Espresso dan Cara Membuat Tanpa Mesin

Siapa yang tidak kenal dengan sajian minuman ini? Kenikmatannya membius para pecintanya untuk selalu menikmati. Bahkan ada yang mengatakan, belum pas kalau di pagi hari belum menikmati secangkir kopi nikmat. Sajian kopi yang nikmat dan kandungan kafein didalamnya memberikan efek semangat pada setiap orang yang meminumnya. Sajian kenikmatan kopi didapatkan dari hasil seduhan dari biji kopi yang sudah melalui proses roasting kemudian dihaluskan menjadi bubuk. Diantara berbagai pilihan minuman kopi, sepertinya espresso dan cara membuatnya tanpa mesin menjadi topik menarik. Selain lebih sederhana juga rasanya yang nikmat.

Berbicara tentang kopi, tentu saja membahas espresso adalah sesuatu yang berbeda, membicarakan tentang jenis kopi di Indonesa, biasanya yang dikenal dan yang diminta hanya berdasarkan jenis kopi yang ada, seperti kopi arabika, robusta dan juga liberika. Espresso sendiri biasanya lebih banyak dibuat di coffees shop, dibandingkan warung kopi tradisional. Apalagi kebanyakan espresso dibuat menggunakan mesin kopi.

Espresso Coffee

Espresso… Jenis minuman kopi ini memang sangat menarik. Namun, diantara para peminum kopi, kebanyakan menghindari dan tidak mau menikmati espresso. Padahal sejatinya espresso adalah inti dari minuman kopi. Dan bagi seorang pecinta kopi, memahami tentang espresso merupakan sebuah dasar dan pondasi yang harus diketahui sebelum menikmati jenis menu kopi lainnya.

Espresso sebenarnya adalah minuman kopi yang dihasilkan dari ekstraksi biji kopi yang sudah digiling dengan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Penyebutan espresso sendiri berasal dari bahasa Italia yang memiliki arti “express” atau “cepat”, karena dibuat untuk disajikan dengan segera pada para penikmat kopi.

Espresso dan Cara Membuat Tanpa Mesin;Espresso Coffee;
Espresso (Sumber gambar: pixabay.com)

Meskipun rasanya yang pahit, sebagai pecinta kopi, Anda harus menikmati setidaknya sekali, minimal pernah mencoba sajian espresso (dikutip dari majalah.ottencofee.co.id), yaitu:

  • Espresso adalah dasar dari minuman kopi. Kalau Anda hobi menikmati kopi dengan berbagai varian kopi, tahukah bahwa minuman kesukaan Anda yang nikmat itu berasal dari nikmatnya espresso. Espresso yang nikmat akan menghasilkan turunan minuman kopi yang nikmat.
  • Espresso memiliki kalori yang rendah. Menarik sekali mengetahui bahwa sajian espresso adalah miuman yang rendah kalori. Jadi bila menginginkan minuman kopi dengan energi yang ada didalamnya maka espresso menjadi sebuha pilihan. Dan espresso juga sangat cocok untuk Anda yang menjalani program diet.
  • Ternyata espresso tidak hanya memiliki rasa yang pahit. Espresso yang pahit bisa saja menjadi alasan Anda tidak mau mencoba sajian nikmat kopi ini. Namun jangan salah, kalau anda mau mencoba berbagai sajian espresso dari jenis kopi house blend dan berbagai sajian single origin, akan muncul sebuah rasa yang tidak hanya pahit saja, namun bahkan ada yang memiliki rasa yang fruity atau bahkan rasa yang manis.
  • Espresso adalah sajian kopi cepat saji. Menikmati sajian espresso tidak membutuhkan waktu lama, jangan membandingkan dengan kopi instan yang langsung jadi ya.

Beda di Indonesia beda pula di Italia. Di Indonesia, espresso sebagai dasar aneka sajian minuman kopi cenderung dihindari, karena rasanya yang sangat pahit. Berbeda dengan di Italia, espresso menjadi sebuah minuman sakral , bahkan hanya dengan secangkir kecil espresso, kedai kopi di Italia selalu penuh dengan antrian para pecinta kopi yang ingin menikmati sajian espresso nikmat tersebut.

Membuat Espresso Manual

Sebagai sajian minuman lezat, espresso menjadi pilihan minuman kopi bagi para pecinta kopi, untuk mendapatkan espresso para pecinta kopi harus mendapatkannya di berbagai gerai kopi yang menyediakan sajian minuman ini, karena espresso ini biasanya dibuat dengan mesin kopi, yang tentu saja harga mesin espresso tidak murah.

Baca juga: Filosofi Kopi Quotes "Summer Espresso".

Namun bagaimana kalau Anda yang hobi dan sangat menyukai espresso ini ingin menikmati sendiri di rumah? Dari berbagai referensi yang diulas para pembuat mesin kopi, terdapat solusi untuk membuat espresso yaitu dengan cara manual. 

Seperti yang disampaikan di atas, espresso dihasilkan dari proses ekstraksi biji kopi yang sudah digiling dan menyemburkan air panas di bawah tekanan tinggi. Yang membedakannya dengan kopi biasa adalah krema yang dihasilkan espresso. Krema adalah cairan dengan warna kuning kecoklatan yang muncul saat pertama kali ekstrak kopi. 

Espresso dan Cara Membuat Tanpa Mesin;Espresso Coffee;Membuat Espresso Manual;
Krema yang dihasilkan espresso

Terdapat beberapa cara dan alat yang bisa dilakukan, untuk menghasilkan espresso yang nikmat, yaitu:

  1. Dengan moka pot.
  2. Dengan alat berupa aeropress.
  3. Dengan rok presso.
  4. Dengan French Press.

Dari beberapa cara manual yang sangat menarik dan akan dibahas kali ini adalah membuat espresso secara manual dengan frech press. Hal ini disebabkan para pecinta kopi di rumah kebanyakan memiliki french press dibanding alat kopi lainnya.

Membuat Espresso dengan French Press

French Press menjadi pilihan untuk membuat espresso dengan cara yang paling mudah dan paling murah. Sebagai alat seduh kopi, alat ini terdiri atas wadah dan di bagian dalamya terdapat logam atau tutup plastic dan juga plunger untuk menyaring ampas kopi. Untuk menyeduh pun sangat mudah hanya membutuhkan bubuk kopi dan air panas.

Membuat Espresso dengan French Press;
Ilustrasi french press Foto: Shutter Stock

Baca juga: Cold Brew, Pilihan Kopi Terbaik di Point Cafe.

Cara membuat espresso dengan french press, antara lain:

  1. Masukkan kopi bubuk sebanyak dua sendok makan (atau untuk porsi secangkir kopi) ke dalam french press. Pastikan bubuk kopi tersebut digiling agak kasar, agar ampas tidak tercampur ke dalam air.
  2. Tuang air panas ke dalam wadah yang sudah diisi kopi bubuk, pastikan air tersebut bersuhu 85° sampai 96° Celsius agar bisa mengektraksi dengan sempurna. Bila tidak ada thermometer, rebus sampai mendidih dan diamkan lebih kurang 25 detik.
  3. Setelah air dituang, diamkan selama 30 detik, agar aroma dan minyak kopi keluar.
  4. Aduklah kopi dan diamkan selama 4 menit. Setelah itu tekan bagian plunger untuk menyaring kopi. Tekan plunger secara perlahan, tekan lagi sampai ke dasar wadah french press. Setelah espresso diseduh, tuang kopi untuk diniKmati.

Membicarakan tentang kopi memang tidak ada habisnya. Semoga sedikit informasi tentang espresso dan cara membuatnya tanpa mesin, bisa menjadi referensi untuk Anda yang ingin membuat sendiri sajian espresso di rumah.


Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Espresso dan Cara Membuat Tanpa Mesin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel