Sejarah Singkat “Institut Sains dan Teknologi Nasional”

Tertarik dengan teknologi? Maka memilih perguruan tinggi yang satu ini sepertinya menjadi pilihan yang tepat.  Institut Sains dan Teknologi Nasional adalah perguruan tinggi yang fokus pada sains dan teknologi, dan juga merupakan perguruan tinggi swasta tertua di Indonesia dan sudah ada sejak tahun 1950. Sejarah singkat “Institut Sains dan Teknologi Nasional” ini bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingn melanjutkan pendidikan dalam bidang teknologi dan sains.

Sejarah Singkat “Institut Sains dan Teknologi Nasional”
Foto: kadowisudaku.com

Informasi “Institut Sains dan Teknologi Nasional” 

  • Singkatan/sebutan:  ISTN
  • Status:  Swasta
  • Alamat: 

    1. Kampus 1: JI. Moh. Kahfi I , Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620.
    2. Kampus 2: JI. Cikini Raya 7476, Jakarta Pusat 10303
  • Telepon:
    1. Kampus l: (021) 7270090-1, 7874645-8, 7866955
    2. Kampus 2: (021) 31906481

  • Website: https://www.istn.ac.id
  • Dies Natalis : 5 Desember

Sejarah Singkat “Institut Sains dan Teknologi Nasional”

  • Didirikan: Pada tanggal 5 Desember 1950. 
  • Pendiri:  Prof. Dr. Jr. R. Roosseno (Almarhum).
  • Pengelola: Yayasan

Saat didirikan, yaitu pada  tanggal 5 Desember 1950 namanya adalah Akademi Teknik Nasional (ATN), yang merupakan satu-satunya perguruan tinggi swasta di bidang teknik di Jakarta. ATN kemudian diganti namanya menjadi Perguruan Tinggi Teknik Nasional (PTTN). Kemudian, melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 29 Januari 1980 diubah menjadi Sekolah Tinggi Teknik Nasional (STTN). Dalam keputusan ini STTN menyelenggarakan jenjang Sarjana Muda dengan status “Disamakan” dan jenjang Sarjana (Ir.) dengan status diakui.

Baca juga: Sejarah Singkat “Institut Pertanian Bogor”.

Pada Tahun Akademik 1982/1983 juga dibuka jurusan Farmasi dan Arsitektur. Dengan pembukaan kedua jurusan tersebut, maka melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 27 Juli 1985 nama STTN diubah lagi menjadi Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN). Penyelenggaranya adalah Yayasan Perguruan Cikini. 

Kini ISTN tidak hanya menyelenggarakan jenjang pendidikan diploma (D3) dan sarjana (SI), tetapi juga Pascasarjana/Magister (S2).

Itu dia, sejarah singkat “Institut Sains dan Teknologi Nasional”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik untuk melanjutkan studinya di “Institut Bisnis dan Informatika Indonesia (IBII).

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Institut Sains dan Teknologi Nasional”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel