Dalgona Coffee

Tidak ada yang lebih nikmat dalam hidup dengan memulai hari sambil menikmati kopi. Diantara berbagai pilihan kopi, kopi hitam dengan bahan robusta atau arabica selalu menjadi pilihan para pecinta kopi. Tidak hanya untuk memulai hari di pagi hari saja, namun menikmati kopi saat sendiri dengan melakukan aktivitas yang disukai menjadi sebuah piihan yang menyenangkan. Satu jenis kopi yang beberapa waktu pernah viral, yaitu dalgona coffee akan disampaikan disini agar Anda sekalian bisa memiliki variasi saat ingin menikmati kopi yang berbeda dari biasanya.

Menu Dalgona Coffee memang sempat viral beberapa waktu lali, apalagi kopi ini sangat populer di berbagai media sosial. Pada awalnya banyak yang menebak kalau kopi ini berasal dari Korea Selatan karena pernah melihat salah satu artis drama Korea yang menikmati kopi ini, meskipun setelah ditelusuri, kopi ini awalnya muncul di India dan Pakistan. Di India dan Pakistan nama kopi ini disebut degan phenti hui cofee atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan beaten coffee

dalgona-coffee
Dalgona Coffee (Dokumentasi pribadi)

Dalam penyajiannya Dalgona Coffe dan phenti hui coffee sama-sama meadukan variasi whipped coffee atau kopi kocok. Yang membedakan terletak pada penggunaan whipped coffee-nya. Pada phenti hui, susu dituangkan setelah whipped coffee sudah berada di dalam gelas, sedangkan pada Dalgona coffee malah sebaliknya, whipped coffee dituangkan setelahnya dan dibiarkan melimpah menggenangi susu,.

Dalgona Coffee, Tren dan Asal-usul Penyebutannya

Bagi Anda pecandu film Korea, pasti sudah tahu tentang Dalgona Coffee, apalagi sejak Jung Il Woo aktor Korea Selatan membuat Dalgona Coffee dirumahnya. Dan benar saja, tidak lama kemudian Dalgona Coffee menjadi tren masyarakat Korea Selatan, dan wajar kalau menyebar sampai ke Indonesia dengan cepat.

Nama Dalgona sendiri ternyata diambil dari jenis permen tradisional yang ada di Korea Selatan, yang mengejutkan ternyata permen Dalgona ini tidak mengandung kopi sama sekali.

Baca juga: Espresso dan Cara Membuat Tanpa Mesin.

Sedangkan penamaan Dalgona pada Dalgona Coffee didasarkan atas penampilan whipped coffee yang sangat mirip dengan bentuk dan warna dari permen Dalgona tersebut, dengan tekstur coklat muda dan bentuknya yang lembut.

Kopi Dalgona Nescafe, Cara Membuat Kopi Tanpa Mixer

Peanasaran dan tertarik dengan Dalgona Coffee ini? Karena bahan dasar yang digunakan adalah kopi Nescafe Classic maka sedikit banyak resep Dalgona Coffee ini diambil dari website Nescafe.

Dalgona Coffee Nescafe
Dalgona Coffee Nescafe (Dokumentasi pribadi)

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat Dalgona Coffee ala Nescafe, antara lain:

  • Kopi Nescafe Classic dua sendok.
  • Gula putih sebanyak 2 sendok makan.
  • Susu cair 125 ml.
  • Es batu 1 gelas.

Langkah mudah membuat Dalgona coffee, sebagai berikut:

  1. Masukkan kopi Nescafe Classic dan gula ke dalam mangkok kecil, kemudian tambah dengan air panas sebanyak 2 sendok makan.
  2. Aduk sampai mengembang dan menjadi whipped coffee.
  3. Tuanglah susu cair ke dalam gelas, masukkan es batu sesuai selera.
  4. Tuang whipped cream yang sudah dibuat.
  5. Dalgona Coffee siap dinikmati.

Menarik bukan cara membuat dalgona coffee ini? Semoga informasi tentang kopi dalgona menambah referensi Anda tentang kopi.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Dalgona Coffee"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel