Kue Cucur, Manisnya yang Bikin Nagih

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan budaya yang luar biasa, mulai dari suku, pola hidup, sampai dengan kuliner. Diantara berbagai jenis kekayaan tersebut maka kuliner selalu menjadi daya tarik tersendiri. Terdapat berbagai ribuan jenis kuliner yang tidak habis untuk dicoba. Diantara berbagai jenis kuliner tersebut, terdapat satu jenis jajanan yang menarik untuk dibahas, maka tidak salah kalau kali ini tema yang dibahas adalah “kue cucur, manisnya yang bikin nagih”.

Kue Cucur, Manisnya yang Bikin Nagih
Kue cucur (Foto: facebook.com/poudji yanti subda)

Kue cucur memang sangat sering kita jumpai di berbagai pasar tradisional, dengan harganya yang murah, rasanya pun enak, apalagi dinikmati selagi hangat, sebagai teman minum teh atau kopi. Maka tidak heran kalau jajanan kue cucur selalu menjadi favorit para pecinta kue tradisional.

Kue Cucur  Berasal dari Daerah Jakarta 

Siapa yang menyangka jajanan atau kue yang sangat kita kenal ini berasal dari Jakarta dan merupakan jajanan khas Suku Betawi. Maka tidak heran kalau saat ini Anda tinggal di Jakarta pasti pernah merasakan kenikmatan sajian khas kue ini, meskipun hanya sesekali. 

Meskipun banyak dijajakan di pasar tradisional, saat ini berburu sajian kuliner tradisioal menjadi sebuah kesenangan tersendiri. Bahkan para penikmat dan pecinta kue tradisonal sering mencari kue ini sampai ke daerah-daerah pinggiran Jakarta.

Baca juga: Ayam Geprek, Kuliner Nikmat dari Yogyakarta.

Meskipun berasal dari masyarakat Suku Betawi,  kue ini banyak ditemui di pasar-pasar tradisional di seluruh Indonesia. Bahkan diberbagai daerah di Indonesia, kue ini juga memiliki sebutan lain, seperti Pinyaram, Panyaram atau Paniaram oleh Suku Minangkabau di Sumatra Barat, Kucur atau Kocor oleh Suku Madura dan sebutan lain dari berbagai daerah di Indonesia.

Ciri Khas Kue Cucur

Kue yang terbuat dari tepung beras dan gula Jawa  atau dari gula aren yang digoreng ini memiliki ciri khas tersendiri yang berbeda dengan jenis kue khas Jakarta lainnya.

Kue ini memiliki ciri khas dengan bentuknya yang tebal dan menggembung, seperti bentuk gunung di bagian tengahnya dan berbentuk tipis pada bagian pinggirnya. Dan rasanya pun bisa ditebak, yaitu memiliki rasa yang manis.

Menarik bukan? Semoga informasi kuliner “kue cucur, manisnya yang bikin nagih” ini bermanfaat dan bisa menjadi tambahan informasi tentang ragam kuliner Indonesia.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Kue Cucur, Manisnya yang Bikin Nagih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel