Informasi Beasiswa Pertamina

Satu lagi program beasiswa yang bisa Anda ikuti, khususnya Anda yang sedang mencari atau mengejar beasiswa untuk melanjutkan pendidikan. Dan diantara pilihan atau peluang mendapatkan beasiswa maka “Beasiswa Pertamina” bisa Anda manfaatkan. Informasi Beasiswa Pertamina adalah beasiswa yang diselenggarakan oleh Pertamina untuk mahasiswa Indonesia agar bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tertinggi.

Informasi Beasiswa Pertamina
Beasiswa Pertamina (Foto: guru.or.id)

Beasiswa Kuliah “Beasiswa Pertamina”

Direktorat Manajemen Production Sharing (DMPS) merupakan salah satu bagian dari Pertamina yang diberi tugas memberikan beasiswa. Dana beasiswa tersebut dihimpun dari kontribusi para kontraktor yang ditetapkan secara proporsional berdasarkan hasil produksi kontraktor bersangkutan.

Baca juga: Informasi Beasiswa S2 – Australian Education Centre.

Terdapat dua jenis beasiswa yang ditetapkan oleh Dewan Konsorsium Pendidikan Pertamina-KPS, yaitu:

1. Beasiswa Dalam Negeri (BSDN)

Beasiswa ini diberikan kepada mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia, yang secara selektif diajukan oleh perguruan tinggi yang bersangkutan. Komite BSDN menetapkan satu KPS sebagai koordinator daerah operasi (KDO) untuk mengkoordinasi kegiatan BSDN diwilayahnya. KDO kemudian bekerjasama dengan perguruan tinggi setempat untuk menyeleksi dan menetapkan mahasiswa yang akan memperoleh beasiswa berdasarkan kuota.

2. Beasiswa Beawiyata

Beasiswa ini diperuntukkan bagi dosen dan atau pegawai pemerintah daerah sebagai biaya penelitian guna melanjutkan pendidikan pada jenjang pascasarjana (S2, S3). Pemberian Beawiyata ini untuk sementara dibatasi maksimak tiga orang untuk setiap KDO.

Syarat:

  • Mahasiswa semester 5 ke atas (setelah diseleksi oleh perguruan tinggi dan ditetapkan berdasarkan kuota, khusus untuk Beawiyata).
  • Beasiswa diajukan oleh rektor atau pimpinan pemerintah daerah setempat atau pejabat yang berwenang di tempat pemohon bekerja.
  • Beasiswa diberikan selama 2 semester, yang dapat diperpanjang lagi asal memenuhi persyaratan. Beawiyata lebih difokuskan pada bantuan penelitian.

Untuk informasi selanjutnya, bisa menghubungi:

Konsorsium Pertamina-KPS di Bidang Pendidikan Direktorat Manajemen Production Sharing (DMPS)

  • Gedung Patrajasa Lantai 14-16 Wing 3,
  • Alamat: Jl. Jenderal Gatot Subroto Kav. 32-34, Jakarta Selatan.
  • Telepon: 021 - 52900245-48.

Semoga informasi “Beasiswa Pertamina” tersebut bermanfaat untuk Anda. Namun sebagai catatan, Anda harus meng-update informasi terkini terkait beasiswa tersebut, karena dikhawatirkan terdapat perubahan informasi termasuk cara-cara dan persyaratan pendaftaran.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Informasi Beasiswa Pertamina"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel