah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kampus, yang dikeluarkan oleh Ketua Jurusan dan Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, dan/atau Kelurahan.
  • Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima beasiswa/ikatan dinas dari lembaga atau instansi lain.
  • Permohonan diajukan secara kolektif melalui Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi.

2. Beasiswa Politeknik.

Keputusan penerima beasiswa diumumkan Yayasan Toyota & Astra melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan. Penerima beasiswa wajib melaporkan Indeks Prestasi (IP) setiap semester secara kolektif melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan sebagai bahan evaluasi Yayasan Toyota & Astra.

Syarat:

  • Mahasiswa-mahasiswi berkebangsaan Indonesia.
  • Menekuni jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Sipil, Teknik Lingkungan, Teknik Kimia,Teknologi Informatika.
  • Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,60 (skala 4) atau 6,50 (skala 10).
  • Berasal dari keluarga berpenghasilan rendah yang dibuktikan dengan surat keterangan dari kampus, dan/atau Kelurahan.
  • Belum bekerja tetap dan tidak sedang menerima beasiswa/ikatan dinas dari lembaga atau instansi lain.
  • Permohonan diajukan secara kolektif melalui Pembantu Direktur Bidang Kemahasiswaan masing-masing perguruan tinggi.

3. Dana Bantuan Penelitian Tesis bagi Program Pascasarjana.

Program bantuan ini ditujukan bagi staf pengajar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dari seluruh Indonesia atau staf lembaga penelitian milik pemerintah (LIPI/BPPT) yang akan atau sedang melakukan penelitian untuk keperluan tesis pada program pascasarjana di PTN Indonesia. Sifat dana yang diberikan Yayasan Toyota & Astra ini tidak mengikat.

Pemberian dana akan diberikan dalam dua periode . Periode pertama, jika pengajuan pada Januari sampai Mei, akan diberikan pada Juli. Periode kedua, bila pengajuan pada Juni sampai November, dana akan diberikan pada Desember. Jika penelitian sudah selesai, setiap penerima bantuan berkewajiban menyerahkan 1 (satu) salinan laporan untuk dokumentasi Yayasan Toyota & Astra.

Syarat:

  • Staf pengajar perguruan tinggi negeri atau staf lembaga penelitian milik pemerintah (LIPI/BPPT) yang sedang melanjutkan studi pascasarjana (S2 atau S3) di PTN di Indonesia.
  • Indeks Prestasi minimum 3,50 bagi jenjang S2 maupun S3.
  • Bidang studi penelitian dititikberatkan pada Bidang Teknik (diutamakan Teknologi Otomotif) dan pelestarian lingkungan hidup.
  • Mengisi formulir asli dari Yayasan Toyota & Astra.
  • Melampirkan rekomendasi rektor universitas asal.
  • Rekomendasi direktur/dekan pascasarjana dan promotor.
  • Fotokopi proposal penelitian yang berisi antara lain jadwal kegiatan, perincian dana, dan daftar pustaka.
  • Tidak sedang menerima beasiswa dari lembaga/instansi lain.

4. Dana Bantuan Kegiatan Ilmiah Mahasiswa.

Dana ini adalah dana yang disediakan Yayasan Toyota & Astra yang khusus diberikan kepada mahasiswa melalui Himpunan Mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan ilmiah. 

Kegiatan ilmiah tersebut bisa berupa seminar, simposium, kongres, maupun pameran yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditekuni. Setelah kegiatan selesai, penerima dana bantuan wajib melaporkan kepada Yayasan Toyta & Astra dengan menyertakan 1 (satu) salinan laporan sebagai dokumentasi Yayasan Toyota & Astra.

Syarat:

  • Seminar atau kegiatan ilmiah.
  • Dikelola oleh Himpunan Mahasiswa.
  • Kegiatan tersebut mendapat persetujuan Dekan dan Pembantu Rektor/Pembantu Direktur.
  • Tidak bertujuan komersial.

5. Beasiswa Program Pascasarjana

Program beasiswa pascasarjana ini sifatnya tidak mengikat. Bantuan diberikan Yayasan Toyota & Astra kepada staf pengajar Perguruan Tinggi Negeri  (PTN) diutamakan yang berlokasi di luar Pulau Jawa.

Dosen yang bersangkutan sedang melanjutkan studinya di Universitas Indonesia (UI), ITB (Institut Teknologi Bandung), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Airlangga (Unair).

Besarnya beasiswa bervariasi menurut kota tempat penerima beasiswa melanjutkan studi pascasarjana-nya (S2). Bagi mereka yang memenuhi persyaratan dan lolos seleksi akan diberitahu melalui surat yang dilampiri dengan berkas-berkas (formulir) yang harus diisi oleh yang bersangkutan. Penerima beasiswa wajib melaporkan  hasil studinya setiap semester kepada Yayasan Toyota & Astra.

Syarat:

  • Staf pengajar PTN yang ditugaskan mengambil studi program pascasarjana (Jenjang S2) di UI, ITB, IPB, Unpad, UGM, Undip atau Unair.
  • Berusia tidaklebih dari 35 tahun.
  • Tidak sedang mendapatkan beasiswa dari lembaga atau instansi lain.
  • Bidang studi dititikberatkan pada bidang Ekonomi dan Studi Pembangunan, Teknik, MIPA, Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan.
  • Mengirimkan surat permohonan kepada Yayasan Toyota & Astra, dengan melampirkan:

    1. Daftar riwayat hidup.
    2. Rekomendasi/surat penugasan dari rektor universitas asal.
    3. Surat keterangan diterima di program S2 di salah satu perguruan tinggi tersebut di atas.
    4. Esai dalam bahasa Indonesia sepanjang 3.000 kata tentang motivasi mengambil program pascasarjana dan rencana pemanfaatan ilmu yang diperoleh.

  • Surat permohonan yang sudah dilengkapi dokumen lengkap diserahkan kepada Yayasan Toyota & Astra. Beasiswa diberikan pada masa belajar setiap semester sejauh yang bersangkutan dapat mempertahankan pencapaian IP minimal 3.00, namun jangka studi tidak lebih lama dari dua tahun atau empat semester.

Untuk informasi selanjutnya, silakan menghubungi:

  • Alamat: Jl. Yos Sudarso, Sunter II, Jakarta 14339.
  • Telepon: 021 - 6515904.
  • Website: www.toyota.astra.co.id/YTAWEB/

Semoga informasi beasiswa  “Yayasan Toyota & Astra” tersebut bermanfaat untuk Anda. Namun sebagai catatan, Anda harus meng-update informasi terkini terkait beasiswa tersebut, karena dikhawatirkan terdapat perubahan informasi termasuk cara-cara dan persyaratan pendaftaran.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Beasiswa “Yayasan Toyota & Astra”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel