Soto Ayam dan Asal-usulnya

Makanan ini selalu menjadi pilihan di pagi hari sebagai sarapan pagi, selain sebagai sarapan, banyak juga tempat kuliner, warung bahkan resto yang menyediakan sajian nikmat sup bumbu kuning ini sampai malam hari. Sudah bisa menebak apa makanan tersebut? Soto ayam, benar sekali sajian makanan ini menjadi pilihan masyarakat untuk makan pagi, siang bahkan makan malam. Tidak hanya itu, banyak diantaranya yang menggunakan tema soto ayam dan asal-usulnya ini sebagai konten kuliner baik untuk blog dan vlog-nya.

Soto Ayam dan Asal-usulnya
Soto ayam (Foto: instagram.com/foodnusantara.id)

Mungkin diantara kita masih belum tahu, kalau masakan selezat soto ayam ini sudah dinobatkan sebagai salah satu sup terbaik versi CNN. Bahkan soto ayam dinobatkan sebagai salah satu sup terbaik diantara berbagai sup dari berbagai negara. Tentunya setiap negara memiliki ciri khas sendiri-sendiri yang membedakannya dengan sup ala soto ayam dari Indonesia.

Soto Ayam Terdekat dan Deskripsinya

Di Indonesia sangat mudah mencari sajian soto ayam, di berbagai daerah bahkan di pelosok desa pun banyak yang menyediakan sajian lezat soto ayam. Jadi tidak sulit mencarinya, meskipun di tiap daerah memiliki ciri khas rasa yang bergantung pada bumbu yang digunakan sebagai bahan bumbu soto ayam tersebut.

Baca juga: Tempat Makan Soto Ayam di Surabaya.

Soto ayam disajikan dengan kuah berwarna kekuningan, warna kuning ini disebabkan adaya rempah-rempah sebagai bahan bumbunya, yaitu kunyit. Dalam satu porsi soto ayam disajikan dengan nasi putih, ditambah dengan irisan kentang, telur rebus, daun seledri, sambal, kerupuk dan juga koya (yaitu campuran kerupuk tumbuk dengan bawang putih) yang membuat rasa soto ayam menjadi lebih nikmat.

Sejarah Soto Ayam

Hadirnya soto ayam di Indonesia ini juga tidak lepas dari dikenalnya soto di Indonesia. Soto pertama kali dikenal di pesisir pantai utara Pulau Jawa sekitar abad 19 Masehi, yang saat itu dikenal dengan masakan kuah dengan potongan daging atau jeroan.

Hal ini diperkuat dengan tulisan Denys Lombard yang ditulis di bukunya dengan  judul “Nusa Jawa 2: Silang Budaya Jaringan Asia (1996)”, saat itu soto mulai dikenal masyarakat di Indonesia dikarenakan hadirnya imigran dari Cina.

Sejarah Soto Ayam
Sajian soto ayam

Pada awalnya, sajian soto ini berbeda dengan soto yang disajikan seperti saat ini. Saat itu, sajian soto menggunakan daging babi sesuai dengan yang disajikan orang-orang Tionghoa. Bahkan sajian soto ini yang merupakan makanan khas Indonesia dijajakan dengan gerobak atau pikulan. Dengan berkembangnya waktu , penggunaan daging babi ini pun diganti dengan daging ayam.

Saat ini terdapat beberapa jenis soto ayam yang ada di Indonesia, antara lain:

  • Soto ayam “Lamongan”.
  • Soto ayam kampung.
  • Soto ayam koya.
  • Soto Kudus.
  • Soto ayam Kediri.
  • Soto ayam Semarang.

Itu dia, sedikit informasi tentang “soto ayam dan asal-usulnya”. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Soto Ayam dan Asal-usulnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel