Martabak Manis yang Legit dan Enak

Sajian kuliner ini sangat disukai dan menjadi favorit para pecinta kuliner, khususnya makanan manis. Betapa tidak, kelezatannya ditambah berbagai topping diatasnya menjadikan sensasi rasa yang luar biasa. Sudah bisa menebak dan membayangkan makanan apa yang dimaksud? “Martabak manis yang legit dan enak”… Benar sekali, jenis makanan ini sudah sangat dikenal bahkan banyak diantaranya yang viral karena penampakannya yang menggugah selera. Terlepas dari jenis martabak gurih yang juga sering dikonsumsi masrakarat, jenis martabak manis ini memang menjadi favorit khususnya anak muda karena berbagai toping diatasnya, seperti keju, coklat dan berbagai rasa yang dimiliki martabak manis.

Martabak Manis yang Legit dan Enak
Martabak manis (Foto: instagram.com/ martabakpecenongan78)

Berbicara tentang martabak manis yang menggugah selera ini, martabak manis dalam kehidupan sehari-hari banyak yang menyebutnya dengan sebutan ‘terang bulan’. Terkadang ada juga yang membedakan nama antara martabak manis dengan terang bulan, namun sebenarnya dalam proses pembuatan dan penyajiannya adalah sama, sehingga benar kalau sebenarnya martabak manis itu juga terang bulan.

Martabak Manis Berasal dari Bangka 

Hobi menikmati kuliner atau jajanan yang satu ini? Namun, tahukah kalau sebenarnya martabak manis ini adalah makanan khas dari Bangka. Martabak manis ini memiliki nama asli Hok Lo Pan yang dibuat oleh orang-orang Hakka atau Khek Bangka. Secara harfiah, Hok Lo Pan memiliki arti sebagai kue orang Hok Lo atau kue keberuntungan.

Selain informasi tentang asal muasal martabak manis dari Bangka tersebut, terdapat cerita menarik yang menyebuatkan asal muasal pertama kali martabak manis bisa dikenal, yaitu saat Keluarga Cen generasi keempat yang bernama Cen Khian Sam dari Bangka ini merantau dan tinggal di sebalah warung mi Bandung di Semarang, yang kebetulan warung mi ini adalah milik orang Hakka juga yang bernama Moi Yan.

Baca juga: Kue Cucur, Manisnya yang Bikin Nagih.

Tertarik dan terinspirasi dengan kedai mi milik Moi Yan ini, maka Keluarga Cen ini akhirnya membuat kuu Hok Lo Pan dengan berbagai variasi, dan keluarga Cen pun memberi nama kue buatannya ini dengan nama ‘Kue Bandung’ dengan harapan kue yang dijajakan tersebut bisa terkenal seperti mi Bandung milik Moi Yan.

Ciri Khas Martabak Manis

Martabak manis saat ini memang semakin menarik, apalagi dengan tampilannya yng menggugah selera. Martabak manis ini dibuat dengan menggunakan tepung yang kemudian diolesi dengan mentega. Pada umumnya setelah matang, martabak tersebut diolesi dengan mentega yang kemudian ditaburi dengan kacang, meises, keju, wijen dan bahan lainnya yang menarik perhatian para pembeli. Dan pada perkembangannya, martabak manis ini bahkan sampai viral dengan berbagai topping yang melimpah, seperti rasa red velvet dan juga green tea

Dengan semakin nikmatnya sajian martabak manis ini, penyebutan di tiap daerah juga memiliki penyebutan yang berbeda, seperti di Jakarta dan Bandung yang disebut dengan martabak manis dan asin, di Pontianak disebut dengan apam pinang, di Medan disebut dengan martabak Bangka, dan di Semarang disebut dengan kue Bandung, di Yogyakaaa disebut dengan terang bulan.

Menarik bukan? Semoga sedikit informasi tentang “martabak manis yang legit dan enak” ini bisa menjadi tambahan informasi tentang khasanah kuliner di Indonesia.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Martabak Manis yang Legit dan Enak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel