Gule Balungan Kambing, Sajian Kuliner Nikmat Khas Keluarga

Indonesia memang kaya akan ragam kuliner, begitu banyak kuliner lezat yang bisa dicoba. Seperti beberapa waktu lalu saat ada acara hajatan di rumah, yang saat itu disediakan santapan nikmat berbahan dasar dari kambing. Saat itu kami mengira sajian kuliner yang disajikan hanya sate kambing saja, ternyata yang disajikan juga ada gule balungan kambing, sajian kuliner nikmat khas keluarga yang membuat kami sangat senang karena bisa merasakan kembali sajian nikmat gule berbumbu khas Jawa.

gule balungan kambing
Gule balungan kambing

Dalam penyebutan sajian kuliner ini memang ada yang menyebut sama antara gulai dan gule. Namun setelah mencari informasi dari berbagai sumber, ternyata ada yang mengatakan bahwa gulai dan gule ini berbeda. Ada yang mengatakan gulai sebenarnya adalah hidangan yang disajikan dengan kuah bersantan yang merupakan sajian kuliner khas Sumatra dengan menggunakan daging, ayam, ikan, daging kambing sebagai bahan bakunya. Pada gulai umumnya disajikan dengan kuah yang cukup kental dengan rasa gurih manis. Inilah yang membedakannya dengan gule khas Jawa yang biasanya disajikan bersama sate kambing.

Gule Balungan Kambing, Sajian Nikmat untuk Keluarga

Menyambung pembahasan di atas, gule adalah sajian makanan berbahan dasar dari kambing dan berasal dari Jawa. Begitu pula dengan gule balungan, balungan dalam hal ini berarti tulang, sehingga gule balungan kambing yang dimaksud adalah sajian kuliner lezat berbahan utama daging kambing beserta tulang-tulangnya. Sehingga bisa dikatakan kuah gule ini lebih encer bila dibandingkan dengan gulai.

Baca juga: Gulai Kacang Ijo.

Gule memiliki cita rasa lebih gurih, asin dan juga manis. Dalam penyajiannya gule balungan kambing ini disajikan bersama nasi putih lengkap dengan makanan pelengkap lainnya, seperti kecap, rawit, kerupuk atau emping belinjo, jeruk nipis dan juga sate kambing.

Bahan-bahan Gule Balungan Kambing

Sebagai sajian kuliner nikmat, rahasianya terletak pada bumbu rempah yang digunakan, bumbu yang digunakan seperti lengkuas, merica, jahe, kapulaga, pala, cabai merah dan juga kunyit. Bahkan ada juga yang menambahkan batang serai yang digunakan sebagai pewangi untuk menambah aroma.

Nikmatnya gule balungan kambing
Nikmatnya gule balungan kambing

Menarik bukan? Semoga informasi sajian kuliner lezat gule balungan kambing, sajian kuliner nikmat khas keluarga ini bisa memberikan gambaran nikmatnya sajian gule berbahan dasar daging dan tulang kambing.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Gule Balungan Kambing, Sajian Kuliner Nikmat Khas Keluarga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel