Sejarah Singkat “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”

Tertarik untuk mempelajari dan memperdalam ilmu tentang koperasi? Sekarang Indonesia sudah memiliki lembaga pendidikan yang mempelajari tentang koperasi. Maka tidak salah kalau kali ini disampaikan sedikit sejarah singkat “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”, meskipun informasi yang disampaikan tidak banyak, semoga bisa memberikan sedikit secercah informasi tentang sejarah singkat lembaga yang memberikan pendidikan tentang koperasi ini.

Sejarah Singkat “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”
Ikopin (Foto: ikopin.ac.id)

Berikut informasi dan sejarah singkat “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”:

Informasi “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”:

  • Singkatan atau sebutan: Ikopin.
  • Status: Swasta.
  • Alamat: Kawasan Pendidikan Tinggi Jatinangor, Jl. Raya Ujungberung Km 20,5, Jatinangor, Bandung 40600, Jawa Barat.
  • Telepon: (022) 4201714.

Sejarah Singkat “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”

Institut Manajemen Koperasi Indonesia ini didirikan pada tanggal 7 Mei 1982, yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Koperasi.

Lembaga ini merupakan hasil keputusan Kongres Gerakan Koperasi Indonesia yang diselenggarakan di Tasikmalaya pada tahun 1947. Pada kongres yang sama di Bandung pada tahun 1953, keputusan tersebut dibahas lagi, dan baru dilaksanakan sepuluh tahun kemudian, dan lahirlah Akademi Koperasi pada tanggal 12 Juli di Bandung.

Baca juga: Sejarah Singkat Program Pascasarjana “Institut Agama Islam Negeri Sunan Gunung Djati”.

Sementara itu di Ujungpandang dan Yogyakarta juga didirikan lembaga yang sama, namun lembaga pendidikan di Yogyakarta lembaga ini sempat tersendat dan bahkan tutup pada tahun 70-an.

Sedangkan di Bandung perkembangan pendidikan tentang koperasi lumayan bagus. Dalam perjalanannya, lembaga maupun yayasan pembinanya pun berganti nama. Bahkan ada pula penataan jenjang pendidikan yang diselenggarakan.

Pada tahun 1981, Akademi Koperasi ’12 Juli’ menjadi Institut Koperasi Indonesia (Ikopin). Yayasannya menjadi Yayasan Badan Pembina Pendidikan dan Penelitian Perkoperasian. Sejak 7 September 1982, nama lembaga pendidikan ini mengalami perubahan lagi menjadi “Institut Manajemen Koperasi Indonesia” dengan sebutan sama dengan lembaga sebelumnya, yaitu ‘Ikopin’, sedangkan yayasan pembinanya adalah Yayasan Pendidikan Koperasi. Selain menyelenggarakan jenjang pendidikan diploma (D3), Sarjana (S1), Ikopin juga membuka program pascasarjana jenjang magister (S2).

Itu dia sejarah singkat “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan informasi untuk Anda yang tertarik mempelajari koperasi dan segala hal yang berkaitan dengan koperasi.

Firman Seorang blogger yang senang menikmati kopi, traveling, dan menulis.

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat “Institut Manajemen Koperasi Indonesia”"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel