Sejarah Singkat “Universitas Lambung Mangkurat”

Memiliki tujuan untuk sukses adalah harapan dan impian setiap orang, begitu pula Anda yang saat ini sedang di tingkat sekolah menengah atas atau akan lulus SMU, pasti sudah memiliki tempat kuliah impian. Di antara berbagai pilihan perguruan tinggi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya maka Universitas Lambung Mangkurat bisa menjadi pilihan terbaik, apalagi kampus ini adalah kampus tertua dan ternama di Kalimantan Selatan. Maka tidak salah kalau kali ini Anda mengetahui sejarah singkat “Universitas Lambung Mangkurat”. 

Sejarah Singkat “Universitas Lambung Mangkurat”
Universitas Lambung Mangkurat (Foto: youniversity.id)

Informasi tentang “Universitas Lambung Mangkurat”

  • Singkatan/sebutan: Unlam.
  • Status: Negeri.
  • Alamat: Jalan Brigjen H. Hasan Basry, PO. Box 219, Banjarmasin dan Jalan Jenderal A. Yani, Simpang Empat, Banjarbaru, Banjarmasin.
  • Telepon: 0511 - 302593, 302594, 7402283.

Sejarah Singkat “Universitas Lambung Mangkurat”

  • Pengelola: Universitas/Perguruan Tinggi.

Universitas Lambung Mangkurat berdiri atas inisiatif dan jasa pejuang kemerdekaan Republik Indonesia di Kalimantan Selatan. Pada 17 Mei 1949 mereka memproklamasikan Pemerintahan Gubernur Militer ALRI Divisi IV Kalimantan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Divisi Lambung Mangkurat di bawah pimpinan Gubernur Militer Hasan Basri.

Pada waktu reuni Kesatuan Tentara Nasional Indonesia (TNI) Divisi Lambung Mangkurat di Desa Niih, Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan tanggal 3 sampai 10 Maret 1957 mereka membentuk Dewan Lambung Mangkurat dengan beberapa rencana kerja, diantaranya mendirikan sebuah perguruan tinggi di Kalimantan.

Baca juga: Sejarah Singkat “Universitas Padjajaran”.

Pada tanggal 21 September 1958 panitia berhasil meresmikan berdirinya  Universitas Lambung Mangkurat. Saat itu, statusnya masih perguruan tinggi swasta. Meskipun baru berdiri, universitas ini berani membuka empat fakultas sekaligus, yaitu Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, Fakultas Sosial dan Politik, dan Fakultas Islamologi.

Setelah dua tahun beroperasi, pada tanggal 1 November 1960 pemerintah mengubah status Universitas Lambung Mangkurat dari PTS menjadi PTN (Perguruan Tinggi Negeri), berdasarkan Peraturan Pemerintah  No. 41 Tahun 1960, dengan jumlah fakultas 4, yaitu Fakultas Hukum, Fakuktas Ekonomi, Fakuktas Sosial dan Politik, dan Fakuktas Pertanian. Sedangkan Fakuktas Islamologi dialihkan ke IAIN Yogyakarta yang membuka cabang di Banjarmasin.

Selain jenjang S1, Universitas Lambung Mangkurat juga membuka jalur pendidikan atau program sarjana ekstensi dan program pascasarjana. Program Magister Manajemen diselenggarakan Fakultas Ekonomi yang sudah dirintis sejak tahun 2000, sedangkan Program Studi Ilmu Kehutanan dikelola oleh Fakuktas Kehutanan yang diselenggarakan sejak tahun 2001.

Itu dia, sejarah singkat “Universitas Lambung Mangkurat”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di Universitas Lambung Mangkurat.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Universitas Lambung Mangkurat”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel