Informasi Beasiswa “The British Chevening Awards”

Informasi Beasiswa “The British Chevening Awards” – Ingin melajutkan studi ke jenjang pendidikan tertinggi bahkan di Eropa? Chevening Awards bisa menjadi pilihan untuk Anda sekalian yang ingin melanjutkan S2 dengan beasiswa, apalagi Chevening Awards merupakan beasiswa dengan prestise tinggi dari Pemerintah Inggris. Beasiswa ini bisa dikatakan istimewa karea tidak hanya memberikan dana awardee seluruh biaya sekolah, namun juga biaya hidup.

Informasi Beasiswa “The British Chevening Awards”
The British Chevening Awards (Foto: propakistani.pk)

Beasiswa Kuliah “The British Chevening Awards”

The British Chevening Awards, merupakan program beasiswa yang sangat bergengsi, yang disponsori oleh pemerintah Inggris (Foreign Commonwealth Office). Seluruh proses administrasinya ditangani oleh The British Council.

Baca juga: Informasi Beasiswa “Forum Indonesia-Nederland (FINED)”.

Syarat:

  1. Usia (biasanya) di bawah 40 tahun.
  2. Lulus S1 dengan nilai IPK minimum 2,70.
  3. Dapat berkomunikasi dalam bahasa Inggris dengan baik.
  4. Berpengalaman kerja sekurang-kurangnya 2 tahun.
  5. Mempunyai prospek karier yang cemerlang.
  6. Berkomitmen mengembangkan kariernya dan mampu menunjukkan motivasinya.
  7. Pilihan studi harus sesuai dengan latar belakang pendidikan S1, atau sesuai dengan profesi yang ditekuni saat ini.
  8. Dapat menunjukkan potensinya menjadi pemimpin di masa depan; berkapasitas dan berperan penting dalam pembangunan di Indonesia.
  9. Mampu dan berpotensi mengembangkan hubungan kerja sama bilateral antara pemerintah Indonesia dan pemerintah Inggris di masa yang akan datang.

Formulir aplikasi Chevening Awards tersedia di kantor British Council Jakarta dan Surabaya. Atau bisa dengan mengakses situs di British Council (www.britcoun.or.id) dari awal Januari sampai akhir Februari pada setiap tahunnya.

Proses Seleksi:

  1. Seleksi awal dilakukan dengan melihat kualitas pengisian formulir.
  2. Hanya calon terseleksi yang dihubungi dan diundang mengikuti tes dan wawancara.
  3. Tes bahasa Inggris dan wawancara biasanya diselenggarakan di kota-kota Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Bali, Makassar, Medan, Jayapura di sekitar bulan April sampai dengan Juni.
  4. Hasil wawancara diumumkan melalui surat, antara Juli dan Agustus.
  5. Calon yang lolos wawancara diundang mengikuti kursus bahasa Inggris di British Council, Jakarta.
  6. Untuk yang mendapat beasiswa penuh harus memenuhi minimal dua persyaratan. Calon penerima beasiswa penuh harus mencapai hasil IELTS minimum 6.5. Kemudian, ia mesti diterima oleh salah satu universitas di Inggris pada bidang studi yang sesuai dan disetujui oleh Kedutaan Inggris.
  7. Kursus bahasa Inggris juga bagian yang melekat dengan program beasiswa ini. Mereka yang tinggal di luar Jakarta mendapat bantuan dana akomodasi selama mengikuti kursus tersebut.
  8. Selama mengikuti kursus bahasa Inggris, calon penerima beasiswa mendapat pengarahan dari staf Kedutaan Inggris dan staf British Council.
  9. Tahun akademik di Inggris dimulai pada bulan September/Oktober. Setelah kursus bahasa Inggris di British Council (sekitar Februari), semua calon biasanya disarankan kembali ke pekerjaan masing-masing. British Council akan tetap memantau persiapan keberangkatan. Pengarahan lanjutan tentang keberangkatan ke Inggris dilakukan sebulan sebelum tanggal keberangkatan.
  10. Terdapat perbedaan kriteria atau persyaratan untuk melamar program kursus jangka pendek. Biasanya, waktu dan kriteria penyelesaian lebih fleksibel.

Informasi selanjutnya bisa menghubungi:

The British Council, Scholarship Officer

  • S. Widjojo Centre 1st Floor.
  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman Kav 71, Jakarta 12190.
  • Telepon: 021 -2524115, 2524122, pesawat 176.
  • Website: www.britcoun.or.id

Semoga informasi beasiswa  “The British Chevening Awards” tersebut bermanfaat untuk Anda. Namun sebagai catatan, Anda harus meng-update informasi terkini terkait beasiswa tersebut, karena dikhawatirkan terdapat perubahan informasi termasuk cara-cara dan persyaratan pendaftaran.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Beasiswa “The British Chevening Awards”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel