Informasi Beasiswa “SEARCA”

Informasi Beasiswa "SEARCA" - Agenda penting pertemuan Menteri-menteri Pendidikan dan Kebudayaan se-Asia Tenggara (SEAMEO: Southeast Asian Ministers of Education Organization) sejak awal, antara lain mengembangkan bidang pertanian. Maka pada tahun 1965 didirikanlan SEARCA (Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture) di bawah supervisi SEAMES (Southeast Asian Ministers of Educatio Secretariat) yang menangani kerjasama antar negara anggota ASEAN di bidang pendidikan, keilmuan dan kebudayaan. Badan ini juga bertugas mengurus fasilitas beasiswa jenjang Pascasarjana (Master/MS, dan Doktor/Ph.D).

Informasi Beasiswa “SEARCA”
SEARCA (Foto: agribusinessinfo.com)

Beasiswa Kuliah “SEARCA (Southeast Asian Regional Center for Graduate Study and Research in Agriculture)”

SEARCA ini berkantor pusat di kampus University of the Philippines at Los Banos (UPLB), sekitar 60 km di sebelah selatan Manila. Badan ini sejak tahun 1967, sudah mulai memberikan beasiswa kepada mahasiswa dari negara-negara anggota (Indonesia, Singapura, Laos, Malaysia, Kamboja, Thailand, Vietnam dan Filipina) untuk belajar di perguruan tinggi yang masuk dalam anggota University Consortium. Selain mengurus beasiswa, tugas SEARCA juga melakukan promosi maupun mengkoordinasikan pelaksanaan penelitian bidang pertanian.

Indonesia mendapat jatah 25 beasiswa per tahun. Setiap pemegang beasiswa yang melanjutkan studi dari program magister ke program doktor dianggap telah mengambil satu jatah baru yang semestinya bisa diterima oleh calon baru dari Indonesia.

Baca juga: Informasi Beasiswa “Forum Indonesia-Nederland (FINED)”.

Lama beasiswa untuk program MS adalah dua tahun dan untuk Ph.D. tiga tahun. Jika belum berhasil menyelesaikan studi tepat waktu, SEARCA memberikan kesempatan perpanjangan satu semester. Bila tidak berhasil, beasiswa dihentikan oleh SEARCA. Memperpanjang studi satu semester berarti menganbil jatah beasiswa dari total yang diberikan SEARCA yang digunakan oleh negara yang bersangkutan.

Syarat penerimaan mahasiswa pascasarjana, antara lain:

1. Mempunyai ijazah S1 untuk program master, ijazah S2 untuk program doktor.

2. Mengisi formulir yang dikeluarkan oleh Graduate School:

  • Application for Admission (GS Form No. 1).
  • Formulir rekomendasi dari dosen senior atau profesor (Standard. Recomendation Form: GS Form No.2). Untuk program master diperlukan dua rekomendasi, sedangkan program doktor tiga rekomendasi.
  • Sertifikat bahasa Inggris (Certification of English Proficiency: GS Form No. 3) yang dikeluarkan lembaga bahasa Inggris dari masing-masing universitas atau yang ditunjuk oleh universitas.

3. Membayar uang pendaftaran (application fee) yang dikirimkan ke kantor registrsi UP.

4. Melampirkan academic transcript rangkap tiga dan satu lembar foto.

Semua dokumen harus diterima oleh Graduate School lima bulan sebelum semester dimulai. Semester pertama dimulai bulan Juni, semester kedua dimulai November. Khusus untuk program studi Agricultural Economic dan Management setiap calon mahasiswa pascasarjana diharuskan mengikuti kuliah summer sebagai syarat mengikuti semester berikutnya.

Prosedur mendapatkan beasiswa SEARCA, antara lain:

  1. Pencalonan dilakukan oleh/melalui Departemen Pendidikan Nasional (Departemen Pendidikan dan Kebudayaan) negara anggota. SEARCA tidak melakukan komunikasi langsung dengan calon. Setiap tahun SEARCA mengirimkan tawaran kepada departemen yang bersangkutan untuk mengajukan calon baru pada bulan Oktober.
  2. Oleh Departemen tawaran kesempatan disalurkan ke perguruan tinggi yang mempunyai program pendidikan bidang-bidang pertanian.
  3. Setelah SEARCA menerima nama calon-calon dari Departemen, SEARCA bertanggung jawab meneruskan formulir lamaran calon ke Graduate School.
  4. Sebelum diterima di Graduate School, ada wawancara dengan SEARCA (pengenalan calon dan kemampuan berbahasa Inggris).
  5. Calon yang sudah diwawancara dan menerima panggilan dari Graduate School (berbentuk admission form) mendapat prioritas utama untuk menerima beasiswa SEARCA.
  6. Keputusan akhir tergantung pada tersedianya jatah untuk negara yang bersangkutan setiap awal semester.
  7. Pelamar dapat memilih tempat studi atas biaya SEARCA di perguruan tinggi yang menjadi anggota University Consortium:

    • Institut Pertanian Bogor (IPB), Indonesia.
    • Universitas Gadjah Mada (UGM), Indonesia.
    • Kasetsart University (KU), Thailand.
    • University of Philippines at Los Banos (UPLB), Filipina.
    • University Putra Malaysia (UPM), Malaysia.
    • University of Queensland, Australia.
    • University of British Columbia, Kanada.

Prosedur penawaran beasiswa kepada negara-negara ASEAN

  1. SEARCA mengumumkan ketersediaan jumlah beasiswa tiap negara anggota ASEAN setiap tahun melalui Departemen Pendidikan Nasional.
  2. Departemen menyeleksi pelamar calon penerima beasiswa dari berbagai umiversitas tiap negara anggota ASEAN; hasil seleksi dikirimkan kepada SEARCA sebelum Desember setiap tahun.
  3. SEARCA menyeleksi kelengkapan dokumen lamaran.
  4. SEARCA mewawancarai calon penerima beasiswa.
  5. SEARCA melakukan seleksi akhir dan memutuskan calon penerima beasiswa.

Kelengkapan lamaran yang dibutuhkan SEARCA, antara lain:

  1. SEARCA Scholarship Application Form (dua copy).
  2. Application Form for Admission to Graduate School dari universitas yang dipilih sebagai tempat studi (Univsrsity  Consortium).
  3. Transkrip ijazah tiap strata yang diperoleh.
  4. Tulisan (karangan) tentang lingkungan (environment) atau tentang sustainable agriculture.
  5. Rencana studi yang menunjukkan bidang studi utama (major) dan tambahan (minor) serta mata ajaran yang akan diambil.
  6. Dua lembar pasfoto ukuran 2x2 inci (atau ukuran 4x6 cm).

Untuk informasi selanjutnya, dapat menghubungi:

Direktorat Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional

  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman, Pintu I, Senayan, Jakarta Pusat.
  • Telepon: 021 - 5731956.
  • Website: www.dirjendikti.org

Semoga informasi beasiswa “SEARCA” tersebut bermanfaat untuk Anda. Namun sebagai catatan, Anda harus meng-update informasi terkini terkait beasiswa tersebut, karena dikhawatirkan terdapat perubahan informasi termasuk cara-cara dan persyaratan pendaftaran.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Beasiswa “SEARCA”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel