Tips Memilih Program Pascasarjana

Mendapatkan kesempatan dan peluang untuk bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi adalah suatu anugerah yang luar biasa, apalagi jenjang pendidikan tersebut berasal dari beasiswa impian. Namun, dibalik kebahagiaan tersebut terdapat masa-masa sulit, karena harus bingung saat akan memilih jurusan apa yang tepat. Beberapa catatan di bawah ini, yaitu tentang tips memilih program pascasarjana yang tepat, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan untuk Anda.

Tips Memilih Program Pascasarjana
Program pascasarjana (Foto: btos.org.uk)

Catatan cara memilih program pascasarjana yang tepat ini pernah disampaikan oleh Bapak Satryo Soemantri Brodjonegoro, yang pernah menjabat sebagai Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi. 

Tips Praktis Memilih Program Pascasarjana yang Tepat

Sebelum menetapkan pemilihan Program Pascasarjana, baik S2 dan S3 yang akan ditempuh, maka Anda harus lebih dulu menentukan kemana karier Anda akan dikembangkan lebih lanjut. Hal ini sangat penting karena harus ada kesesuaian antara pendidikan yang diperoleh dan karier yang akan dirintis setelah itu.

Terdapat beberapa alasan mengapa harus menentukan pilihan program pascasarjana dengan tepat. Hal ini disebabkan biaya program pascasarjana umumnya cukup mahal, dan untuk program S3, selain mahal juga memakan waktu yang sangat lama. Oleh karena itu, maka calon peserta program pascasarjana perlu untuk berhitung dengan cermat dalam melakukan investasi ini. Hal ini berarti, yang harus dipikirkan adalah apakah dengan menempuh program pascasarjana pengetahuan dan keahlian akan bertambah, sehingga membuat peluang berkarya menjadi semakin besar. Dengan kata lain, apakah investasi pada program pascasarjana tersebut bisa memberikan nilai tambah.

Baca juga: Tips agar Kuliah Pascasarjana Tidak Putus di Tengah Jalan.

Hal yang harus dipahami adalah apakah program pascasarjana itu? Program pascasarjana adalah program pendidikan setelah sarjana  yang diperuntukkan bagi mereka yang memerlukan pengetahuan dan keahlian sesuai dengan kebutuhan  yang spesifik. 

Nah yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana memilih program pascasarjana yang tepat? Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Para calon peserta harus menentukan terlebih dahulu dan menetapkan rencana kariernya untuk kemudian disesuaikan dengan program pascasarjana yang akan dipilih.
  2. Untuk memilih program tersebut, maka para calon peserta harus mengetahui secara jelas mengenai jenis dan tingkat keahlian yang akan diperoleh dengan mengikuti program pascasarjana. Hal ini dikarenakan program pascasarjana membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit, sehingga harus cermat dalam melakukan investasi.
  3. Harus teliti dalam memilih program pascasarjana yang akan diikuti, apalagi saat ini sangat banyak tawaran yang muncul, yang seringkali berlebihan, dan yang harus diperhatikan adalah para peserta harus cermat dalam menyikapi berbagai tawaran tersebut, seperti mengunjungi kampus yang bersangkutan untuk melihat langsung fasilitas dan kondisi perguruan tingginya.
  4. Berhati-hati dalam menyikapi berbagai tawaran  yang berlebihan, terutama bila tawaran itu cenderung memberikan berbagai kemudahan sehingga cenderung memberikan kesan bahwa perguruan tinggi tersebut sedang mencari mahasiswa atau sangat membutuhkan mahasiswa dalam jumlah yang tidak sedikit.

Setelah mengetahui manfaat program pascasarjana tersebut, para calon peserta bisa memilih program sesuai dengan minat dan kemampuan. Pemilihan pun dimulai dengan mencari informasi tentang penyelenggara program pascasarjana di perguruan tinggi yang memiliki reputasi tinggi.

Terdapat beberapa indikator yang bisa digunakan untuk mengetahui bagaimana peringkat dan reputasi perguruan tinggi, antara lain:

  • Hasil penilaian akreditasi oeh Badan Akreditasi Nasional .
  • Hasil evaluasi kinerja perguruan tinggi oleh Ditjen Perguruan Tinggi (Dikti).
  • Jumlah publikasi ilmiah dan karya penelitian oleh perguruan tinggi .
  • Jumlah dan kualifikasi dosen tetap perguruan tinggi.
  • Kualifikasi calon peserta didik yang direkrut melalui proses seleksi yang ketat, dan masih banyak lainnya.

Itu dia sedikit informasi tentang tips memilih program pascasarjana yang tepat, semoga bisa memberikan sedikit pencerahan untuk Anda.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Program Pascasarjana "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel