Informasi Beasiswa “Forum Indonesia-Nederland (FINED)”

Forum Indonesia -Nederland adalah perkumpulan swasta nirlaba yang bekerjasama dengan Forum Nederland-Indonesia (FNI) dan mitra-mitra Belanda yang lain. Forum ini memberi kesempatan kepada para peminat di Indonesia untuk mengikuti suatu program magang /kerja praktek (traineeship) di Belanda.

Beasiswa Kuliah “Forum Indonesia-Nederland (FINED)”

Program beasiswa FINED berjangka waktu 3 sampai 6 bulan yang berlangsung di perusahaan swasta dan lembaga pemerintahan Belanda. Ruang lingkup studi meliputi sektor-sektor bisnis, sosial kebudayaan, kesehatan, ilmu pengetahuan, pendidikan, lingkungan hidup dan bidang pemerintahan.

Informasi Beasiswa “Forum Indonesia-Nederland (FINED)”
Beasiswa “Forum Indonesia-Nederland (FINED)” (Foto: bangsaku.web.id)

Program ini ditujukan bagi:

  • Para sarjana yang sedang bekerja atau karyawan yang ingin meningkatkan kemampuan di bidangnya.
  • Mahasiswa tingkat akhir yang sudah bekerja dan ingin memperdalam suatu bidang untuk melengkapi persyaratan kuliah (skripsi).

Baca juga: Informasi Beasiswa – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Persyaratan:

  1. Pendidikan minimum sarjana (S1).
  2. Usia antara 25 dan 40 tahun.
  3. TOEFL institutional minimal 475.
  4. Mampu merumuskan sendiri program magang yang dikehendaki.
  5. Dapat menyesuaikan diri dengan tempat kerja atau belajar di luar negeri.
  6. Surat rekomendasi dari atasan sebagai jaminan bahwa setelah pelamar selesai magang akan kembali bekerja di perusahaan asal.
  7. Berpengetahuan dasar bahasa Belanda untuk calon-calon dari bidang kesehatan. Untuk bidang lainnya, bahasa pengantarnya menggunakan bahasa Inggris.
  8. Berbadan sehat, yang dibuktikan melalui tes kesehatan.

Proses seleksi:

  • Formulir bisa diperoleh di sekretariat FINED. Setelah memenuhi kriteria seleksi, pelamar akan diwawancarai oleh Komisi Seleksi FINED. Sebelum berangkat, para peserta magang harus mengikuti kursus bahasa Inggris (crash program).
  • Perusahaan atau lembaga di Indonesia yang mengirim calonnya, wajib mengikuti perkembangan  peserta selama dan setelah program berakhir. Setelah selesai masa studi, peserta juga diwajibkan  menyusun  laporan tertulis untuk diserahkan kepada FINED dan FNI.
  • Fasilitas dan biaya yang disediakan, meliputi biaya hidup di Belanda, perumahan, asuransi kesehatan dan jiwa, tiket pulang-pergi, dan juga kursus bahasa Belanda (bila dibutuhkan). Biaya seleksi dan pengeluaran persiapan di Indonesia ditanggung oleh peserta atau sponsornya.

Informasi dan formulir pendaftaran bisa diperoleh di:

Sekretariat Forum Indonesia-Nederland (FINED)

  • Alamat: Jl. Kesehatan Raya 19, Jakarta 10160.
  • Telepon: 021 -3522876
  • Website: www.fni.nl                                

Semoga Informasi Beasiswa “Forum Indonesia-Nederland (FINED)” tersebut bermanfaat untuk Anda. Namun sebagai catatan, Anda harus meng-update informasi terkini terkait beasiswa tersebut, karena dikhawatirkan terdapat perubahan informasi termasuk cara-cara dan persyaratan pendaftaran.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Beasiswa “Forum Indonesia-Nederland (FINED)”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel